Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi


Pengabdian masyarakat suatu istilah yang sering kita definisikan sebagai bakti sosial. Suatu bentuk usaha dari mahasiswa untuk bisa meringankan beban yang ada di masyarakat. Sehingga pola bakti sosial yang ada lebih kepada pemberian pelayanan saja, atau ibarat hanya seperti memberi saja dan ditinggalkan begitu saja. Tentu ini bukanlah hal yang salah, akan tetapi kita sebagai mahasiswa memiliki kemampuan lebih dari itu. Alangkah baiknya jika bentuk pengabdian kita di masyarakat bisa lebih kepada empowerment dari masyarakat itu sendiri dengan pola community development. “lebih baik member pancingan ketimbang memberi ikan” sebuah pepatah yang bisa kita gunakan dalam pengabdian masyarakat yang kita lakukan nantinya.

Community development pada dasarnya memiliki tiga pola utama, yakni, self help, technical assistant, dan advocacy. Dalam konteks pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa, contoh teknis dari self help adalah menstimulus tokoh atau simpul masyarakat agar bisa mengembangkan masyarakat secara mandiri. Technical assistant bisa dilakukan dengan adaptasi teknologi tepat guna. Memberikan stimulus teknologi aplikatif yang bisa dioptimalkan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat di suatu komunitas. Advocacy adalah bentuk usaha mahasiswa secara hukum untuk membantu suatu masyarakat dari permasalahan atau tantangan yang dihadapi.

2Kedepannya kita akan lebih meningkatkan bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan dalam bentuk aplikasi teknologi. Perlu kita yakini bahwa dalam suatu komunitas tertentu tentunya ada potensi dan masalah yang harus dihadapi, dan beberapa dari potensi yang ada diharapkan bisa dikembangkan agar lebih memiliki nilai lebih serta masalah yang ada dianggap sebagai tantangan oleh mahasiswa lalu dilalukan riset untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Pengabdian Masyarakat-Profesi Teknologi-Ekonomi akan menjadi pola pergerakan mahasiswa ITB kedepannya. Riset dilakukan sebagai usaha untuk menjawab tantangan yang ada di masyarakat. Pengabdian masyarakat adalah suatu bentuk aplikasi teknologi serta menjadikan komunitas tempat pengabdian masyarakat sebagai laboratorium bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian teknologi tepat guna. Ekonomi dalam hal ini bisa dilihat dari beberapa sisi, dari sisi masyarakat, kita mengharapkan mahasiswa mampu melakukan stimulus ekonomi lokal/kerakyatan, dengan bantuan dan bimbingan mahasiswa harapan besar ekonomi lokal/kerakyatan mampu berkembang. Jika dilihat dari sisi mahasiswa, gerakan riset ini diharapkan mampu menstimulus perkembangan technopreneur muda di kampus ITB dengan berbekal riset yang dilakukan. . Gerakan mahasiswa kedepan bisa lebih dinamis dan cocok dengan kultur ITB sebagai kampus teknologi dengan menjadikan Pengabdian Masyarakat-Profesi Teknologi-Ekonomi sebagai basis gerakannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 12, 2009 by in Sahabat Kampus ITB.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,226,999 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: