Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Pemimpin Mahasiswa Islam Masa Depan


 

Setiap kalian adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. Seorang penguasa adalah pemimpin bagi rakyatnya, dan bertanggung jawab atas mereka. Seorang istri adalah pemimpin di rumah suaminya dan dia bertanggung jawab atasnya. Seorang hamba sahaya adalah penjaga harta tuannnya dan dia bertanggung jawab atasnya..( H.R. Bukhari )

 

Sahabat sekalian, Islam mengajarkan kepada kita untuk bisa bertanggungjawab atas segala sesuatu yang kita lakukan. Islam juga mengajarkan kepada kita untuk senantiasa melakukan hal yang lebih baik ketimbang hari kemarin. Islam pula mengajarkan kepada kita semua untuk berkelompok atau berjamaah.

 

Dalam konteks hubungan manusia dengan manusia lainnya, adanya sebuah kelompok ini adalah hal yang penting, karena dengan kelompoklah manusia bisa melakukan banyak hal. Manusia yang sendiri tentunya hanya bisa melakukan sedikit hal ketimbang manusia yang berkelompok atau dalam bahasa inggris sering dikenal dengan TEAM ( together everyone achieves more ). Mulai dari kelompok terkecil yakni hanya dua orang hingga kelompok yang jumlah nya sangat besar, dan ada satu hal yang mencirikan sebuah kelompok, yakni seorang pemimpin.

 

Kepemimpinan Islam adalah tema yang kami nilai perlu dipahami oleh semua mahasiswa ITB atau bahkan semua masyarakat Indonesia, karena permasalahan Indonesia saat ini tidak terlepas dari kurangnya pemimpin yang berakhlak dan berpikiran Islami. Islam mengajarkan pentingnya pemimpin dalam segala hal karena pemimpin lah yang akan membentuk dan membimbing orang-orang yang dipimpinnya. Sunnah Rasulullah SAW dengan gamblang menyatakan bahwa, setiap orang adalah pemimpin dan bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya. Sudah menjadi kewajiban seorang yang menjadi pemimpin untuk selalu menjaga kontrak dengan yang dipimpinnya; Pemimpin manusia adalah ulama; Pemimpin para raja adalah akalnya; Pengarah bagi orang-orang shaleh adalah ketaqwaannya; Pemimpin para murid adalah gurunya; Pembimbing anak-anak adalah orang tuannya; Penjaga seorang istri adalah suaminya; Penjaga seorang hamba sahaya adalah tuannya. Setiap manusia yang menjadi pemimpin bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya.

 

Maju atau mundurnya sebuah kelompok tentu sangat ditentukan oleh pemimpinnya, oleh karena itu kiranya kita perlu mengetahui bagaimana ciri seorang pemimpin itu dilihat dari sudut pandang Islam.

 

Rasulullah SAW bersabda :  “pemimpin suatu kaum [bangsa] adalah pelayan mereka”.   (H.R. Jamaah). Ciri khas pemimpin yang utama bagi seorang pemimpin adalah karakter melayani. Dalam hal ini pemimpin dituntut untuk bisa memberi lebih , tidak untuk mendapat lebih. Pemimpin juga diharapkan bisa mengorbankan diri lebih banyak untuk kesejahteraan rakyatnya. Pemimpin yang Islam ajarkan tidak boleh seorang yang hanya bersantai sementara rakyatnya berjuang. Pemimpin harus bisa turun bersama rakyat dan memberikan sebuah dorongan agar rakyat senantiasa berkarya.

 

Rasulullah SAW bersabda :  “sesungguhnya seorang pemimpin adalah bagaikan perisai-bagi kehidupan masyarakat yang dipimpinnya. Di belakangnyalah masyarakat berjuang dan didalamnya masyarakt berlindung”. (H.R. Muslim ). Selanjutnya Islam juga mengajarkan seorang pemimpin agar senantiasa berada di depan rakyatnya untuk melindungi dan memberi arah rakyatnya. Berada di belakang rakyatnya dalam rangka memotivasi rakyat dan menjadi orang yang terakhir dalam berjuang dan berada disamping rakyatnya dalam rangka mendampingi dan berjalan beriringan.

 

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnya, akan tetapi Anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya ( ridwansyah yusuf achmad )

 

Islam telah menurunkan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam sebagai prototype bagaimana seorang muslim berpikir, bersikap dan bertindak. Termasuk dalam hal kepemimpinan,  pada saat anda ingin menjadi pemimpin sejati, teladanilah pemimpin terbaik yang pernah ada, sepanjang sejarah manusia, yaitu Rasulullah Muhammad.  Dengan mencontoh semua sifat beliau yang sering di sederhanakan dalam empat sifat, yakni Siddiq (jujur), amanah (bertanggungjawab), tabligh (menyampaikan), dan fathonah (cerdas) serta berpegang teguh pada Al Qur’an dan Al Hadits, karakter seorang pemimpin yang baik dan bisa mengubah kehidupan rakyatnya kearah lebih baik akan tampak pada diri.

 

Berpikir dan Berjiwa besar terhadap segala hal dan di iringi dengan sabar dan ikhlas. Semoga kita semua bisa menjadi pemimpin yang baik untuk diri kita, untuk keluarga kita, untuk teman-teman kita, untuk masyarakat, untuk Bangsa dan untuk Agama. Semoga Allah senantiasa memberikan kepada kita semua sebah perasaan positif dalam berpikir dan bertindak.

 

Kepala GAMAIS ITB

 

Ridwansyah Yusuf Achmad

15405046

 

 

Advertisements

One comment on “Pemimpin Mahasiswa Islam Masa Depan

  1. portalwongsukses
    November 13, 2008

    Semoga Antum menjadi pemimpin yang membawa cahaya islam di kampus ITB
    Allahu akbar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 12, 2008 by in Dakwah Kampus, Islam dan Dakwah.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,227,333 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: