Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

dakwah dengan blog …


blogging …. sebuah mode, trendset, gaya hidup tersendiri bagi banyak orang di Dunia, ada yang ngeblog untuk menuliskan pemikirannya, ada yang jadiin blog sebagai diary digital, ada yang buat blog untuk cari kawan, ada yang buat blog hanya untuk iseng, ada yang buat blog untuk mengeksiskan diri, ada yang buat blog untuk nyicil buat buku, ada yang buat buku untuk latihan menulis, banyak alasan seseorang untuk nge-blog.

but, pernahkan seorang da’i berpikir nge-blog untuk dakwah, jujur itu yang aku pikirkan ketika pertama kali meniatkan diri untuk buat blog. sekitar ramadhan tahun lalu,…

kebetulan saya ingin mencari referensi untuk mengisi sebuah ta’lim, dan saya search di internet, dan ternyata banyak banget situs yang isinya gak jelas, dan jelas-jelas memfitnah islam.

lalu saya berpikir…

situs di internet ini banyak banget yang parrrah, alias gak jelas isinya, dan kita tidak menyalahkan orang2 yang membuat situs yang gak jelas, justru sebagai da’i, saya menyalahkan diri saya karena tidak mampu membuat situs yang bisa mengalahkan situs2 yang sesat.

dan saya berpikir untuk bagaimana melawan kebatilan dengan kebenaran yang lebih besar, mulailah saya membuat blog, kala itu di blogspot, fokus tulisan saya pada awal pula banyak seputar fiqih fiqih islam yang saya dapat di buku atau dari milis tetangga, lama kelamaan ( sekitar 1 bulan ), saya berniat untuk menulis hal-hal di blog saya benar benar berasal dari apa yang saya pikirkan , rasakan dan inginkan.

mulailah saya menulis tentang manajemen LDK, pengembangan diri, pandangan mengenai kejadian-kejadian di dunia, dan lainnya, setelah hampir satu tahun nge-blog, saya mulai merasakan manfaatnya. tulisan saya tentang manajemen LDK yang banyak saya maktubkan dalam “rekayasa LDK”  menuai tanggapan positif, banyak sekali pihak yang berterima kasih dan merasakan manfaatnya. secara memang artikel atau tulisnan tentang manajemen LDK masih jauh dari cukup saat ini.

sejak beberapa bulan lalu, saya mulai mengajak kawan-kawan saya di GAMAIS ITB untuk juga buat blog, setiap saya mengisi pelatihan di kampus kampus lain, saya juga terus mengajak untuk menjadikan blog ini sebagai media dakwah.

saya pernah membayangkan, jika semua kader LDK membuat blog, dan blog mereka diisi oleh hal-hal yang bermanfaat untuk dakwah, tentunya umat ini akan punya banyak referensi untuk belajar islam, dan nuansa islam bisa terasa di dunia maya, dunia dimana banyak sekali penghuninya.

saya berpikir propaganda dan corong opini dakwah bisa berputar dengan media blog ini, saatnya kita berdakwah dengan teknologi, karena dengan pemanfaatan teknologi dakwah kita akan berdampak lebih besar, dengan nge-blog pun, kita bisa melatih sense kita dalam menulis, kita tau kan , kalo menulis tuh adalah kebiasaan yang diajarkan oleh ulama terdahulu, serta amal jariyah juga kan, jika banyak yang baca dan mengamalkannya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on May 23, 2008 by in Aku dan Diri, Islam dan Dakwah.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,227,333 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: