Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

SPP mahasiswa ITB angkatan 2009 ( rewrite dari herwin iriansyah )


berdasarkan SK rektor ITB nomor 004a/SK/K01/KU/2009 maka biaya pendidikan mahasiswa ITB angkatan 2009 resmi menjadi biaya tetap 1,5 juta ditambah 125rb/sks.

hal ini mengejutkan karena mengubah sistem pembayaran BPP yang selama ini diterapkan ITB. juga mengejutkan karena ketika dihitung, angkanya akan meningkat fantastis dari tahun sebelumnya (2008).

namun mari kita lihat sesungguhnya seperti apa…

biaya pendidikan pokok (BPP) di ITB dalam 5 tahun terakhir selalu mengalami peningkatan sebesar 250rb setiap semesternya. dengan melihat bahwa biaya pendidikan pokok ITB pada tahun 2008 sebesar 2,5 juta maka secara otomatis kita akan berpikir bahwa biayanya menjadi 2,75 juta untuk tahun 2009. angka ini tentu saja belum ditambah dengan besarnya biaya BPPT yang harus dikeluarkan setiap semesternya yang berkisar dari 250rb hingga 1 juta (banyak juga yang hanya 0). maka maksimal biaya yang dikeluarkan setiap mahasiswa menjadi 3,75 juta.

sekarang kita lihat apa yang terjadi dengan sistem pembayaran yang baru. setiap mahasiswa diwajibkan membayar 1,5 juta sebagai biaya tetap ditambah dengan 125rb/sks. dengan mengasumsikan semua mahasiswa mengambil 18 sks setiap semesternya, maka setiap mahasiswa akan dikenai biaya 3,75 juta. angka yang fantastis jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. namun perlu diperhatikan bahwa disini tidak ada lagi pembayaran BPPT, maka terlihat bahwa biaya yang dikeluarkan sama dengan jika menggunakan sistem lama dengan membayar biaya BPPT maksimal.

lho,,, kalau gitu setiap orang bayar BPPT maksimal dong. berarti benar makin mahal…

makin mahal iya tapi perlu juga diperhatikan kebijakan tambahan berikut ini.

seperti juga halnya dengan BPPT, pada sistem yang baru ini ada juga sistem yang dapat meringankan biaya kuliah mahasiswa. pada sistem kali ini, besaran BPPT yang seharusnya kita bayarkan dirubah bentuknya menjadi jumlah sks. setiap mahasiswa akan dinilai secara akademik dan ekonomi untuk diberikan bantuan berupa pembayaran sks (jadi setiap mahasiswa akan mendapatkan bantuan dibayarkan oleh ITb sejumlah sks yang diambilnya). jumlah sks yang akan dibantu dibayarkan oleh ITB berkisar dari 1 sks hingga 8 sks. sekarang mari kita hitung…

dengan harga 1 sks sebesar 125rb, maka besarnya bantuan yang diberikan oleh ITB kisarannya adalah 125 rb hingga 1 juta. sekali lagi dengan mengasumsikan setiap mahasiswa mengambil 18 sks dengan bantuan 8 sks dari ITB maka besarnya uang kuliah yang harus dibayarnya adalah 1,5 juta + 125rb/sks x 10 sks yaitu 2,75 juta. sekali lagi berarti jumlahnya sama dengan jumlah BPP dengan sistem yang lama.

o ya, dengan sistem yang baru ini artinya setiap mahasiswa 2009 pada tahun pertamanya akan membayar maksimal yaitu 3,75 juta. pada tahun kedua baru akan ada perubahan disebabkan oleh perhitungan terhadap data ekonomi dan prestasi akademik setiap mahasiswa.

berarti sebenarnya sistem yang baru dikembangkan dengan mempertimbangkan sistem yang lama juga (walaupun saya masih belum mengerti kenapa harus ada kenaikan biaya 250rb/semester)

masuk ke poin masalah…

sistem ini baik untuk ITB yang sepertinya sekarang semakin dipenuhi oleh mahasiswa dengan tingkat ekonomi yang lebih baik, namun dengan sistem seperti ini akan sangat sulit untuk mahasiswa yang mampu secara akademik tetapi tidak secara finansial untuk menyelesaikan kuliahnya lebih cepat. karena bantuan yang diberikan oleh ITb per semesternya hanya sebesar 8 sks (kalau ngambil 24 sks berarti harus bayar 16 sks). apalagi untuk mahasiswa yang tingkat ekonomi dan akademisnya ada di tengah2, pasti lebih bingung lagi kalau sistemnya seperti ini….

Advertisements

3 comments on “SPP mahasiswa ITB angkatan 2009 ( rewrite dari herwin iriansyah )

  1. madbud
    July 8, 2009

    Oke, selamat datang di ITB private university …
    Benar-benar bayar per SKS ya seperti di swasta

    Rahmad, PN 98

  2. BC
    July 13, 2009

    apa bedanya PTN ama PTS donk?

    yang kaya bisa sekolah tinggi
    yang miskin gigit jari

    yang kaya bisa tambah kaya
    yang miskin makin miskin

    Barick
    MA’03

  3. Pingback: Repotnya jadi pemimpin dunia « ~ Continuous Improvement ~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 8, 2009 by in Sahabat Kampus ITB.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,227,333 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: