panggil SBY ke Pansus Century !


Sudah hampir 2 bulan Pansus Angket BC bekerja mengungkap skandal BC. Namun Pansus Angket BC belum memanggil seluruh saksi atau aktor-aktor yang terlibat dalam skandal ini termasuk memanggil dan memeriksa Presiden SBY. Apalagi Presiden SBY terlah memberikan perintah agar kasus BC diusut secara terbuka dan tuntas.

Mengapa Presiden SBY Harus Dipanggil Pansus Angket BC?

1.       Untuk membuktikan bahwa presiden SBY konsisten dengan apa yang sering diucapkan, berada pada garis depan pemberantasan korupsi.

2.       Untuk mengklarifikasi kehadiran Marsilam Simanjuntak pada rapat-rapat KSSK (Komisi Stabilitas Sistem Keuangan), apakah sebagai pejabat yang ditugaskan oleh Presiden atau hanya sebagai pribadi atau narasumber

3.       Presiden SBY diduga mengikuti proses pembahasan bailout BC oleh BI, Depkeu dan lembagaterkait lainnya, menjelang ditetapkannya keputusan bailout.

4.       Berdasarkan notulensi rapat KSSK :

a.       Menkeu Sri Mulyani seudah menginformasikan masalah bailout BC kepada Presiden

b.      Sri Mulyani pada awal rapat menyebutkan Marsillam diminta presiden untuk bekerja dengan KSSK

c.       Raden Pardede juga menegaskan bahwa kehadiran Marsillam adalah karena diminta Presiden untuk berkerja sama dengan KSSK.

5.       Meskipun Perppu No 4/2008 telah ditolak DPR pada tanggal 18 desember 2008. Pemerintah menganggap Perppu tersebut masih berlaku. Hal ini mengindikasikan bahwa pemerintah dapat dianggap sedang berupaya untuk mengamankan diri dari keputusan dan pelaksanaan bailout BC yang bermasalah tersebut. Oleh sebab itu Presiden SBY perlu diklarifikasi oleh pansus

6.       Presiden SBY perlu dipertanyakan mengapa membiarkan organisasi sepenting KSSk hanya diduduki oleh 2 orang pejabat. Pertanyaan ini juga penting karena yang menjadi ketua KSSK adalah salah satu anggota kabinetnya.

7.       Proses pengambilan keputusan bailout BC oleh KSSK terjadi pada saat Presiden SBY berada di Amerika. Perlu ditanyakan kepada Presiden SBY seberapa sering perkembangan proses tersebut dilaporkan dan dikoordinasikan oleh ketua KSSK kepada Presiden

Apabila Presiden SBY bersedia memberikan kesaksian terkait pengungkapan skandal BC, berarti Presiden SBY telah menunjukkan komitmen penegakan hukum dan pemberantasan korupsi dalam 100 hari masa kerja pemerintahannya.

Partai-partai koalisi yang terlibat dalam Pansus Angket BC harus bersikap objektif, independen dan tidak perlu takut dengan ancaman resuffle kabinet. Orang –orang yang terlibat dalam skandal BC telah melakukan berbagaii upaya yang melanggar hukum dalam rangka mengamankan diri. Menkeu telah menggalang dukungan PNS dengan meminta seluruh PNS memasang “Gelang M”. Pada saat sidang pansus di DPR, Menkeu juga membawa sejumlah pejabat eselon I dan II DPR. Hal pokok yang harus diusut secara tuntas adalah peta aliran dana, dengan terungkapnya hal ini maka akan tampak siapa-siapa saja yang merampok uang rakyat dari kebijakan kucuran BC ini.

Demi Tuhan, Untuk Bangsa dan Almamater…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s