Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

daily report @ macquarie


Kebetulan untuk di Macquarie university, saya dapet softcopy presentasinya, nanti di download aja. Tapi saya coba cerita hal hal yang tidak ada di slide atau menegaskan apa apa yang ada di slide. Tadi inget kan kebijakan pemerintah aussie yang mengubah kebijakan organisasi mahasiswa, sehingga di MQ mereka menutup student union mereka selama dua tahun ini dan membangun organisasi baru yang mereka sebut MURPA ( macquarie univ postgraduate reprenstative association ) dan MUSRA (macquarie univ student reprenstative association ).

Dengan pada dasarnya kerjaan mereka adalah ;

  1. Representatives
  2. Services
  3. Advocacy

Mereka juga melakukan lobby terhadap issue pendidikan dan kurikulum maupun kebijakan lainnya. Disini mereka memanfaatkan link ke academic senate mereka dan juga pemerintah. Selain itu seminar seminar teknologi dan sains seringkali di lakukan, disini banyak audi torium atau amphitheater class yang sanggat cocok untuk seminar atau kuliah massal, dan biasanya mereka melakukannnya secara rutin yang mengisi adalah mahasiswa ( baik s1 s2 s3 ), kita sepertinya bisa mengadopsi ini nih, semua hasil karya kita buat seminar kecil, pake ruang yang di cc timur tuh, pinjem ke ITB aja, masa kita juga harus bayar, kan untuk keprofesian juga, kita buat rutin dan harapannya nuansa akademik terbentuk.

Secara bentuk organisasi, kita bisa ngikut di MQ, kenapa ? karena mereka memiliki hubungan interdepensi dengan universitas. Yang mana cocok banget sama kita di ITB yang hubungan dengan kampus baik dan kita juga masih bergantung dengan universitas. Tapi memang dasar kampus luar negeri banyak duit,  fasilitas untuk mahasiswanya juga world class. Ini nih yang harus kita stimulus ke ITB, prestasi mahasiswa kian banyak dan laju perkembangan organisasi kita juga cepat banget, tapi fasilitas kita gak ada ? disana semua untuk kebutuhan mahasiswa total banget di berikan, seperti gak terbatas dananya. Yah minimal kita dikasi wewenang untuk kelola CC lah.

Nah untuk MUSRA dan MURPA ini karena baru dibentuk, mereka juga baru buat kode etik, charter of MUSRA n MURPA macem AD ART kita lah ( ada juga kok saya bawa ke jakarta ). Dan mereka sedang kampanye pemilihan ketua pertama mereka, dan besok hingga jumat pencoblosan dan sabtu minggu perhitungan. Excited juga kampanye  disini, banyak banget publikasinya.  Dan di student reprentative nya ada 6 major groups, jadi seseorang bisa maju mewakili kelompok tertentu dan setiap mahasiswa mendefinisikan sendiri mereka berada di group mana. Antara lain ada ;

  1. Queer groups ( homo sex )
  2. Student with dissabilities
  3. International student
  4. Students with dis advantage
  5. Women’s
  6. Australian student

Untuk publikasi nih yang bisa jadi andalan kita juga adalah, mereka punya database semua email mahasiswa mereka. Dan setiap publikasi selalu via email ke semua mahasiswa. lalu ada juga spot untuk naruh pamflet. Jadi tampak rapih dan mahasiswa tinggal ngambil aja.

Beberapa kegiata yang dilakukan antara lain ;

  1. Second hand book, jual buku kuliah bekas
  2. Club and societies, ada 94 student group and 15 sport club ( culture, business, media, sciencce, political, social, sport )
  3. Campus event ( student olymics )
  4. Pricing strategies ( menentukan harga dan menu makanan di kantin )
  5. Student diary
  6. Legal advice ( bantuan advokasi )
  7. Seminars
  8. Kampanye pendidikan, kebijakan kampus maupun kebijakan pemerintah
  9. Student magaizine.
  10. Centralized training, disini pelatih club olahraga adalah pemain profesional, jadi mereka kerjasama dengan klub olahraga profesional di sydney, dan mereka ada beberapa join program salah satunya training bersama dan jatah tiket nonton pertandingan untuk beberapa mahasiswa.

Disini kebetulan saya banyak melihat fasilitas mahasiswa nya yang waw… subhanallah. Beda banget sama iTB. Nanti foto nya nyusul lah. Ok ok

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 13, 2009 by in Sahabat Kampus ITB.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,226,671 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: