Teknik Negosiasi Sponsor


Setelah memiliki proposal yang baik, bagaimana cara untuk negosiasi dengan pihak sponsor ?

Teknik dalam menegosiasi adalah sebuah teknik yang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang kader dakwah. Karena kemampuan kader untuk menguasai teknik ini sangat berarti untuk meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan meyakinkan orang lain, kemampuan pengendalian emosi, dan jiwa optimis dalam berjuang. Terkesan berlebihan kah ? mungkin bagi beberapa orang iya, akan tetapi itulah yang saya rasakan ketika saya berhasil melewati sebuah proses panjang negosiasi dengan sebuah perusahaan. Saya akan mencoba memaparkan bagaimana teknik negosiasi ini dengan berdasarkan pengalaman pribadi saya bersama dua saudara perjuangan saya ketika masih tingkat 1 di ITB. Bersama Muhammad Luthfi Nur Imam dan Gumilar Rahmat Hidayat, kami bertiga memperjuangankan negosiasi sponsorship dengan sebuah provider seluler dalam sebuah kegiatan TRY OUT SPMB tahun 2006. Saat itu kami berhasil menggaet sponsor tunggal dengan total kerjasama hingga Rp.60.000.000. sebuah pencapaian terakhir dan terbesar untuk saya, karena setelah itu, saya lebih banyak fokus di bidang kaderisasi lembaga dakwah kampus.

Persiapan Pribadi

Langkah awal adalah menyiapkan pribadi Anda sebelum memulai sebuah langkah negosiasi yang panjang, pengalaman berbicara bahwa tenggang waktu untuk kerjasama sponsorship antara 1 hingga 3 bulan lamanya. Oleh karena itu secara pribadi perlu kiranya Anda menyiapkan diri sebaik mungkin.

1. Kemampuan komunikasi dan presentasi, ini syarat utama dan pertama bagi seorang yang akan bernegosiasi dengan sebuah perusahaan. Kemampuan komunikasi ini tidak sebatas Anda mampu berbicara di depan umum, akan tetapi sejauh mana Anda bisa mengeluarkan kalimat yang efektif dan dengan artikulasi dan intonasi yang tepat hingga Anda bisa meyakinkan lawan bicara Anda. Meyakinkan ini tidak cukup pula dengan olah suara yang baik, kemampuan eye contact dan body language dari diri Anda juga akan membantu proses meyakinkan lawan bicara ini. Cara paling mudah untuk mengetahui bahwa Anda sudah cukup layak untuk melakukan proses negosiasi ini adalah dengan latihan di depan cermin panjang yang memungkinkan Anda melihat diri Anda dar ujung kepala hingga ujung kaki. Perbanyak latihan akan sangat membantu persiapan Anda.

2. Posisikan diri Anda diatas lawan bicara Anda. Anda dan lembaga dakwah Anda TIDAK BUTUH UANG, Anda hanya menawarkan sebuah bentuk kerjasama yang akan menguntungkan perusahaan lawan bicara Anda. Ini adalah sugesti diri yang perlu dibangun. Ketika sepersekian detik saja Anda sempat berpikit bahwa Anda butuh uang, maka saat itulah Anda sudah kalah. Jangan pernah berada dalam kondisi defensif dalam negosiasi, selalulah muncul dengan ide dan usulan kerjasama yang lebih menguntungkan Anda dan lembaga dakwah Anda.

3. Optimis untuk mendapat yang terbaik. Buat target berapa Juta rupiah Anda akan bawa pulang setelah negosiasi dilakukan. dengan tetap berfokus pada target Anda akan terus berusaha untuk mendapat nominal tersebut atau tidak sama sekali. Trik ini bagus untuk membangun kepercayaan diri serta harga diri yang kuat saat negosiasi, saya teringat ketika negosiasi dulu, kami menolak tawaran Rp.30.000.000, karena memang fokus kami kerjasama diatas Rp.50.000.000. akan tetapi keyakinan kami mampu dibaca dan dihargai oleh pihak perusahaan hingga mereka negosiasi berakhir dengan kesepakatan yang kami inginkan.

4. Penampilan yang baik. Ini adalah salah satu syarat yang perlu dipenuhi dan akan menunjang semua syarat sebelumnya. Penampilan Anda adalah bentuk penghargaan Anda terhadap diri Anda dan juga menjadi nilai awal dari pihak perusahaan untuk menilai seberapa berharga diri Anda untuk diajak kerjasama. Penampilan yang akan mampu membuat Anda dihargai dan dinilai positif. Gunakan pakaian terbaik Anda, yang rapih dan bersih, serta beralaskan sepatu. Semir sepatu dan rapihkan rambut Anda, hindari penggunaan Jaket, gunakan sesuatu yang sederhana akan tetapi menunjukkan citra elegan dari diri Anda. Ini adalah bentuk penyesuaian dengan kondisi di perusahaan, agar Anda tidak tampak sebagai seorang Asing di perusahaan tersebut.

Proses Negosiasi

Saya mencoba membagi fase negosiasi ini dalam empat tahap, yakni; (1) tahap pengajuan proposal, (2) tahap penindaklanjutan proposal, (3) tahap negosiasi, dan (4) tahap kesepakatan kontrak kerjasama. Ini adalah proses yang biasa dijalankan dalam negosiasi sponsorship dari awal hingga bisa dikatakan deal yang ditegaskan dengan ditandatanginya kontrak kerjasama.

Tahap Pengajuan Proposal.

Sebelum mengajukan proposal Anda diharapkan dapat memiliki list calon sponsor, sesuaikan perusahaan yang Anda ajak kerjasama dengan kegiatan yang akan diadakan. Buat list dengan nama dan nomor kontak yang akan dihubungi, sebisa mungkin Anda memiliki kenalan salah seorang dari perusahaan tersebut untuk mempermudah kerjasama, akan tetapi bisa juga melalui jalur biasa, yakni mengajukan langsung saja ke bagian marketing atau pemasaran dari perusahaan tersebut.

Anda bisa membuat janji dengan kenalan Anda untuk bertemu dan memberikan proposal pengajuan kerjasama. Jelaskan secara umum saja tentang kegiatan yang akan dilakukan, biasanya Anda akan diminta menunggu terlebih dahulu. Rentang waktu ini bertujuan agar pihak perusahaan mempelajari proposal yang Anda ajukan. Tanyakan kepada pihak perusahaan kapan Anda bisa menghubungi perusahaan itu kembali untuk mendapat kepastian. Tegaskan tanggal dan waktu yang telah disepakati untuk meyakinkan kedua belah pihak. Sekaligus penegasan komitmen bersama.

Jika Anda mengajukan proposal tanpa kenalan, pesan saya, jangan pernah titipkan ke bagian keamanan. Pastikan Anda bertemu dengan orang yang tepat, apakah itu bagian penjualan, pemasaran atau humas. Kenalan dengan nya dan catat nomor teleponnya serta tanyakan kapan Anda bisa menghubungi kembali untuk kepastian selanjutanya. Jangan lupa untuk kenalkan diri Anda dan gambaran umum kegiatan yang akan dilakukan.

Tahap penindaklanjutan proposal

Ini adalah tahap yang sangat tidak jelas, karena semua tergantung dari pihak perusahaan, Anda hanya bisa berdoa agar diberikan yang terbaik oleh Allah. Setelah mengajukan proposal, Anda telah sepakat untuk menghubungi kembali pada waktu yang telah ditentukan, pastikan Anda menghubungi pihak perusahaan pada waktu yang sangat tepat. Ketepatan waktu ini membuktikan kedisplinan diri Anda di mata pihak perusahaan. Mulailah percakapan denga sedikit basa-basi dan memperkenalkan diri, lalu barulah bertanya tentang kelanjutan proposal yang telah diajukan sebelumnya. Ada tiga jawaban yang mungkin Anda dengar ;

a. “maaf kebetulan perusahaan kami belum bisa menerima kerjasama yang ada”. Jika jawabannya seperti ini maka Anda bisa mencoret perusahaan ini dari list Anda, jangan patah semangat coba cari ke yang lain.

b. “maaf, manager kami baru pulang dari luar kota, jadi belum sempat dibaca, bagaimana kalau besok lusa Anda menghubungi lagi”. Jika jawabannya seperti ini berarti masih ada harapan, tugas Anda selanjutnya adalah menghubungi kembali pada waktu yang telah ditentukan.

c. “ya mas, kami tertarik untuk kerjasama ini, kapan kira-kira kita bisa bertemu untuk membahas lebih lanjut?”. Jika jawabannya seperti ini makan 50% dari proses sudah terlewati. Berikan kesempatan kepada perusahaan untuk menentukan waktu pertemuan, dan Anda harus siap untuk memenuhi permintaan perusahaan. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa Anda ready steady kapanpun untuk kerjasama ini. Sebuah poin plus dimata perusahaan.

Tahap negosiasi

Setelah ada kesepakatan untuk audiensi, maka kemampuan negosiasi Anda yang sesungguhnya diuji. Pastikan Anda bersama pemegang kebijakan strategis lembaga ketika bernegosiasi, karena ada kemungkinan kerjasama yang dilakukan akan melibatkan lembaga secara keseluruhan. Hal yang perlu Anda siapkan adalah poin detail dari kerjasama yang ada, siapkan kemungkinan pertanyaan yang bisa muncul seperti kesiapan panitia, target peserta real¸kemungkinan kegiatan berhasil, dukungan rektorat, dan lainnya. Selain itu siapkan bahan khusus untuk kerjasama lanjutan yang bisa membuat paradigma bahwa pihak perusahaan akan untung besar dengan kerjasama yang akan dibuat. Saya dulu membuat slide presentasi dimana total slide sebanyak 21 buah, yang terdiri dari 18 slide keuntungan untuk sponsor, dan 3 slide berisi hal yang kami harapkan bisa dipenuhi oleh pihak perusahaan. Ini sebuah trik yang mampu membuat sugesti bahwa, perusahaan mendapatkan banyak hal dan sebanding dengan apa yang di investasikan.pastikan kedudukan Anda selalu diatas pihak perusahaan dari segi psikologis, jangan tunjukkan bahwa Anda butuh uang.

Proses negosiasi ini biasanya memakan waktu yang cukup lama, dan butuh beberapa kali audiensi, oleh karena itu siapkan stamina dan ide ide serta solusi kerjasama cerdas yang dapat menguntungkan kedua belah pihak dan tentunya lebih menguntungkan untuk kegiatan Anda. Proses negosiasi ini berakhir ketika terjadi sebuah kesepakatan antar kedua belah pihak.

Tahap kesepakatan kontrak kerjasama

Tahap terakhir, ketika tanda-tangan sudah dibubuhkan maka negosiasi sukses. Pelajari kontrak dengan baik, karena kontrak merupakan alat hukum. Pastikan tidak ada multi intrepertasi makna dari kontrak yang ada, atau merugikan pihak Anda. Setelah semua clear,kontrak dapat ditanda tangani. Dan tugas selanjutnya adalah memenuhi segala persyaratan yang ada. Ketika kepercayaan pihak sponsor sudah diberikan, maka jangan kecewakan mereka dengan ketidak profesionalan Anda dan lembaga.

Advertisements

158 Comments

  1. Terimakasih informasinya.
    Beberapa masjid seringkali hanya mengandalkan sumbangan dalam menggali dana. Akibatnya ketika penggalangan dana dilakukan tidak kreatif, fenomena ini justru memalukan Umat Islam. Sehingga timbul kesan, seolah-olah Umat Islam adalah adalah komunitas pengemis.
    Oleh karena itu, sudah saatnya penggalangan dana kemakmuran masjid dilakukan secara profesional, misalkan dengan manawarkan konsep pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia.
    Saat itulah dibutuhkan teknik dan kemampuan bernegosiasi yang mencerahkan.
    Untuk share silahkan klik “Sosiologi Dakwah” di http://sosiologidakwah.blogspot.com

  2. Subhanallah bisa sampe 60 juta…sungguh luar biasa
    Wah jadi mantap dakwahnya klo uang kasnya banyak
    Udah lama gak posting ya kang ucuf, gi sibuk ya???

  3. saya tertarik dengan tulisan ini, jika berkenan boleh minta kirimkan contoh slide presentasinya ke email saya. terima kasih sebelumnya dan salam kenal

    mahasiswa FT UNRI

    1. Kang Ridwan saya baru baca pengalaman anda ini… Kebetulan saya juga sedang mencari sponsor untuk atlet Indonesia di ajang balap. Nah saya juga sudah mengajukan kerjasama ke pihak perusahaan. Dan dpt tanggapan yg cukup positif krn pihak marketing sana lgsg mengajak saya untuk bertemu di perusahaan tsb. Cuma karna saya masih perdana sekali tntg mencari sponsor seperti ini jadi saya sedikit gugup dan juga sedikit kurang mengetahui apa saja yg harus saya lakukan jika bertemu dengan pihak perusahaan. Maka dari itu apakah bisa akang membantu saya dan juga memberikan contoh slide akang ke saya biar saya bisa paham apa yg saya hrs lakukan kelak.
      Jika akang berkenan tolong sekali kirimkan contohnya ke email saya di ryssha_liem@yahoo.com

      Nuhun pisan atuh ya kang ridwan.. 🙂

      1. kang ridwan dan akang/teteh ryssha (punten) , saya punya permasalahan yang sama, mau mencari sponsor untuk keponakan saya, atlet di ajang balap sepeda, kemampuannya sangat luar biasa. ingin mencari sponsor ke perusahaan-perusahaan tapi tidak tahu caranya, boleh minta saran dan contoh proposal nya kang, dan apa saja yang harus disiapkan.

        saran dan contoh proposal bisa dikirm ke email saya yogi_yugow@yahoo.com atau berlian.nie@gmail.com

        hatur nuhun sateuacan na kang, diantos pisan bantosan na

  4. Sama bos. ane minta Slidenya bisa. sekalian ma contoh proposalnya ya. bisa minta tolong kirim ke e-mail saya ya (Afick_ganteng@yahoo.co.id). terima kasih banyak

  5. saya adalah pemula dalam berorganisasi.
    dan saya pernah mengalami yang namanya mencari sponsor, tapi gagal mendapatkannya.
    gagalnya kalau gak salah itu karena mungkin proposal saya kurang menarik atau bagaimana saya sendiri kurang tahu pasti.
    yang saya inginkan dari saudara adalah :
    bolehkah saya minta contoh proposal yang menarik
    dan surat permohonan kerja sama dengan sponsor itu.
    kalau boleh tolong kirim disini aja ya!
    bjsp_86@yahoo.co.id
    trims ya!

  6. assalamualaikum..

    wah, luar biasa banget pengalamannya, kang. Nampak profesional di bidang per-sponsorship-an,, hehe.

    saya dari ITB juga,, kebetulan mau ngadain acara cukup besar.
    boleh saya minta contoh slide untuk presentasi di perusahaan?
    sekaligus surat penawaran sponsorship..
    itu kalau berkenan.

    if16017@students.if.itb.ac.id

    makasih banyak..

    wassalam,,

  7. oh ya aku juga lagi ada tugas kuliah untuk buat event berbasis sosial, sedangkan waktu yang diberikan itu ga banyak tepatnya tanggal 30 november ini. sedangkan proposal tim aku blom jadi sedangkan waktu udah mepet banget. kira-kira aku bisa minta contoh slide +proposalnya ga ya. ke :

    goue_keren2103@yahoo.com.

    sebelumnya tx banget ya,….kalo bisa sih secepatnya karena aku juga lagi kejar waktu……!!!! kegiatan yang mau aku bikin itu ” pengobatan kesehatan secara gratis bagi masyarakat yang kurang mampu”. kalo bisa sih mintakisi2 dari keberhasilannya dulu ya,….txxxxxxx

  8. saya andri dari solo, sya ingin bertanya pda anda kira2 bagaimana caranya meyakinkan suatu perusahaan untuk melakukan kerjasama, dengan tidak mengatakan kita butuh uang tetapi kita butuh kerjasama yg bisa menguntungkan pihak perusahaan sendiri,.,

    dan kira2 apa saja yg kita bicarakan,.,.atau bagaimana cara anda berbicara ketika mencari sponsor,.,.,.,n tolong kirim jwabanna ke:

    andriyanto_gone@yahoo.co.id

    terimakasih sebelumnya

  9. Saya tertarik dengan kesuksesan Anda dalam mendapatkan sebuah sponsor tunggal karena saya mendapat tugas sebagai Seksi Dana Usaha dalam sebuah kegiatan.

    Bolehkah saya minta dikirimkan slide presentasi Anda ke email saya:

    azz.izz@hotmail.com

    Sebelumnya terima kasih banyak…

  10. Selamat siang, mas. . terima kasih untuk tulisannya yang amat sangat membantu kami dari sebuah sanggar tari yang bermaksud mengadakan acara dan mencari sponsor. .

    kalau boleh dan tidak merepotkan, apakah saya juga boleh mendapatkan contoh dari penawaran dan proposal tersebut?

    sebelumnya kami ucapkan terima kasih

  11. Asssalamualaikum

    wow….sebuah tulisan yang sangat menggugah semangat!!!

    kalau boleh saya juga ingin belajar hal yang sama dengan ANda karena saya juga sedang dihadapkan dengan permasalahan pencarian sponshorsip

    bolehkah saya minta file presentasi tersebut?? sekaligus contoh proposalnya kaLau bisa….
    saya yakin hal ini akan sangat membantu saya

    terima kasih banyak

    Rifqy…soLO

    email : rifqyalfian@gmail.com

  12. Assalamu’alaikum
    kang Ridwansyah Yusuf Achmad, jazakALLAH khair te;ah membagi ilmunya. beberapa tulisan kang Yusuf saya copy untuk menjadi bahan pelajaran saya.
    btw, apa saya juga boleh minta contoh slide & proposal yang banyak diminta oleh teman2 yang lain?
    mudah2mudahan tidak merepotkan….
    jazakumullahu ahsanal jaza’

    email saya:
    aqbrilliant@yahoo.com / saujer_aan@yahoo.co.id

  13. assalamu’alaikum

    kang yusuf saya surya dari tangerang.
    kang saya mau buat proposal sponsor dana untuk tim futsal.
    masalahnya daftar list saya sedikit, trus perusahaan yang kami ajukan agak kurang jelas dengan proposal yang kami buat sebelumnya.
    saya mohon bantuannya, contoh penawaran yang bagus dan kalo bisa saya minta contoh proposal dengan susunan yang jelas.

    kalo tidak merepotkan contoh slide proposalnya kirimke email saya.

    ( suryawiratama@rocketmail.com )

    terima kasih sebelumnya untuk waktunya kang yusuf. mohon bantuannya.

    wassalamualaikum, Wr.Wb

  14. subhanallah kang, pengalamannya luar biasa , harapanya, hal itulah yang bisa didapatkan oleh teman2 LDK di kampus-kampus lain, o y saya viester dari LDK BKIM IPB Jika berkenan, bolehkah contoh slide aytau proposal bisa dikirimkan ke email saya: viester.dolles@gmail.com

    Jakallah…

  15. assalamualaikum..

    Ridwan, setelah membaca tulisan kamu mengenai teknik negosiasi sponsor ini, sangat membantu saya dalam memberikan input jika ingin melakukan penawaran kerja sama di bidang sponsor dengan suatu perusahaan.
    Kebetulan di tahun ini & tahun depan saya diberikan amanah untuk menjadi penanggung jawab di dua acara besar yang akan diadakan di UI.

    Terus terang, bidang sponsor adalah hal baru untuk saya walaupun saya pernah berkecimpung di danus & pernah ikut melakukan audiensi sekali dengan sebuah perusahaan minyak milik negara. Tapi tetep aja, saya merasa pengalaman saya kurang jika dibandingkan dengan pengalaman kamu.

    Ada hal yang ingin saya tanyakan. Apakah salah satu parameter yang membuat berhasilnya kamu meng-gol-kan proposal acara itu karena kamu & temen2mu di kepanitiaan tsb mengenal orang dalam di perusahaan telekomunikasi tsb??

    Oh, ya bisa tolong dikirim juga softcopy materi presentasi ketika kamu & temen2 ITB melakukan audiensi?? Tolong kirim ke inciclav@gmail.com

    Sebelumnya terima kasih atas bantuannya!

    Wassalam…

  16. Assalamualaikum …. 🙂
    curhat dikit yahhhh…
    saya bekerja di salah satu manajemen club sepak bola, sebagaimana anda ketahui persepakbolaan indonesia selalu berada di dalam masa2 yang sulit. baik dari segi kualitas permainan dan yang paling menonjol adalah dari segi finansial, karena menurut saya kualitas itu sendiri amat terpengaruh oleh maslah finansial club itu sendiri. 3 bulan kedepan banyak tugas yang harus saya kerjakan dan harus saya kejar, dan yang paling utama adalah mencari para sponsor, dan meyakinkan mereka untuk mensponsori kami,,,

    saya mau tau pendapat anda dan opini anda serta jalan keluar yang seperti apa untuk saya menurut versi anda ?
    selain itu klo boleh saya mau tau proposal dan slide versi anda ?

    terima kasih

    regards
    mahar indradi

    please send to my mail
    didandl@yahoo.com

  17. mas maaf boleh minta contoh proposalnya ga?

    saya perwakilan dari propisi banten untuk LPI

    saya mau mengajukan dana ke perusahaan biar mensponsori team sepakbola saya
    jadi intinya biar dapet uang truz nama prusahaannya saya tempel di kaos team saya di dada

    tolong kirimin ke
    cow_ardiansyah@yahoo.com
    trimakasih sebelumnya

  18. mas, sy boleh dibilang awam soal mencari sponsor. kami organisasi beranggotakan para remaja yang mempunyai harapan yang cukup besar.namun kami terkendala kemampuan dlam menghimpun dana.Misi kami memberikan pengenalan kepada para Remaja mengenai persoalan
    Narkoba melalui kegiatan pertandingan olahraga.kami berencana membuat suatu kegiatan dalam 2-3 bulan kedepan.mas bs bantu kami untuk memberikan contoh proposal pencarian untuk pengajuan dana baik pada sponsorship maupun lembaga?termasuk contoh proposal kegiatan.terimaksih sebelumnya.mas bs kirim via email sy.

    kamal
    thelittletykes@gmail.com

  19. ass..

    pengalaman dr antum menarik minat sy untk mampu berkomunikasi scr profesional dg instansi2 yg bersifat profesional..demi memperjuangkan sebuah acara, serta lebih mencerminkan sikap profesionalnya kita sbg mahasiswa..
    kalo boleh, sy minta contoh proposal dan contoh slide ny donk.. siapa tau antum berkenan untuk bagi pengalamanny.. ini email sy panjihabe@yahoo.com

    jazakallah bgt ya,akhi..

    wass..

  20. Selamat siang, saya deddy seorang wiraswastawan, saat ini saya sdg berusaha membantu organisasi bagi adik2 angkatan saya semasa di SMA dulu, dimana mereka sangat perlu sekali contoh2 pembuatan proposal utk diajukan kpd sponsor untuk menyiapkan dan memperbaiki fasilitas2 disekolah mereka guna kesiapan pelaksanaan kegiatan dan kaderisasi organisasi.
    Kiranya bisa dikirimkan kepada kami melalui email di deddywin.wahana@yahoo.com. Atas perhatian dan kerjasama yg diberikan saya ucapkan terima kasih

  21. Setelah membaca tulisan anda saya menjadi tertarik. Saya seorang siswi SMK Pangudi Luhur ingin mengadakan acara dengan Sekolah lain. Boleh minta saran ato masukan apabila saya maju untuk mendapatkan sponsor tidak kalah omong? Kan biasanya Bernegosiasi spomsor itu memakan banyak waktu dan ide..
    Tlong Bls.. Makasih Kak

  22. terima kasih banyak atas info nya. saya belajar banyak dari post nya. saya juga lagi mempersiapkan proposal untuk kegiatan Lomba Futsal buat anak SMA di Palembang. Boleh tidak saya minta contoh Proposalnya dan tampilan Slide pada saat Negosiasi untuk sebagai panduan (nggak bakal diJiplak kok!)????
    email saya: Wicaksonno@yahoo.co.id
    thanks before…

  23. boleh dong saya minta contoh proposal ma slide presentasinya.. kebetulan kita mo ada event “berbagi bersama 1000 anak yatim ” pada tanggal 27 Juni 2011. buat saudara2 ku yang mau ikut berbagi bisa datang ke Sekretariat SANGGAR KUMMIS di STIE Ahmad Dahlan Jakarta. info lebih lanjut bisa ke aziztholip@yahoo.com

  24. assalamualaikum kang.
    saya puteri. artikel yang ditulis sangat menarik sekali dan memerikan secercah harapan ketika saya harus berhadapan dengan sponsor.
    kalo boleh dan tidak merepotkan saya juga minta contoh slide presentasinya serta contoh standar proposal yang baik
    sebelumnya terima kasih. ini email saya thisisme_smile@yahoo.com

  25. assalamuallaikum, kang saya yanto, saya sangat menyukai artikel akang, kalo boleh saya mau minta contoh proposal untuk sponsor tim futsal, karena saat ini saya sedang membangun sebuah tim futsal dimana anggotanya adalah anak anak smu, selama ini kami hanya mengandalkan iuran dari anggota, untuk biaya sewa lapangan tiap latihan, dan juga kalo ada kompetisi kami juga selalu patungan untuk biaya pendaftaran, karena melihat bakat bakat pemain kami, saya jadi merasa kasihan kalo tidak selalu bisa mengikuti komp

  26. subhanallah…..sungguh tu kang langsung dapet hingga 60 jt
    gmn cranya kang….klo bsa mentahnya aja seperti bentuk proposalnya dan cntoh presentasinya….kli aja bisa di coba soalnya teman2 dkampus berencana bikin acara gede juga….terima kasih kang

    tlg y kang dkirim ke email ane : hyo_mdn@yahoo.co.id
    ditunggu y kang…

  27. Subhanallah sekali ya…
    Ngomong-ngomong, saya boleh minta contoh slide presentasi dan proposal jitu-nya gak untuk membantu saya mendapatkan pencerahan dalam pencarian sponsorship perdana saya secara individual.
    Jika sangat berkenan, harap kirim ke:
    satriobudiman001@gmail.com

    Jika dikirim, alhamdulillah, semoga Allah azawajaala memberikan imbalan yang lebih untukmu kawan 🙂
    Jazzakumullah.

  28. sya ingin belajar mengenai sponsorship, alangkah baiknya jika mas membagi pengalamannya dengan saya. karena ilmu yang bermanfaat adalah yang d ajarkan ke orang lain. saya ingin belajar tetnatng slide yang d proposal anada, anda bisa mengirim lewat email say di rakhmadi7@yahoo.com
    trimakasih atas ilmu yang di berikan..

  29. Ass, empat jempol buat kang ucuf. Percaya diri yang luar biasa, sy mahasiswa apoteker di jakarta, sebagai danus salah satu acara seminar, mohon di bantu kang share contoh proposal dan slide nya, semoga ilmu yg di share pasti sangat bermanfaat bagi kami semua. Tks sebelumnya. Www.

  30. selamat siang kang, saya baca diatas, akang berpengalaman ya soal sponsorship, saya punya acara besar yang membutuhkan dana sponsor sangat besar, boleh minta dikirimkan contoh proposalnya kang,
    kalau boleh juga sih kemana ya saya harus minta sponsor

    tolong dikirim ke email ini.. lovesiska2003@yahoo.com

    terima kasih atas perhatiannya

    maju terus…

  31. Assalamualaikum
    bang yusuf, saya masih sangat belum berpengalaman dalam hal sponsorship, namun saya sekarang dihadapkan dengan kenyataan bahwa saya sekarang harus menjadi kepala divisi sponsorship untuk sebuah acara kontes debat nasional yang akan kami selenggarakan di universitas saya, dan sangat membutuhkan dana sponsor yang sangat besar, mengingat besarnya acara tersebut, yaitu sebuah unversitas berbasis keagamaan di kota malang. Dan ALHAMDULILLAH saya menemukan blog ini, saya baca keseleuruhan dan Insyaallah akan sangat membantu saya dikemudian hari.

    dan saya sangat tertarik melihat slide yang anda pakai untuk presentasi tersebut.
    kalau bisa, tolong dikirimkan ke e-mail saya: j_assoy@yahoo.com

    terimakasih.

  32. Assalamualaikum, saya mahasiswi ptn di bandung kak yusuf,dan saya sekarang sedang diberi amanah untuk menjadi koor sponsorship di sebuah acara bertaraf nasional kak..saya termasuk baru dalam dunia sponsorship acara kampus,saya berminat dengan slide presentasi yang dipakai kakak sewaktu sponsorship acara kampus itu,kalau boleh saya minta slidenya dan bisa dikirim ke email saya SindyDwiyana@yahoo.com 😀

  33. sangat bermanfaat sekali mas.. maaf mas kalo anda berkenaan, bolehkah saya meminta contoh proposal dan slide presentasinnya? karena pertama kali saya melakukan saya gagal mas karena belum tahu tekniknya, dan ini kedua kalinya semoga mas dpat membantu saya dan juga doakan saya mas..
    ini email saya mas mohammadarfiandi@yahoo.co.id

  34. tulisannya keren banget mas….
    saya baca dari awal hingga akhir…
    gak nyangka, ternyata bagian dari sponsorship itu tidak semudah yang dibyangkan yg hanya sekedar ngirim proposal dan follow up…

    ternyata bnyak trik trik yang baru saya kenal….
    yang diantaranya desain proposal dan presentasi slide keuntungan perusahaan…

    jikalau boleh saya meminta, bisa dikirimkan contoh proposal dan slidenya ??banyak
    mungkin
    terutama
    lutut
    sesuatu yang lain

    email : echochandra91@gmail.com

  35. assalamu alaikum…
    wah bahasan yang bagus tentang negosiasi sponsorship..Saya juga mau contoh proposal n slide promosi kegiatannya buat bahan belajar teknik negosiasi dgn prushaan/instansi luar luinta.airlangga@gmail.com.

    terima ksih atas bhan materinya..

  36. asalamualaikum,
    ka,saya begitu tertarik dan ingin mempelajari lebih lanjut akan ilmu dari kaka yang sangat baik dalam hal negoisasi dengan perusahaan . Oleh karena itu saya mengharapkan kak dapat memberikan pelajaran bagi saya melalui contoh proposal dan slide yang kaka punya ke email saya : indahmayamulyasari@gmail.com. Terimakasih, semoga ilmu nya semakin bermamfaat 🙂

  37. Assalamualaikum..
    Subhanallah, keren banget bang postingannya.
    Kebetulan saya ingin mengadakan beberapa acara, namun saya masih buta mengenai hal-hal semacam ini..
    Saya harap agan berkenan membantu mengirimkan proposal dan slide presentasi untuk saya pelajari.. Ini email saya couzva@yahoo.com
    Terima kasih

  38. wah pengalaman menarik yg bisa menjadi pelajaran..
    kakak.. kalau boleh saya minta slidenya kak..
    saya mau belajar untuk meyakinkan perusahaan demi kelancaran acara kami yg tinggal menghitung bulan..
    kalau boleh saya minta cth slidenya kirim ke silminafarhanikomalin@gmail.com

    makasih kakak 🙂

  39. assalamualaikum, bang. saya mau tanya, kalo mau mengajukan proposal sponsorship ke perusahaan via email, bagaimana bahasa yang baiknya ya supaya tidak terkesan terlalu to the point dan supaya mendapat respon positif dari perusahaan yg dituju? makasih 😀

  40. meskipun sudah 5 tahun namun tulisannya masih sangat bermanfaat..mudah2an menjadikan amal sholeh…amiin…saya juga berminat dengan contoh proposal serta slide presentasinya. mohon di kirim ke lppwijayakusuma@yahoo.com dalam waktu dekat lembaga kami akan menyelenggarakan acara..terima kasih.

  41. Assalamu’alaikum wr.wb mas Ridwan.. tulisannya sangat mencerahkan dan informatif… Kebetulan saya aktif jadi pengurus Yayasan Masjid dan sudah beberapa kali mengadakan kegiatan sosial… Jika diperolehkan, saya ingin mendapatkan contoh proposal dan slide presentasi… berhubung kegiatan untuk remaja islan akan diadakan November 2013, mohon agar saya mendapatkan file tersebut dalam waktu dekat… Terimakasih.

    Salam,
    Lis

  42. assalamu’alaikum kang Ridwan.
    saya dari ketua osis SMA YP UNILA merasa sangat tertarik dengan artikel sponsorship yang bapak jabarkan.
    berkenaan dengan pembuatan slide yang bapak singgung tdi, boleh gk kirimin slide presentasinya
    di-
    andi_saputra26@hotmail.com

    MAKASIH YA MAS.
    SEMOGA AMAL DAN PERBUATANNYA DIBALAS OLEH ALLAH SWT.
    AMIN ((:

  43. Subhanallah kang, bisa tembus 60 juta. Mantep ilmunya kang. Kebetulan saya sedang membuat acara sekop nasional, boleh dishare contoh slide persentasinya, sebagai acuan untuk belajar teknik negosiasi nya kang ke email elgialam@gmail.com . Hatur nuhun. By Elgi Mahasiswa FT UNP.

  44. Subhanallah.. tingkat 1 saja bisa tembus 60jt, malu saya yg sudah lulus kuliah. Kang boleh saya minta slidenya?, saya sedang buat proyek pendidikan “pattimura bersatu demi pendidikan”.. trimksih sebelumnya, salam takzim…
    mirzaa0404@yahoo.com

  45. Terima kasih bang. Saya mahasiswa USU, dan saya juga ingin belajar dari abg. Boleh kita diskusi? Email saya sumanraj904@gmail.com , kalau boleh tolonh kirimkan softcopy proposal dan slide nya ya bang? Terim kasih sebelumnya bang.

  46. assalamualaikum 🙂 Saya Shafinaz, saya adalah mahasiswi dari stikom lspr saya mau minta tolong contoh proposal yg baik dikirim ke saya bisa? saya juga berharap sekali bisa konsultasi masalah proposal saya dengan mas ridwan. saya butuh sekali bantuan mas ridwan:) saya harap mas ridwan bisa membantu saya.
    ini email saya shafinaz.nachiar@yahoo.co.id
    Sangat diharapkan sekali bantuan dari mas Ridwan

  47. Ditempat saya bekerja akan diadakan outing dan saya menjadi panitia konsumsi.dikarenakan budget kurang untuk konsumsi,kami ingin mencari voucher mkan kfc.kfc ini sudah lama bekerja sama ama kami.tapi baru kali ini saya minta coucher makan kfc.bagaimana cara bicara dan persentasi?mohon bantuannya.sya minta slide dan beberapa tambahan trik lainnya keemail saya yaa.terimakasih

  48. mas berkenankah untuk membantu saya, dengan sering” masalah sponsor
    soalnya saya d beri amanah dari kampus untuk meenghendel sebuah kegiantan dari kampus ini dan saya masih awam, ini email saya rizalvan88gmail.com

  49. Assalamu’alaikum
    kang Ridwansyah Yusuf Achmad, jazakALLAH khair te;ah membagi ilmunya. beberapa tulisan kang Yusuf saya copy untuk menjadi bahan pelajaran saya.
    btw, apa saya juga boleh minta contoh slide & proposal yang banyak diminta oleh teman2 yang lain?
    mudah2mudahan tidak merepotkan….
    jazakumullahu ahsanal jaza’

  50. Assalamualaikum kang,

    Pengalaman nya sungguh mengesankan sekali, kebetulan saya tergabung dalam sebuah himpunan mahasiswa di salah satu Universitas negeri di daerah Semarang, yang akan mengadakan Seminar Nasional pada bulan November 2014 ini. Saya diberi amanah oleh ketua panitia untuk menjalin kerjasama dengan petusahaan, ini adalah pertama kali untuk saya. Mohon pengarahan nya kang, kalau bisa tolong untuk dikirimkan contoh proposal dan slide dari akang ke fa_faiz23@yahoo.com nuhun 🙂

  51. Assalamu’alaikum kang yusuf..smoga sehat selalu aamiin.. sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena sudah berbagi ilmunya yg sangat bermanfaat ini.. Kami pemuda karang taruna sedang merintis sub kegiatan baru untuk remaja desa kami yaitu arabic, spanish n english club dan kami juga mengadakan kajian islam rutin utk remaja seperti fiqih n sirah. Jika berkenan sudikah kiranya kang yusuf mengirimkan contoh proposal n slide presentasinya seperti yg telah diminta oleh teman2.. oia boleh tahu daftar perusahaan yg peduli dgn kegiatan kepemudaan? jazakallah khoiral jazaa.
    ulieannuaimy@gmail.com

  52. Aslmkm. kenalkan nama saya hery alumni undip. saat ini saya sedang diberi tugas oleh pemerintah utk membina desa miskin (57% KK di desa miskin). tugas saya adalah menjalin kemitraan / csr untuk pemberdayaan msyrkt miskin di desa binaan saya. dengan kerendahan hatu saa minta utk dikirimkan proposal+slide nya ke email herysofyanaziez.hsa@gmail.com. makasih atas bantuannya. biarlah Allah Swt yg akan membalas kebaikan mas.

  53. Assalamualaikum, saya amy benyamin, saya membutuhkan proposal yang bagus agar bisa membantu perusahaan yang saya kelola dalam mendapatkan kemitraan kerja yang baik. dan sepertinya proposal anda bisa membantu usaha saya ini. mohon untuk berbagi rezeki dan ilmunya dengan mengirimkan proposal serta slide anda ke email amybenyamin@gmail.com .. terimakasih atas kemurahannya. wassalam.

  54. Assalammualaikum, pak ridwan saya membutuhkan slide bapak untuk contoh saya dalam membuat presentasi sponsor untuk event saya yang akan mau diadakan september nanti, ini email saya ipamungkas19@gmail.com terimakasih sebelumnya pak.

  55. Wah, sampai banyak request pengiriman slide dan contoh proposal ya 🙂

    Artikel yang sangat bagus. Kebetulan saya dalam kondisi yang sama, meski dalam skala yang lebih kecil dan tidak mencari sponsorship uang. Setuju sama poin kedua. Kita lembaga dakwah, dan bentuk terbaik dari sponsorship adalah kerjasama, bukan sumbangan. Syukran insightnya! Keren.

  56. assalamu’alaikum wr wb bang ridwan.
    saya telah diamanahi oleh UKM saya di dalam bagian divisi sponsorship.
    oleh karena itu, saya meminta pertolongan untuk juga dikirimi contoh slide presentasinya bang.
    email saya wevwavwev@gmail.com
    terimakasih

  57. kang kalau boleh saya minta bantuannya akang. saya ingin menggaet sponsorship untuk tim futsal saya. kalau bisa tolong kirimin rincian proposal yg bagus sperti apa dan tahapan2 kerjasama yg baiknya seperti apa. terimakasih sebelum nya. ini email saya.

    hasbiallohagung@yahoo.co.id

  58. Maaf mas, saya dicky dari universitas lambung mangkurat , kalimantan selatan. Saya sangat terkesan dengan tulisan dan pengalaman mas, kalo boleh saya mau liat contoh proposal nya dan slide nya mas soalnya di kampus saya mau bikin acara yg membutuhkan dana yang sangat besar, mohon mas dapat membantu saya ini email saya mas ( dickyaudi.rahman@gmail.com) terima kasih banyak informasinyapop

  59. Alhamdulillah… Artikel ini akhirnya membuka mindset saya tentang mencari dan bernegosiasi dg calon pihak sponsor… Perkenalkan kang, Saya Arick dari Singaraja-Bali, Saya juga ingin belajar bernegosiasi dengan baik seperti akang.. Saya masih seumuran jagung tentang ilmu komunikasi dan negosiasi dan baru belajar berorganisasi… Saya juga ingin belajar membuat proposal yang menarik sekaligus menjual bagi calon sponsor… bolehkah saya minta softcopy contoh proposal akang dan slide presentasi yang digunakan itu… Dg harapan besar semoga akang mengizinkan untuk berbagi ilmu lewat email : arickevano@gmail.com
    Terima Kasih atas ilmu dan artikelnya akang… Assalamualaikum Wr. Wb…

  60. artikelnya bermanfaat sekali..,kebetuan saya di tugaskan mencari sponsor buat acara futsal se cianjur dengan jumlah target sponsor tunggal 45 jt. dan ini pengalaman pertama saya ka ,kalau boleh minta slide sama contoh spoposalnya dong ka .. sama beberapa saran mengenai sponsor yang biasanya memberikan bantuan dana itu harus ke sponsor mna saja, yang biasanya meng ACC acara olahraga terimakasih .. ini email saya nidaulwhehe@gmail.com

  61. Assalamualaikum
    Afwan akhi menggangu waktunya, boleh saya minta email akhi saya ingin sharing dari pengalaman akhi
    Jika akhi berkenan saya sangat bersyukur bisa mendapat bantuan dari akhi
    Ini email saya nrlisa76@gmail.com
    Terimakasih
    Wassalamualaikum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s