BATIK : warisan budaya Indonesia


batik 1

Batik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulisdan “nitik”. Kata batik sendiri meruju pada teknik pembuatan corak -menggunakan canting atau cap – da……n pencelupan kain dengan menggunakanbahan perintang warna corak “malam” (wax) yang diaplikasikan diatas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna. Teknik ini hanya bisa diterapkan di atas bahan yangterbuat dari serat alami seperti katun, sutra, wol dan tidak bisaditerapkan di atas kain dengan serat buatan (polyester). Kainyang pembuatan corak dan pewarnaannya tidak menggunakan teknik inidikenal dengan kain bercorak batik – biasanya dibuat dalam skalaindustri dengan teknik cetak (print) – bukan kain batik.

Jenis batik
-Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batikmenggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kuranglebih 2-3 bulan.
-Batikcap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yangdibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatanbatik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari
(sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Batik)

Pengakuan United NationsEducational, Scientific, and Culture Organization (UNESCO) akan Batiksebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia pada 28September 2009 (secara resmi pada 2Oktober 2009) di Abu Dhabi, menjadi suatu kebanggan tersendiri buatBangsa Indonesia.

Pengakuan UNESCO tersebut diberikan terutama karena penilaianterhadap keragaman motif batik yang penuh makna filosofi mendalam. Disamping itu pemerintah dan rakyat Indonesia juga dinilai telahmelakukan berbagai langkah nyata untuk lindungi dan melestarikanwarisan budaya itu secara turun menurun.

Untuk itu, sebagai bentuk apresiasi dan kebanggaan kita akan Batik yang telah diakui dunia menjadi warisan budaya Indonesia,

Dept Seni Budaya Keluarga Mahasiswa ITB mengajak seluruh masyarakat (Mahasiswa ITB khususnya) untuk mengenakan pakaian batik pada 2 Oktober2009.

Kita Satu Keluarga, Satu INDONESIA
“Budaya Kita, Kekayaan Kita, Tanggung Jawab Kita”

Untuk Tuhan, Bangsa dan Almamater

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum ^_^

batik 2

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s