Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

daily report @ university of sydney


University of sydney adalah salah satu universitas tertua di australia, kalau lihat bangunannya, maka kita akan lihat kastil hogwarts yang masih sangat terjaga arsitekturnya.bener bener kayak hogwarts, mungkin buat penggila harry potter bakal heboh kalo dateng kesini. Hehe. Yuph, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 48.000 dengan jumlah mahasiswa asing mencapai 13.000 university of sydney menjadi tempat yang tepat untuk para mahasiswa terbaik dunia untuk berkuliah, dengan beberapa fakultas favorit seperti arts, and social studies.

Di university of sydney, saya bertemu dengan president of student representatives council ( SRC ) NOAH WHITE, seperti pada umumnya universitas di australia, akibat perubahan kebijakan yang ada di pemerintahan australia di tahun 2006, perubahan pun juga terjadi di university of sydney student union, perubahan mendasar terjadi dimasalah pendanaan dan independensi.

Honestly, melihat kampus ini dengan aktifitas kemahasiswaannya, ini kampus paling heroik, berbagai kegiatan rally dan marching di pelopori oleh kampus ini, yah kasarnya ini kampus sangat tekun mengkritik kebijakan pemerintah serta mengaspirasikan keinginan rakyat via gerakan yang massif. Beberapa isu yang mereka lakukan dalam 2 tahun terakhir antara lain adalah ;

  1. Abortion right
  2. Freedom for palestine
  3. Penolakan terhadap kebijakan Voluntary student organization ( VSO ) UU yang tahun 2006 itu
  4. Environment issue
  5. Pathriatism issue
  6. Stop war on iraq
  7. International student right and equity
  8. Women’s right

Yah bisa lah di contoh ini kampus untuk gerakan sosial politiknya. Tapi yah terlepas itu, pola gerakan massif mereka benar-benar terencana dan enak untuk dilihat. Ketika mereka akan mengadakan aksi kejalan, selama 1-2 pekan sebelumnya mereka mengadakan petisi ke seluruh mahasiswa dan masyarakat sekitar untuk mendukung aksi mereka, ini poin plusnya , aksi diadakan sangat terencana dan jangka persiapan panjang, mereka juga melakukan siaran atau wawancara singkat ke beberapa media sebelum aksi dan ketika aksi mereka benar benar tertib dengan jumlah rata rata 2000 peserta aksi. Aksi di dukung atribut yang baik, kaos seragam yang bertema kan aksi yang dilakukan, dan spandung dan poster yang sangat menarik dan bisa menarik simpati.

Selain untuk gerakan ini, univ of sydney SRC juga menjalan fungsi pengayoman internal seperti pelayanan club and societies yang mencapai 200 grup. Memberikan pelayanan kepada mahasiswa seperti tempat bekerja,kesehatan, buku bekas layak pakai, pendampingan pengacara, tempat tinggal,fasilitas kantin dan advokasi. Selain itu mereka juga banyak beraktifitas dalam hal memberikan hiburan untuk mahasiswa, kebiasaan di australia, mereka senang mengadakan pesta pesta dengan berbagai jenis tema, seperti pesta BBQ, pesta sosis, pesta bir, dll.

University of sydney SRC memang sangat dekat dengan politik, presiden yang terpilih secara tidak langsung biasanya memiliki kedekatan dengan partai politik tertentu ( di aussie hanya ada dua partai besar, yakni liberal dan labor ).  Sehingga biasnya setelah jadi presiden SRC karir politik mereka lebih baik dan mulus kedepannya. Akan tetapi memang, sejak ada UU tahun 2006, banyak sekali kepentingan mahasiswa terkait gerakan sosial politik yang dikekang oleh universitas, karena universitas relatif tidak setuju atau setuju pada isu tertentu sehingga mahasiswa dituntut untuk mengikuti, jika tidak pendanaan mereka akan di hentikan. Untuk sekedar informasi univ of sydney menganggarkan dana AUS$. 1.250.000 per semester nya untuk kegiatan kemahasiswaan.

Memang di univ of sydney SRC, presiden dan jajaran mendapat insentif, untuk presiden sekitar AUS$.27.000/tahun, dan previlege lain seperti makan gratis di kantin kampus, asuransi kesehatan dan punya spot parkir khusus di kampus.

Kedekatan dengan kebijakan pemerintah didukung pula dengan pertemuan 2 pekan sekali dengan partai politik, untuk menyampaikan pendapat dan mendapat penjelasan atas kebijakan yang telah di ambil oleh pemerintah. Hal ini memungkinkan pula bagi gerakan mahasiswa disini sangat disegani dan didengarkan oleh masyarakat, selain itu mereka juga membuat semacem koran bulanan yang mereka jual ke seantero kota yang berisikan opini yang ingin mereka kembangkan di masyarakat.

Secara garis umum seperti itulah kekhasan yang dimiliki oleh university of sydney dengan segala romantika gerakannya. Banyak yang bisa kita ambil inspirasi dari sini. Oh ya foto hogwartsnya nyusul, tapi coba deh buka buka internet.hhehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 13, 2009 by in Sahabat Kampus ITB.

Twitter @udayusuf

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,216,507 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: