bismillah … Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum


Sudah lebih satu dekade pasca reformasi digulirkan pada tahun 1998, dari saat itu sudah banyak sekali ekskalasi gerakan yang dituangkan oleh mahasiswa untuk menegakkan kembali supremasi hukum dan ekonomi di Negeri ini. Pemimpin republik silih berganti begitu pula pemimpin mahasiswa yang sangat deras mengalir. Berbagai cara dan metode gerakan telah terekspresikan oleh mahasiswa yang kini berada pada titik krusial dari perannya.

Mahasiswa kini tidak lagi serta merta menjadi kelompok intelektual yang terbatas, karena sudah semakin banyak LSM yang mampu melakukan gerakannya dengan berbasis data dan fakta yang akurat. Mahasiswa pun tiada lagi menjadi satu-satunya kelompok middle class yang bisa menyuarakan aspirasi rakyat, karena kini rakyat sudah bisa mengekspresikan kritikan dan keinginannya kepada pemerintah. Mahasiswa tak pelak mengalami krisis kepercayaan dari masyarakat sebagai guardian of value karena banyak yang memanfaatkan idealisme mahasiswa untuk kepentingan politik praktis.

Tantangan besar bagi mahasiswa akan segera menghadang. Dimana mahasiswa harus dapat menemukan identitas yang sesuai dan tepat dengan kondisi zamannya saat ini. Mahasiswa tetap harus mengedepankan keberanan ilmiah dan idealisme dalam melakukan segala aktivitasnya. Disinilah mahasiswa di uji, apakah benar mereka melakukan gerakan vertikal dengan berbasiskan politik nilai ataukah sudah ada perubahan pada orientasi gerakan mahasiswa.

Menyeimbangkan antara gerakan vertikal yang lebih dikenal dengan gerakan advokasi kebijakan publik atau sosial politik dengan gerakan horizontal yang lebih dikenal dengan gerakan pengembangan masyarakat perlu untuk diperhatikan dengan dipertimbangkan dengan bijak.

Rangkaian tulisan ini akan mencoba menginspirasikan para mahasiswa untuk dapat mengoptimalkan potensi kebaikannya agar bermanfaat bagi masyarakat. Karena kita mahasiswa akan bergerak secara harmonis untuk merangkai senyum Indonesia.

Ridwansyah Yusuf Achmad mempersembahkan MARI KITA BUAT INDONESIA TERSENYUM

Achmad, Ridwansyah Yusuf. Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum. Ideasphere Books. Bandung :2011

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s