Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

8 keberhasilan Kabinet KM ITB 2008-2009


Sebagai seorang yang sedang mencoba membangun dan akan merealisasikan bersama mimpi besar tentang kemahasiswaan ITB, maka berkaca serta melanjutkan mimpi dari generasi sebelumnya juga menjadi sebuah kebutuhan tersendiri. Seorang Presiden Soekarno pun mengingatkan agar JANGAN PERNAH LUPAKAN SEJARAH. Bagiku, sejarah juga termasuk generasi yang akan menjadi sejarah, yang bukan lain adalah Kabinet KM ITB 2008-2009. Sebuah kabinet yang akan berakhir dalam hitungan pekan dan telah banyak memberikan kontribusinya untuk kemajuan kemahasiswaan ITB.

Pada tulisan yang saya beri judul, 8 keberhasilan Kabinet KM ITB 2008-2009 saya akan memberikan pandangan saya terhapa beberapa keberhasilan dari kabinet saat ini yang nantinya jika Allah mengizinkan saya untuk memimpin KM ITB, maka akan saya coba lanjutkan dan tentunya kita sangat mengharapkan adanya keberlanjutan pembangunan dalam organisasi besar KM ITB ini.

Fakta 1 : adanya apresiasi besar terhadap unit kegiatan mahasiswa

Sebagai seorang ketua unit, saya sangat merasakan bahwa kabinet tahun ini sangat memberikan ruang gerak dan ekspresi bagi unit kegiatan mahasiswa. Dimana hal ini tidak ditemui pada kabinet-kabinet sebelumnya. Adanya menteri koordinator khusus untuk terkait unit dan 3 menteri yang mengurusi unit berdasarkan rumpun unit menjadi salah satu bukti. Berbagai kegiatan pun dimunculkan untuk menjadikan unit berkembang dan menjadi bagian terintegrasi dari KM ITB.

Fakta 2 : kebiasaan Rapat Pimpinan memberikan suatu ruang komunikasi bagi tersendiri para elit

Adanya rapat pimpinan rutin maupun eksidental untuk membahasa tentang hal-hal strategis terkait gerakan kemahasiswaan memberikan sebuah rasa keberpemilikan dari para elit himpunan dan unit terhadap satu KM ITB, disini biasanya ruang komunikasi bisa terasa lebih akrab dan santai sehingga komunikasi berjalan dan kesepakatan bisa tercapai.

Fakta 3 : media dan informasi kegiatan KM ITB semakin tersampaikan ke massa kampus

Adanya agendaganesha, usaha aktifasi kembali campus channel, buletin soul of campus, facebook KM ITB adalah varian usaha dari kabinet untuk menyentuh massa kampus dari berbagai sisi dan kebiasaan massa kampus. walau memang sebenarnya masih banyak media lain untuk berbagi informasi yang bisa dimanfaatkan oleh KM ITB, akan tetapi usaha tahun ini sudah menunjukkan dampak yang membaik. Seringnya roadshow dan kunjungan ke himpunan dari kabinet juga merupaka kebiasaan baik yang perlu dilanjutkan.

Fakta 4 : variatif kegiatan yang memungkinkan banyak mahasiswa terlibat

Olimpiade untuk para atlet, dialekta untuk para pengkaji, ganesha hijau untuk para aktifis lingkungan, KENMI untuk para akademisi profesi, gonjang ganjing kampus untuk para seniman. Kabinet KM ITB saat ini sudah banyak kemajuan dalam pendekatan ke massa ITB yang sangat unik dan variatif, dampaknya adalah semakin banyak mahasiswa yang mau terlibat dalam kegiatan KM ITB serta peka dan peduli terhadap kemahasiswaan terpusat.

Fakta 5 : cukup mendalamnya kajian yang dilakukan oleh kabinet terhadap sebuah isu

Dalam berbagai presentasi kajian sebuah isu yang dilakukan oleh para tim kajian di kabinet, saya melihat kedalaman kajian hingga pada tahap filosofis dan sejarah masa lalu dari sebuah isu. Hal ini membuat mahasiswa bisa memahami suatu isu dengan runut dan baik.

Fakta 6 : kaderisasi yang mulai di tata dengan baik

Perbaikan sistem kaderisasi yang di iringi usaha untuk pembuatan GDK. Inisisasi kaderisasi wilayah, follow up berbagai kegiatan kaderisasi dan pembuatan komunitas angkatan maupun kepanitiaan serta inisiasi kaderisasi pasca kampus menjadi sebuah bukti nyata kepedulian serta kepahaman kawan-kawan Kabinet KM ITB 2008-2009 terhadap kaderisasi. Karena disini mulai terlihat bahwa kaderisasi tidak hanya sebatas event belaka, akan tetapi juga bagian dari proses dalam keseharian mahasiswa.

Fakta 7 : advokasi dan pelayanan mahasiswa yang tuntas

Dalam suatu kejadian yang pernah menimpa himpunan saya, saya sangat melihat totalitas Kabinet KM ITB dalam menuntaskan dan membantu himpunan saya dalam menyelesaikan permasalahan ini. terkait pendampingan, penguatan jaringan, bahkan kepedulian Kabinet ini sampai menyita waktu sang presiden KM itu sendiri. Alhasil Himpunan planologi bersama kabinet dapat menyelesaikan permasalahan ini dengan baik.

Fakta 8 : KM ITB milik semua

Itulah visi yang selama ini di dengungkan oleh kepengrusan tahun ini, perlu diakui dan di acungi jempol, walau memang KM ITB ( belum ) milik semua. Akan tetapi signifikansi dari rasa kebermilikan mahasiswa terhadap KM ITB sangat baik. Terutama di angkatan muda seperti 2007 dan 2008 yang memperlihatkan animo keterlibatan yang tinggi.

 

Semoga segala keberhasilan ini bisa menjadi pelajaran yang berharga dan bisa dilanjutkan segala kebaikan dan evaluasi segala kesalahan yang mungkin ada.

Advertisements

4 comments on “8 keberhasilan Kabinet KM ITB 2008-2009

  1. reZa pH
    February 7, 2009

    afwan komentarnya ga nyambung ama tulisan,

    kang, minta bahan2 perencanaan kota dong…
    apa aja mau data, buku panduan, catetan, dll…
    boleh ya?

  2. ade.if04
    February 10, 2009

    sedikit mengomentari poin 1, saya rasa mulai dari kabinet ijul apresiasi terhadap unit sudah semakin besar kok, jadi kurang setuju jika dikatakan

    [blockquote]
    Dimana hal ini tidak ditemui pada kabinet-kabinet sebelumnya[/blockquote]

    semangat cup! ramaikan pemilu kali ini,, hehehe..

  3. chie135
    February 16, 2009

    Bawa semangat perbaikan!

  4. Ketua KENMI
    March 7, 2009

    Siapapun Presidennya…
    Menteri Proinov dah jelas lah ya…

    Hhahaha…
    ga jadi lulus Juli gara-gara kasus Geodesi.

    Semangat KAWAN!!!
    Berjuang untuk menjadi yang terbaik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 5, 2009 by in Sahabat Kampus ITB.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,227,333 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: