kenapa sih orang korupsi ?


mungkin kita bertanya dalam diri, kenapa sih seorang pejabat atau birokrat melakukan tindakan korupsi ? dari sekian aktifitas yang bisa dilakukan oleh seseorang kenapa korupsi menjadi jalan pilihannya ? korupsi ada yang mengartikannya sebagai sebuah aktifitas yang mengambil apa yang bukan menjadi hak kita. merunut dari definisi ini saya berpikir bahwa memang seseorang melakukan sebuah tindakan korupsi dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan dirinya akan materi. secara umum saya melihat ada dua tipikal koruptor :

1. koruptor yang melakukan korupsi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. koruptor macam ini biasanya masih melakukan tindakan korupsi dalam jumlah yang kecil. karena memang hanya terkait bagaimana dirinya bisa hidup. hal ini diakibatkan dari kecilnya pendapatan atau gaji yang dimilikinya. ini menjadi sebuah masalah tersendiri bagi kepegawaian di pemerintah indonesia. gaji kecil sedangkan ekspekstasi tinggi, sungguh hal ini sangagt tidak adil. dan saya masih bisa memaklumi jika seseorang melakukan korupsi dengan modus seperti ini.

2. koruptor yang melakukan tindakan korupsi karena ketamakannnya. ini menjadi masalah tersendiri bagi KPK dalam menghadapi korupsi. karena korupsi dengan modus ini bisa dikatakan tidak dapat dimaafkan, karena selain modusnya, korupsi tipe ini juga biasanya dalam jumlah yang besar, dan sangat merugikan negara.

yah , walau sebetulnya dua alasan ini tidak bisa dimaklumi, korupsi tetap saja korupsi sebuah perilaku menyimpang dan negatif. sahabat yusuf yang lain ada yang mengetahui alasan lain seorang korupsi ?

Advertisements

2 Comments

  1. korupsi karena istrinya rewel, “Pa, tetangga kita punya BMW baru lho… home theatre nya juga lengkap. Mereka kemaren jalan-jalan ke UK lho Pa. Liat anaknya, sekolahnya ga ada yang di sekolah negeri. Pembantunya aja Pa, HPnya dua! berkamera lagi! Kasian Pa, si bibi cuma punya Nokia 3315. Boro-boro ke UK, ke Bali aja kita setaun sekali, pas liburan panjang. Itu pun nginep di rumah temen Papa”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s