Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Muhasabah Akhir Ramadhan


muhasabah

Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah SAW itu suri teladan yang baik bagimu, yaitu bagi yang mengharap Allah, dan (kedatangan) hari kiamat, dan dia banyak berdzikir kepada Allah” ( Al Ahzab 21 )

Sesungguhnya Hari Keputusan adalah suatu waktu yang ditetapkan,yaitu hari  ditiup sangsakala lalu kamu datang berkelompok-kelompok,dan dibukalah langit, maka terdapatlah beberapa pintu,dan dijalankanlah gunung-gunung maka menjadi fatamorganalah ia. ( An Naba 17-20 )

Yaa Rabb, Yaa Salaam.

Ingin ku ucapkan Syukur atas Iman yang Kau berikan. Ingin ku ucapkan Syukur ats Islam yang Kau ajarkan. Ku ingin ucapkan Syukur atas Qur’an yang Kau Wahyukan, Ku ingin ucapkan Syukur atas Ukhwah yang Kau Hembuskan.

Yaa Jabbar, Yaa Samii

Aku tak kuat Ya Allah membayangkan hari hari di padang mahsyar, saat Engkau memberikan buku amal ku, saat Kau memberikan buku maksiatku. Dan Engkau Minta aku membacanya, sungguh aku tak kuat membayangkan masa itu, sungguh aku tak bisa membayangkan betapa hina nya diri ini. Sungguh aku tak terbayang bagaimana aku bisa membaca daftar dosa yang kuperbuat di Dunia.

Padahal Engkau Yaa Rahman, telah menurunkan Insan Terbaik-Mu untuk mengajarkanku, Engkau Yaa Rahiim telah memberikan Qur’an sebagai pedoman, tapi aku Yaa Allah, hanya hamba mu yang lalai, hanya hamba lemah yang mengharap Surga-Mu.

Yaa Awwal wa Aakhir

Ampuni Mata ini Yaa Allah,

Sedikit sekali mata ini memandang ayat-ayat Mu

Sedikit sekali mata ini membaca ilmu ilmu Mu

Sedikit sekali waktu yang digunakan mata ini untuk terus terjaga dalam mendirikan Malam

Sedikit sekali air mata taubat yang menetes dari mata ini

Yaa Hamiid Yaa Qayyum

Ampuni lisan ini Yaa Allah

Karena terlalu banyak kata tanpa makna yang terucap

Bahkan dusta yang banyak dikeluarkan

Tidak banyak Kalimat-Mu terucap dari lisan ini

Terlalu banyak Ghibah yang terlontar dari Lisan ini

Terlalu banyak Kata kata Hina yang keluar dari Lisan ini

Yaa Aziz Yaa Ghofur

Aku tak mampu menegakkan Kepala di hadapan-Mu

Aku tak mengetahui apakah amal ku selama ini hanya Untuk-Mu

Apakah ibadahku selama ini karena kecintaanku pada-Mu

Apakah akhlak baik ku karena kepahamanku pada Agama-Mu

Aku Takut Yaa Allah

Keikhlasan tidak menyertai amalku

Kesombongan mengikat Ibadahku

Ketinggian hati mengisi akhlak baikku

Ya Allah, tolonglah aku dalam menjalankan agama yang merupakan pelindung segala urusanku. Elokkanlah urusan duniaku yang merupakan tempat aku mencari kehidupan. Elokkanlah urusan akhiratku yang merupakan tempat aku kembali. Jadikanlah kehidupanku ini sebagai tambahan segala kebaikan bagiku dan jadikanlah kematianku sebagai ketenangan bagiku dari segala kejahatan.

Allah yang maha agung, maha menatap, maha mendengar, maha memperhatikan,

Engkau tahu apa yang aku lakukan.

Tidak satupun lirikan mata yang luput dari pengetahuan-Mu Yaa Allah.

Tidak ada satu katapun yang terucap yang tidak didengar oleh pendengaran-Mu yang maha mendengar

Yaa Allah Yaa Al Hakim Al Waasi’

Terimalah tilawahku, terimalah shalatku, terimalah puasaku, terimalah sujudku, terimalah ruku’ ku, terimalah do’aku. Terimalah amal amal ini, walau tidak seberapa jika dibanding khilaf ku, walau aku tetap tak bisa menegakkan kepala jika Engkau memintaku membaca buku amal kehidupanku di Yaumul Mizan Kelak.

Yaa Allah izinkan aku Menjadi penghuni surga-Mu kelak

Bersama insan insan bertaqwa

Bersama orang orang yang aku kasihi

Bersama Nabi dan Rasul-Mu Yaa Allah

Mengisi hari hari penuh taqwa beribadah kepada-Mu

Aku tak bisa menyombongkan Amal ku, yang kuharap hanya ridho-Mu Yaa Allah

Duhai Ramadhan,

Hari hari bersamamu kini tinggal menghitung detik

Matahari terakhir sore ini menandakan pergi-nya Engkau Ramadhan meninggalkan

Sejuta kenangan,dan penyesalan

Aku menyesal karena sedikit sekali lembaran Qur’an yang terbaca

Aku menyesal karena malam malam bersamamu aku isi dengan kesia-siaan

Aku menyesal karena siang hari bersamamu aku isi dengan urusan dunia

Aku menyesal karena sedikit sekali amal dan ibadah yang bisa kutorekan

Ya Allah, Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata. Ya Rabb Pencipta langit dan bumi, Rabb segala sesuatu dan yang merajainya. Aku bersksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, kejahatan setan dan bala tentaranya, atau aku melakukan kejahatan terhadap diriku atau yang aku tujukan kepada seorang muslim lain.

Aku akan rindu kehadiran-Mu Ramadhan, jika Suatu waktu aku bertemu lagi, aku harap aku dalam keadaan yang lebih baik, lebih bertaqwa kepada Allah Azza Wa Jalla.

Aku sadar sebaik baiknya manusia adalah manusia yang selalu ingat mati dan paling mempersiapkan diri untuk mati dan selalu berfikir hari ini adalah hari yang terakhir.

Ya Allah berikan kesempatan untuk memberikan yang terbaik dalam hidup ini berguna bagi dunia dan bermanfaat bagi akhirat

Aku ingin menyambut malaikat maut-Mu dengan amalan yang utama

Berikan aku kekuatan untuk mengarungi sisa umur ini

Berikan aku keikhlasan dan kesempatan untuk mempersembahkan yang terbaik dan

Izinkan aku berjumpa dihadapamu Yaa Allah kelak di Jannah-Mu.

3 comments on “Muhasabah Akhir Ramadhan

  1. widi
    September 19, 2009

    Ass.

    sangat menyentuh sekali, mungkin itu jugalah yang kurasakan,..

    Minta ijin copy ya mas untuk dipublikasikan,..

    Jazzakumullah

    Wassalam,..

  2. reZa pH
    September 19, 2009

    like this lah, kang! ^^
    syukron sudah mengingatkan >.<

    mohon maaf lahir dan batin, taqobbalallahu minna waminka…

  3. bunda
    November 11, 2009

    Aslm.Syukron sudah mengingatkan betapa banyak kekhilapan yg sdh dilakukan,mohon izin untuk di copi yach sekedar untuk mengingatkan teman2sesama muslim

Leave a Reply

Information

This entry was posted on September 19, 2009 by in Aku dan Diri, Islam dan Dakwah.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,216,714 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
