Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Optimalisasi dan Sinergisasi gerak lembaga kemahasiswaan


Berbicara tentang dinamisasi kampus yang merupakan satu usaha untuk memastikan kampus ITB hidup dengan berbagai rekayasa dan optimalisasi potensi yang ada. Dengan adanya 29 himpunan dan 78 unit kegiatan mahasiswa yang aktif. Membuktikan bahwa memang potensi kemahasiswaan kita memang besar. Dalam optimalisasi gerak dan sinergisasi arah gerak, memang pendekatan yang bisa dilakukan di kabinet seputar pendekatan ke ketua lembaga, masih bersifat elitis. Tetapi kabinet memiliki keterbatasan dalam merangkul lembaga. Selain ketua lembaga, pendekatan lain kepada ketua divisi yang memiliki kesamaan fungsi dengan kementrian yang ada di kabinet, sebagai contoh kementrian keprofesian dan inovasi kabinet mengkoordinasi divisi keprofesian himpunan. Pendekatan ini cukup efektif untuk memudahkan koordinasi dan diseminasi informasi ke lembaga kemahasiswaan yang ada.

Pendekatan informal memang juga menjadi pilihan, seperti unit senibudaya yang selalu mengedepankan kekeluargaan dalam setiap forum silaturahimnya. Untuk ke ketua himpunan, dengan berolahraga bareng menjadi pilihan. Kenapa tampaknya misi ini lebih banyak menyentuh ke kekeluargaan, karena pada akhirnya yang diharapkan dari kabinet KM ITB 2009-2010 adalah kesamaan visi tentang mari kita buat Indonesia Tersenyum terinternalisasi dalam setiap lembaga. Salah satu hal yang terbukti mampu terinternalisasi dengan baik adalah gerakan community development yang telah berhasil menjadi arah gerak bersama lembaga kemahasiswaan ITB. Selain itu dengan berbagai repetisi gerakan sosial politik, masyarakat kampus pun juga semakin terbuka paradigmanya kepada pola gerak kemahasiswaan yang bersifat advokasi kebijakan publik.

Dari rencana awal memang tidak semua mimpi untuk sinergisasi gerak sudah berjalan dengan baik, akan tetapi perbaikan dalam hal koordinasi dan kepercayaan diantara lembaga semakin koorperatif. Hal ini sangat dikarenakan dengan para pejabat lembaga kemahasiswaan juga semakin terbuka dan lebih memiliki sense akan kemahasiswaan terpusat.

Sebagai bahan pembelajaran, porsi kabinet untuk silahturahim ke himpunan maupun unit kegiatan mahasiswa secara rutin merupakan satu cara yang baik. Karena seperti Presiden Zulkaida Akbar pernah sampaikan tentang mahasiswa ITB, beliau mengatakan “mereka hanya butuh disapa”. Tidak hanya peran Presiden yang lebih dimunculkan untuk menyapa massa kampus, akan tetapi harus dimunculkan kekolektifan tim kabinet itu sendiri, setiap pejabat inti kabinet adalah representatif dari kabinet itu sendiri.

Untuk di kampus sendiri, peran menteri koordinator bidang internal sangat krusial, ia diharapkan dapat sebagai orang kedua Presiden di dalam kampus.  Memang dalam kabinet KM ITB 2009-2010 peran Presiden lebih banyak untuk bidang eksternal karena memang di kondisikan seperti itu, sehingga kementrian di bawah kemenkoan internal berperan lebih dalam pelayanan dan optimalisasi gerak lembaga kemahasiswaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 22, 2010 by in Sahabat Kampus ITB.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,226,671 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: