Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Apresiasi dan aktivasi potensi serta minat untuk pengabdian masyarakat


Mahasiswa ITB adalah mahasiswa yang memiliki potensi sangat besar. Secara individu saja memang mahasiswa ITB sudah memiliki kapasitas untuk bertahan hidup dan jiwa kepemimpinan. Tinggal di poles sedikit hingga mahasiswa tersebut menjadi mahasiswa yang berkualitas. Walau memang tidak ada klasifikasi secara tegas, tetapi secara umum mahasiswa ITB memiliki potensi seperti pada diagram berikut.

Dalam diagram ini bisa dilihat memang bahwa potensi besar mahasiswa ITB bisa dikembangkan untuk pengabdian masyarakat. Dengan segala potensinya ini, kemahasiswaan memiliki peran untuk mengapresiasi dan mengaktivasi potensi tersebut.

Dalam perjalanannya berbagai usaha dilakukan oleh kabinet, untuk mahasiswa yang memiliki potensi seni dan budaya, diadakannya Pargelaran Seni dan Budaya 2010 menjadi wadah ekspresi bagi pengiat seni budaya untuk bisa menginspirasi dunia. Pengembangan di bidang entrepreneur bisa dikatakan sangat signifikan, dengan adanya kementerian ekonomi yang memang khusus diadakan untuk pengembangan entrepreneurship. Bersama dengan TEC dan kelompok entrepreneur lain berhasil membuat berbagai pelatihan entrepreneur. Untuk pengembangan di bidang akademik dan keprofesian, adanya pendampingan peserta PIMNAS 2009 yang pada akhirnya meraih peringkat kedua nasional, maupun baligo apresiasi kepada pemenang lomba menjadi usaha untuk memberikan penghargaan kepada para mahasiswa berprestasi. Sebagai wahana untuk berprofesi, adanya ITB FAIR merupakan satu langkah besar untuk menyatukan gerak keprofesian dan pengabdian masyarakat. Kajian dan gerakan sosial politik di aktivasi dengan berbagai seminar dengan berbagai isu dan aksi turun ke jalan untuk pernyataan sikap mahasiswa ITB.

Dalam perwujudan misi ini memang kementerian koordinator bidang pengembangan kemahasiswaan menjadi ujung tombak, hal ini terbukti dengan gerakan dan program besar yang diadakan oleh setiap kementrian dalam kemenkoan ini. Selain dengan koordinasi yang baik, hal yang paling penting dalam misi ini adalah pencitraan atau rekayasa opini dan media. Salah satu usaha yang dilakukan adalah opini media, salah satunya seperti di ITB FAIR yang di rekayasa agar teropinikan sebagai program skala nasional sehingga bisa menginspirasi sebanyak-banyak orang.

Pembelajaran yang penting disiapkan sebelumnya adalah peta potensi dari mahasiswa dan lembaga kemahasiswaan di ITB. Dengan mengetahui potensi ini diharapkan bisa membuat rencana strategis terkait pengembangan potensi dari mahasiswa dan kemahasiswaan di ITB. Ini menjadi tugas besar yang dirasa bisa jadi penguat pondasi bagi arah pengembangan kemahasiswaan di ITB

Advertisements

One comment on “Apresiasi dan aktivasi potensi serta minat untuk pengabdian masyarakat

  1. ikhwanalim
    March 31, 2010

    pengembangan kemahasiswaan? rasanya pernah dengar..
    sapa tuh menko-nya? 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 22, 2010 by in Sahabat Kampus ITB.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,217,120 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: