Inovasi dan Gerakan Mahasiswa


Dunia akademik yang mana perguruan tinggi berada di dalamnya dikenal luas sebagai penyedia dan pemakai knowledge serta tempat terjadinya proses difusi dan inovasi. Sebuah negara yang maju selalu memiliki sebuah perguruan tinggi ternama yang menjadi centre of knowledge atau bahkan centre of civilization. Sebutlah Amerika Serikat dengan MIT dan Jepang dengan Tokyo University, dua negara ini menjadi bukti bahwa perguruan tinggi memainkan peranan yang besar dalam perkembangan sebuah negara. Dalam kontek yang lebih kecil dari negara, sebutlah sebuah perusahaan multinasional. Mereka selalu menginvestasi besar-besaran dana untuk research and development. Dari hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan mereka berusaha bersaing dengan perusahaan lain untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumen.

Apa yang dilakukan oleh negara maupun perusahaan adalah sebuah proses perubahan atau perbaikan, sebuah continues improvement yang membuat negara maupun perusahaan ini selalu berusaha menjadi terdepan. Untuk mewujudkan sebuah keberlanjutan diperlukan kemampuan inovasi yang besar. Inovasi melahirkan solusi atas permasalahan, inovasi juga menstimulus adanya perbaikan kondisi masyarakat, inovasi mendorong sebuah kelompok selangkah lebih maju, dan inovasi dapat membuat sebuah kelompok  dapat menjadi leader atas perubahan yang terjadi, atau dengan kata lain inovasi memberikan kemampuan adaptasi yang baik.

Gerakan mahasiswa pun tidak bisa terlepas dari inovasi. Inovasi dalam gerakan mahasiswa memberikan sebuah refreshment baik untuk kalangan mahasiswa maupun masyarakat yang bisa jadi jenuh melihat gerakan mahasiswa yang monoton. Mesti diakui, pola gerakan aksi turun ke jalan tanpa adanya diversifikasi gerakan lain membuat masyarakat mengenal mahasiswa sebagai “sekelompok anak muda yang suka membuat macet jalan saat beraksi di jalan”. Untuk itu diperlukan adanya inovasi gerakan yang tetap berlandaskan kebenaran ilmiah untuk memberikan sudut pandang dan citra gerakan mahasiswa yang diterima oleh masyarakat.

Walau memang gerakan ekstraparlementer yang kerap dilakukan masih menjadi salah satu ke-khasan mahasiswa hingga kini. Namun demikian, mahasiswa tidak bisa serta merta hanya mengandalkan pola gerakan ini saja. Bentuk ekspresi gerakan politik nilai sejatinya bisa dilakukan dalam berbagai bentuk atau metode. Tergantung bagaimana mahasiswa mau berpikir dan mengembangkan inovasi gerak yang bisa merangkul banyak massa, mendapat simpati masyarakat dan sesuai dengan tujuan gerakan yang dilakukan.

Inovasi bisa lahir melalui proses perenungan, diskursus, dialekta, evaluasi gerakan, serta perencanaan kebutuhan gerakan di masa datang. Proses inovasi gerakan di masa mendatang menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh aktivis mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan untuk dijawab segera. Bila tidak, cepat atau lambat, gerakan mahasiswa akan terkubur –setidaknya secara citra media- oleh gerakan non mahasiswa , seperti buruh dan masyarakat –yang kini sudah bisa menyuarakan sendiri aspirasinya.

Bentuk bentuk inovasi gerakan mahasiswa bisa sangat variatif, baik dari pola gerak keprofesian, entrepreneurship, community development, pargelaran budaya dan seni atau konferensi mahasiswa. Apapun bentuknya inovasi gerakan ini akan memberikan sebuah citra baru yang diharapkan lebih positif –daripada sekedar pembuat kemacetan- bagi gerakan mahasiswa. Tantangan kedepan adalah bagaimana gerakan mahasiswa bisa dinilai solutif oleh masyarakat dan dirasakan keberadaan mahasiswa oleh masyarakat. Bila kedua hal tersebut dapat dipenuhi, maka gerakan advokasi kebijakan publik yang dilakukan mahasiswa dapat lebih mendapat dukungan dari masyarakat.

 

cooming soon on

Achmad. Ridwansyah Yusuf. Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum. Ideasphere Books. Bandung : 2011

Advertisements

1 Comment

  1. Saya rasa, salah satu sebabnya adalah adanya nilai-nilai yang tertanam sejak dulu bahwa gerakan mahasiswa yaa harus seperti itu. Banyak dari kita yang tidak siap dengan perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s