Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

ternyata akhwat itu hanya rapih di luar


wah wah wah… pasti anda bertanya apa yang saya maksud… saya mohon jangan menganggap apa yang akan saya kemukakan adalah untuk menjustifikasi, tapi yang saya harapkan adanya perubahan. kehidupan yang saya alami dan segala aktifitasnya memungkinkan saya bertemu dengan banyak orang, termasuk akhwat berjilbab. dimana secara tampilan fisik, seringkali kita melihat akhwat dengan pakaian sangat rapih, dengan jilbab lebar dan dengan perpaduan warna yang indah antara atasan ( baju ) dan bawahan ( rok ), atau ada beberapa yang gemar memakai gamis. pakaian ini dipadankan juga dengan jilbab yang senada atau “match” dan ditambah ornamen yang mendukung seperti manset yang warnanya sama dengan pakaian atau bros yang cocok dan enak dilihat, hingga kaos kaki dan sepatu yang disesuaikan atau bahkan tas yang juga harus sesuai dengan pakaian. anyway, apa yang saya sampaiakan ini bukan bentuk penyalahan, justru menurut saya memang akhwat pun perlu “matching” dalam berpakaian agar “lookable”. terkadang saya justru mempertanyakan akhwat yang tidak pandai merangkai dan memadankan pakaian. ini terkadang memberi ekses negatif terhadap kader dakwah.

saya tidak akan membahas mengenai fiqih pakaian wanita, karena saya bukan ahlinya, akan tetapi saya akan menyinggung sisi lain akhwat. akhwat yang mungkin kita nilai sebagai sosok yang apik, telaten dan bersih serta rapih. beberapa pengamatan dan observasi saya ke tempat tinggal akhwat yang se-muhrim-tentunya-dengan-saya, menunjukkan bahwa kondisi tempat tingal a.k.a kost mereka tidak lebih baik dari ikhwan. atau dengan kata lain, akhwat pun berantakan kostnya, seperti gelas yang belum di cuci, pakaian yang belum di gosok, buku berserakan,sepatu yang asal tumpuk di rak sepatu,  seprai yang lusuh atau alat masak yang asal tumpuk, dan kamar mandi yang penuh dengan alat mandi.

saya mempunyai kekhawatiran akan kondisi ini, dan timbul sebuah pertanyaan, apakah akhwat ini tidak sempat untuk membersihkan tempat tinggalnya atau akhwat memang tidak bisa melakukan pekerjaan rumah tangga ?

10 comments on “ternyata akhwat itu hanya rapih di luar

  1. akhwat
    June 8, 2008

    Subhanalllah…antum jeli banget melihat akhwat sampai ke warna kaos kaki dan mansetnya, yang pasti memang selalu ada tahapan dalam perubahan akhwat, membina masyarakan muslimah perlu kesabaran. jadi tidak bisa langsung menuntut kesempurnaan. syukron tulisannya, insya Allah akan menjadi masukan

  2. taufiqsuryo
    June 9, 2008

    hmmm…

    “se-muhrim-tentunya-dengan-saya ”

    cerita adek kang???

    hehehehehehe

  3. andin
    June 9, 2008

    pas antm sidak,mgkn akhwtx lg sibuk dgn tgs2x kulx mjelang ujian+ amanah2 dakwah kali.jd agak g sempat beres2 gitu. dan itu g blangsung trus2an,hanya kdg2 aja. an yakin, 98% akhw itu rapi,teratur & cnt keindahan. ^ ^
    hidup akhwat!

  4. Aa Gun
    June 10, 2008

    Sang Murabbi

    Merangkum hati yang terserak
    Menggenggam yang terlepas
    Meretas gagasan menjadi kenyataan
    Menapak jejak tak tergoyahkan
    Menatap dengan kesejukan
    Menegur dalam cinta
    Bersemangat namun syahdu
    Diiring doa sunyi
    Kami rindu
    Haus dahaga tak terperi
    Pada sosoknya
    Sang murabbi yang dicintai
    Masihkah ada?…

    download thriller dalam format 3gp dan avi jg nasyid izzis:
    http://menantisyahid.blogspot.com

  5. fatih
    June 24, 2008

    kayaknya antum harus sidak dari indonesia timur dulu..
    akhawat eNTeBe rapih2 pisan….!!

  6. Ivan
    June 27, 2008

    Mungkin salah mengambil sampel.. :p

  7. zahrotu syitaa
    June 28, 2008

    aslmkum…
    salam kenal akhi..
    ana dari gunadarma…
    untuk tulisan yg ni…saat ini…
    ummm….no comment dulu deh
    =)

  8. ahmad alfikri
    February 14, 2010

    betul2, semua itu kembali ke probadinya masing2…

  9. zaki
    February 16, 2010

    sepakat………. tapi gak semuanya kayak gitu kan???

  10. syahrazadhumeira
    February 17, 2010

    hmm.. lagi sibuk itu akhwatnya kak.. salam kenal kak,, anak itb ya..kenal sama taufik suryo nugroho? itu temen saya.. (mulai ga penting..)

    tulisannya bagus2,, ^__^

Leave a Reply

Information

This entry was posted on June 8, 2008 by in Uncategorized.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,217,349 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
