Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

ambon manisee – keindahan beragama


struktur masyarakat kota ambon yang cukup berimbang antara masyarakat muslim dan nasrani membentuk sebuah akulturasi budaya tersendiri dalam tatanan bermasyarakat di Kota Ambon. fakta sejarah juga menunjukkan bahwa kedua agama ini sudah berkembang sangat lama di negeri kepulauan ini. dan bukti sejarah yang membuat sebuah tatanan masyarakat dengan keindahan toleransi beragama pun juga dapat dilihat dalam bentuk bangunan dan komunitas yang terbentuk darinya.

dalam perjalanan di kota ambon, saya berkesempatan mengunjungi dua desa dengan latar belakang agama yang berbeda, desa shoya dengan latar belakang nasrani dan desa hila hito dengan latar belakang Islamnya. memang saya tidak berinteraksi langsung dengan tokoh masyarakat di Kota Ambon, akan tetapi saya mencoba merasakan kisah masa lalu dibalik dua desa ini.

gereja soya, mereka menyebutnya seperti itu, gereja yang sudah dibangun sejak zaman penjajahan belanda ini masih berdiri tegak di atas tanah desa soya yang berada di atas bukit. gereja ini tampaknya hanya digunakan saat kegiatan ibadah saja sehingga sehari-hari gereja ini ditutup dan tidak memungkinan pengunjung untuk masuk ke dalam. seperti yang tampak dalam foto, gereja ini sangatlah berdesain gaya belanda. sangat eropa.

desa hila hito di balik gunung ambon adalah desa yang berbasiskan Islam, desa ini menghadap ke laut lepas yang membuat arus ombak lebih besar dan desa ini benar-benar desa pelaut. di desa ini terdapat sebuah masjid (yang saya lupa namanya), henawa kalau tidak salah CMIIW. perjalanan ke balik gunung untuk menikmati indahnya desa hila hito membutuhkan waktu hingga 40 menit dengan motor. tetapi sebagai seorang pencari inspirasi, tentu waktu tersebut tidaklah sia-sia

situs sejarah islam yang juga terletak di pusat kota adalah masjid annuur dan masjid al fath. kedua masjid ini berdampingan dan sudah dibangun sejak lama.

Advertisements

One comment on “ambon manisee – keindahan beragama

  1. Rina As
    June 1, 2011

    Sebuah pengalaman yang menarik…
    terima kasih atas sharingnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 10, 2010 by in Uncategorized.

Twitter @udayusuf

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,216,507 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: