guruku, idola ku


sudah 20 tahun usia ku, sekitar 16 tahun aku sudah menuntut ilmu…. sejak TK,SD,SMP,SMU,dan kuliah…

hari ini hari pendidikan nasional, tak terasa sudah banyak guru yang hinggap di hati saya, dan mengubah hidup saya.

saya pernah mengenal ibu ngatiyem, beliau wali kelas saya sejak kelas 1,3,4,5 SD, guru yang satu ini mengajarkan saya bagaimana kesederhanaan,tentang kejujuran, tentang menghormati yang lebih tua, tentang intregitas dan tentang ketekunan. secara umum, karakter saya banyak terbentuk oleh ibu ngatiyem ,saat ini saya hilang kontak dengan beliau, saya ingin sekali bertemu dengan beliau,tapi saya tidak tau dimana beliau tinggal, berapa nomor teleponnya.

guru kedua yang berkesan adalah, mrs.carter , saya sempat sekolah satu tahun di luar negeri, di houston, guru kelas 2 SD ini mengajarka kepada saya indahnya perbedaan, dan bagaimana kita bisa hidup berdampingan dengan orang yang beda negara, ras, agama dan prinsip

guru ketiga yang mengajarkan kepada saya bagaimana itu tanggung jawab sebagai seorang pemimpin, dan bagaimana pemimpin itu seharusnya bagaimana dalam bersikap. beliau adalah guru wali kelas 1 SMP, beliau adalah pak mansyur sosok sederhana yang mendidik saya menjadi ketua kelas yang baik

guru keempat yang telah mengajarkan saya tentang empati dan kasih sayang, wali kelas saya kelas 2 SMP saya, ibu sulastri, guru yang satu ini betul betul guru yang bisa membuat siswa terenyah akan kondisi sekitar

guru kelima yang mengajarkan saya lagi lagi tentang kesederhanaan dan membantu sesama, walau kita pun sulit, karena manusia diciptakan untuk bersosial, untuk saling menolong, guru sosiologi dan wali kelas saya saat 2 SMU, ibu nyoman,saya sangat senang dengan guru yang satu ini. sebagai seorang single parent beliau bisa mendidik semua anaknya hingga perguruan tinggi.

guru keenam adalah ibu pantiyani,wali kelas saya saat kelas 3 SMU, ibu panti mengajarkan saya untuk senantiasa menjadi pemimpin yang loyal dan jujur, beliau juga seorang yang mengajarkan saya untuk memotivasi teman teman dalam hal akademik, dan beliau pula yang mendidik saya menjadi seorang yang mencintai orang yang dipimpin ketimbang diri saya sendiri

guru ketujuh adalah seorang guru agama yang tidak pernah mengajar saya, yakni ibu ibra, ibu ini mengajarkan saya untuk jadi anak yang sholeh, mengingatkan saya agar tidak pacaran saat SMU.hehe,

guru kedelapan adalah guru ngaji saya saat kelas 4 SD hingga 2 SMU, saya memanggilnya kak dayat, karena lama sekali saya belajar ngaji, tahsin, menghafal qur’an hingga bahasa arab. beliau mengajarkan kepada saya tentang sabar dan ikhlas serta senatiasa optimis dalam hidup walau kita penuh keterbatasan.

mungkin hingga saat ini kedelapan guru ini banyak memberikan saya pengaruh dalam pembentukan karakter saya..

dihari yang indah ini, saya ingin mengucapkan.

terima kasih untuk semua hal yang telah bapak dan ibu guru berikan, sungguh semua hal yang telah engkau beri,sangat bermanfaat untuk hidup saya, saya sangat mencintai bapak ibu semua, saya tidak tau harus membalas apa, tapi saya janji, jika saya berhasil dikemudian hari nama bapak dan ibu tidak akan saya lupakan.. terima kasih,

2 Comments

  1. Assalamualaikum, wr. wb.

    Apa kabar ananda Ridwansyah?, semoga dalam keadaan sehat-sehat saja ya.
    Ibu dengan sekarang sedang sibuk menjadi Presiden apa……
    Semoga ananda selalu sukses.
    Ibu sekarang banyak mengajar Lingkungan hidup daripada biologi,ibu juga masih senang membuat penelitian kecil-kecilan. Berkat doamu ibu juga pernah menerima penghargaan sains education award dari Toray.
    Bagaimana kabar teman-temanmu eks IPA4. Semoga mereka juga selalu sukses. Salam juga untuk mamamu beliau pasti bangga punya anak seperti kamu.

    Wassalamualaikum,wr.wb.
    Bu Pantiyani

Leave a Reply

