Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

info terbaru dari indobackpacker untuk backpacking ke mekkah


–          Waktu :

  • 2 bulan dari SIngapur – Mesir jalan darat dirasakan terlalu singkat.
  • jujur aja 2-3 bulan sangat tidak mungkin, terakhir saya (IBPers) backpack ke 4 negara thailand-myanmar-india dan nepal butuh waktu total 42 hari (6 minggu). Itu pun naik pesawat dari thailand ke myanmar dan dari Thai ke India. Kalau mau jalan darat, pernah ada kawan saya dari Singapore melakukannya dari China – Mesir, total waktu 6 bulan hanya karena pasportnya Singapore dia bisa buat visa dimana aja dia mau (keuntungan passport negara maju)

–          Rute Perjalanan:

  • Thailand untuk masuk Myanmar melalui jalan darat dan keluar di Bangladesh atau India hampir tidak mungkin karena:
    • Masuk dari Thai ke Myanmar harus dengan menghubungi kementrian turism Myanmar dan meminta permit
    • Keluar ke Bangladesh dari Myanmar ga mungkin karena ga ada border international
    • keluar ke India dari Myanmar bisa asal menghubungi kementrian turism Myanmar dan Foreign Registration Office India untuk meminta permit dan pengawalan, karena daerah perbatasan India (Manipur)- Myanmar adalah daerah rawan
  • Di singapore masjid yg pernah saya kunjungi hanya masjid KBRI dan masjid Al-Falah di Orchard
  • Di Bangkok saya pernah mengunjungi masjid di daerah pasar di samping Robinson Mall di dekat stasiun BTS Sapan Taksin, dan juga masjid Darul Aman di Jalan Petchaburi. Ada bbrp rumah makan muslim di dekat masjid Darul Aman. Dan juga ada restoran muslim yg bernama Usman Thai Food, letaknya persis di samping Imperial Queen Park Hotel, dekat stasiun BTS Phrom Pong.
  • Di Turki sepertinya standar seperti yg direkomendasikan orang-orang, yaitu Hagia Sophia, Topkapi, Dolmabahce, Spice Bazaar, Old Bazaar, Selat Bosphorus, Taksim Square, Istiqlal Street, dan Sultan Ahmed Mosque.

–          Saran:

  • Skip Myanmar dan mengganti rute jalan darat menjadi :
    • SIngapore-Malaysia-Thailand-Laos-China-Pakistan-Iran-Turkey-Syria-Jordan-Egypt atau
    • Singapore-Malaysia-Thailand-Laos-China-Tibet-Nepal-India-Pakistan-Iran-dll-Egypt
  • Alternatif lain yang juga bisa diambil meski lebih mahal dan lebih rumit prosedur visanya adalah melalui Asia Tengah melewati negara2 stan sebelum masuk ke Iran melalui Turkmenistan.
  • jalur darat cina nepal akan melewati jalur legendaris Tibet-Nepal Highway , jalur legendaris karena di tepi kita akan melewati Everest, Gunung tertinggi di dunia. sementara jalur darat China Pakistan akan melewati Karakorum Highway, jalan tertinggi di dunia.  2-2nya spektakuler dan merupakan mimpi para backpacker, bisa dibilang 2 jalur ini adalah jalan menuju “Mecca” nya para backpacker, surga dunia Tibetan dan Gilgit Baltistan (Little Tibet)
  • Kemudian yang harus dicermati adalah untuk passport Indonesia biasa cukup sulit meminta visa2 timur tengah (Iran,Syria,Turki,Libanon) di negara ke 3 (negara yang dilewati sewaktu overland), biasa mengharuskan kita mengapply di negara sendiri , sementara jika mengapply di Indonesia, sebelum sampai kesana dengan jalan darat bisa jadi visa sudah expired karena visa harus dipakai sebulan setelah diisue
  • Untuk Israel apalagi, rasanya hampir tidak mungkin mendapat visa on arrival atau visa jalan darat kecuali ikut tur ziarah (lewat travel agent) karena Indonesia tidak ada hubungan diplomatis.
  • Untuk Arab Saudi, seingat saya juga tidak ada visa jalan darat kecuali visa transit yang hanya diberikan 3 hari dengan menunjukkan visa negara selepas transit.
  • untuk pengurusan visa, setahu saya katanya sih begitu visa itu didapatkan, sebaiknya segera digunakan atau masa berlakunya keburu habis,  tapi akan lebih baik datangi aja kedutaannya sekalian tanya-tanya. dan yang penting sudah mulai browse mengenai transport, tiket, dan penginapan di tiap negara, dan kalau yg sudah bisa book online tanpa uang muka, langsung book saja. karena biasanya untuk persyaratan visa itu (yg ngurusnya di kedutaan negara ybs di jakarta), butuh itinerary dan bukti pemesanan penginapan, kadang malah harus ada tiket transport keluar dr negaranya.
  • oh ya, untuk kenalan di masing2 negara, coba saja gabung di http://www.couchsurfing.org, di situ tiap negara ada host-host yang siap membantu di sana. tp berbeda-beda tiap host, mulai dari yg bisa menampung menginap sampai yg hanya sekedar ketemuan untuk ngopi-ngopi.

–          Passport Indonesia yang bisa mendapat visa on arrival :

  • Singapore (Free Visa – ASEAN)
  • Malaysia (Free Visa – ASEAN)
  • Thailand (Free Visa – ASEAN)
  • Laos (Free Visa – ASEAN)
  • Nepal,
  • Iran,
  • Jordania
Advertisements

3 comments on “info terbaru dari indobackpacker untuk backpacking ke mekkah

  1. musaddad
    August 20, 2010

    thanks informasinya bro,,..
    Selamat keliling dunia..

  2. husein
    August 20, 2010

    Aslkm. Wr. Wb

    salam kenal,

    saya berencana travelling ke 4 negara di mulai dari turki, syria, jordan dan arab saudi. untuk masuk turki,syiria,dan jordan kayaknya g masalah krn beberapa info yg aku dapat dari internet maupun langsung dr kedubesnya kayaknya g masalah. tetapi untuk saudi sepertinya sulit jika apply individu ke kedubes saudi di jakarta,krn visa hanya diberikan kpd agen biro perjalanan yg telah ditunjuk, padahal aku mau masuk saudi bukan dr indonesia tetapi dr jordan setelah sebelumnya dr syiria dan turkey. pertanyaanya, bisa g aku apply visa saudi dari 3 negara tersebut. klo bisa mohon penjelasan bagaimana caranya.
    terimakasih infonya

    wassalam,

  3. siti nadroh
    October 19, 2010

    Assalamu’alikum…
    Salam kenal…
    Saya minta info dan sharing pengalaman perjalanan anda, kebetulan saya ada rencana ke Turki–Izmir menengok putri saya yg kuliah di sana sekitar bulan Januari. Rencananya dari Turki (Izmir) saya ingin mengajaknya umrah. Kira2 memungkinkan? dan bgm mengurusnya jika saya melakukan perjalanan sendiri dari Indonesia.
    Terimakasih atas bantuannya.

    Wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 23, 2010 by in Aku dan Diri, Islam dan Dakwah, perjalanan Qur'an.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,227,333 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: