inspire visit to paediatric oncology at hasan sadikin Hospital


sabtu, 9 mei 2009…

setelah 2 bulan penuh menghabiskan waktu dengan kampanye dan persiapan awak kabinet. akhirnya ada waktu juga buat menjalankan hal-hal yang tertunda. salah satunya nih, kunjungan ke bagian kanker anak di hasan sadikin. yang spesial dari pertemuan ini adalah kawan-kawan cancer buster community dari jakarta pada dateng.  kunjungan hari ini gak begitu lama, karena aku jg dateng telat sihh, hehehe….

1

dimulai dari beberapa ruang di lantai dasar. di bagian khusus kanker… walau memang jumlah penderita kanker pada anak semakin banyak, akan tetapi secara pengobatan sudah lebih baik dan kesempatan sembuh juga semakin bertambah. seperti biasa kami mengunjungi pasien satu persatu, memberi semangat kepada para pasien dan orang tua pasien…

kita harus meyakinkan bahwa kanker bisa disembuhkan, dengan kesabaran mengikuti pengobatan dan mempertahankan semangat untuk hidup. orang tua pun harus yakin bahwa anaknya bisa sembuh dan akan normal kembali. kita mencoba meyakinkan itu ke pasien dan orang tua pasien. terkadang mereka sudah hopeless melihat kondisi anak mereka , dan hanya berharap bahwa anak mereka cukup sembuh saja, padahal yah, survivor kanker anak itu secara ketangguhan hidup lebih kuat. semangat mereka akan tantangan lebih kuat. dan tidak ada masalah dengan kecerdasan ( kan ada rumor, kemoterapi bisa membuat anak jadi tidak cerdas lagi )

3

rumor rumor seperti itu yang kita juga coba patahkan, kata siapa umur penderita kanker anak pendek ? ada kok yang udah gede, malahan mau nikah pekan ini. kata siapa kecerdasan anak penderita kanker anak menurun ? toh ada kok yang bisa kuliah di FK-UI, kata siapa anak penderita kanker setelah sembuh ada masalah dengan sosial ? ngga kok, ada kok yang bisa jadi presiden mahasiswa…

2

pada dasarnya memang kunjungan ini, kami dedikasikan agar para pasien dan orang tua pasien punya model penderita kanker anak yang telah pulih total. itulah mengapa saya menyebutnya inspire visit. karena bagaimana pun kita pernah seperti mereka, karena bagaimana pun kita bisa sembuh total, karena bagaimana pun kita pernah berjuang seperti mereka… dan kami hanya ingin menyampaikan kepada mereka bahwa, “Aku Sekuat Kamu….”

Advertisements

3 Comments

  1. subhanallah..
    ada kesan khusus waktu baca,
    mgkn krn ini “pengalaman pribadi” dari seorang “saudara” y..
    (ana juga baca Leukemia Anak + komen2nya^^)
    well..satu lagi jawaban atas sbuah pertanyaan naif,
    “kenapa aku mau jadi dokter?”
    jazakallah bwt inspirasinya!
    met b’juang bwt bikin indonesia tersenyum!:)
    (btw, blognya an link d fb..)

  2. Allahu Akbar…tetap semangat kawan.kawan..farras yakin harapan itu masih ada…tetap tersenyum karena kita terlahir istimewa….to om met berjuaaaaaaaaaang……pantang mundur !!! ^_^

  3. Salut…salut…salut…

    sy mhasiswa nursing…skr sdang praktk dbangsal anak. Dsni jg banyk ank2 pderita kanker yg buth dsmangati….
    kpn2 mampir kjogja ya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s