Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

tugas akhir : Model Kebijakan Kabupaten Ciamis Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Nelayan


rumusan masalah penelitian

Berdasarkan UU no.32 tahun 2004, pasal 18, disebutkan bahwa pemerintah daerah yang memiliki wilayah laut diberiakan kewenangan untuk mengelola sumberdaya alam di wilayah laut sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Beberapa kewenangan pemerintah daerah tersebut meliputi kegiatan eksplorasi, eksploutasi, konservasi, dan pengelolaan kekayaan laut. Dengan demikian, diharapkan bahwa potensi-potensi yang ada pada wilayah pesisir dan laut dapat dimanfaatkan sebesar-sebesarnya untuk kemakmuran rakyat.

Produksi ikan hasil tangkapan nelayan di pesisir selatan Kabupaten Ciamis makin berkurang. Dari potensi produksi sekitar 15.000 ton setahun, saat ini baru termanfaatkan lebih kurang 2.000 ton. Semua itu disebabkan terbatasnya sarana tangkap nelayan dan rusaknya ekosistem pesisir. Dengan keterbatasan sarana tangkap itu, banyak nelayan mencari ikan tidak jauh dari pantai. terumbu karang dan mangrove yang ada dari semakin terbatas. Akibatnya, tinggal sedikit ikan yang mencari makan dan memijah di pantai.

Ikan-ikan kecil itu kemudian mencari sumber makanan dan tempat untuk memijah di lokasi lain. Akibatnya, produksi perikanan tangkap tidak beranjak dari 2.000 ton setahun. Hal ini menyebabkan hasil tangkapan nelayan pesisir selatan Ciamis dari tahun ke tahun terus menurun. Sebab, nelayan tidak mengindahkan prinsip lingkungan ketika melaut. Karena ingin mendapat hasil tangkapan yang banyak, akhirnya nelayan menggunakan jaring yang kecil. Akibatnya, ikan-ikan yang masih kecil juga tertangkap. Dampak lanjutannya ialah ketersediaan ikan di pinggiran pantai terus berkurang. Padahal, jika dibiarkan sekitar 3 bulan saja, ikan-ikan kecil tadi sudah besar dan jika ditangkap dan dijual memiliki nilai tinggi.

Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana kualitas hidup masyarakat nelayan di Kabupaten Ciamis pada kondisi saat ini.
  2. Faktor apa sajakah yang mempengaruhi kualitas hidup masyarakat nelayan di kabupaten Ciamis.
  3. Bagaimana strategi yang tepat untuk diambil pemerintah Kabupaten Ciamis dalam usaha peningkatan kualitas hidup masyarakat nelayan dalam perspektif pembangunan wilayah pesisir dan laut.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 28, 2009 by in Planologi, Tugas Akhir S1.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,216,998 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: