Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Pemuda, Perubahan, dan Negara … #IYCS


berhubung tampaknya hujan menghalangi saya untuk mengikuti closing dinner bersama @IDChangemakers #IYCS , saya akan sedikit berbagi aja ya

tema malam ini adlh tentang pemuda dan negara,di dedikasikan khusus utk pemuda Indonesia.buat pemuda yg merindukan kemandirian negeri #iycs

sebagai pemuda sering kiranya kita berdiskusi tentang apa itu peran pemuda dan bagaimana pemuda seharusnya. ini, itu apa dan sbgnya. #iycs

pemuda harus ini itu dengan segala keindahan peran lainnya. seakan pemuda itu seperti pahlawan masa depan yg pasti membuat perubahan. #iycs

tapi memang seperti itulah pemuda,memiliki kemampuan berkembang dan megembangkan orang lain dgn cara yg sangat luar biasa. tak terduga #iycs

siapa yg akan menyangka ada pemuda yg bisa membuat gerakan lingkungan, budaya, miko-ekonomi, sosial yg dampaknya besar dan membesar. #iycs

pemuda memiliki karakter kreasi dan inovasi. haus akan hal baru dan terus mencari formula baru yang dapat dibuat.kuno adalah hal tabu. #iycs

kemampuan pemuda utk menemukan hal baru inilah yg membuat pemuda seakan-akan terus bergulir dgn ide besar utk menyelesaikan tantangan #iycs

satu pemuda idealis dan seratus birokrat sepuh. saya pilih pemuda. menjanjikan terobosan yang mendobrak kebuntuan republik ini #iycs

pemuda dikenal sebagai sosok yg senang membuka teman baru, berkolaborasi, dan bekerjasama. membagi nilai positif dan potensi kebaikan. #iycs

satu pemuda bergerak saja,bumi sudah bergetar. apalagi beberapa pemuda yg punya potensi berkolaborasi menyelesaikan tantangan bangsa ? #iycs

pemuda gemar berteman, cari kawan baru, dan akrabkan diri dgn lawan. shg semua menjadi kawan. semangat perubahan bersama. #iycs

1 pemuda duduk sebuah ide lahir, 2 pemuda duduk bersama sebuah gerakan terbangun,3 pemuda duduk bersama sebuah peradaban berputar #iycs

apakah saya berlebihan memuja pemuda?saya rasa tdk,saya sering menemui pemuda hebat yg karyanya tak bisa diekspresikan dlm 140 karakter #iycs

pemuda dikenal sebagai seorang yg tak mengenal jenuh dan selalu haus akan peubahan. tak salah bila pembaharu atau agen perubahan. #iycs

ada masalah, pemuda gelisah&selalu ingin berbuat.ada kendala, pemuda selalu datang sbg solusi.pemuda oh pemuda.betapa kerennya dirimu #iycs

pemuda dikenal sbg sosok yg selalu mencari ilmu,bukan sekedar mengisi transkrip dgn nilai A atau B.tetapi hakekat ilmu itu sendiri #Iycs

soekarno muda, hatta muda, sjahrir muda, ketika muda, mereka belajar dan selalu belajar. tak ada kata lemah dalam mencari ilmu. #iycs

bila dibuat daftar, kita tdk akan pernah kehabisan ttg kisah sukses pemuda yg telah berhasil membuat perubahan di berbagai hal #iycs

pertanyaan saya muncul,gelisah,dan resah.masihkan keindahan kehebatan pemuda ini masih ada dan melekat pd diri kita -pemuda- saat ini? #iycs

masihkah pemuda yg belajar hukum bergerak scr pro-bono utk menjadi solusi ketidakadilan yg diderita rakyat negeri ini ? #iycs

masih pemuda yg belajar ekonomi membangun upaya usaha kecil utk berkembang?mendorong lapangan kerja baru di masyarakat #iycs

masihkan pemuda yg belajar kedokteran bersedia utk ditempatkan di puskesmas terpencil. membantu masyarakat agar sehat. #iycs

masihkan pemuda yg belajar ilmu politik menuangkan ide politiknya utk kebaikan negara. menjadi negarawan muda bagi nusantara . #iycs

masihkah pemuda yg belajar teknik berpikir ttg teknologi utk rakyat. inovasi kesejahteraan, dan difusi ide untuk pembangunan. #iycs

masihkah pemuda yg belajar bisnis berpikir utk membangun bisnis utk kelas bawah dan masyarakat lemah ekonomi ? #iycs

masihkah pemuda yg belajar seni menciptakan karya yg membuat rakyat bahagia dan tenang karenanya ? #iycs

terlalu banyak “masihkah” dan “masihkah” lainnya. mungkin kamu gelisah. saya juga gelisah dan terus bertanya, “masihkah”, .. #iycs

saya selalu percaya bahwa pemuda selalu seindah apa yg telah dituliskan sejarah. saya percaya sejarah selalu berulang. #iycs

begitu juga saya selalu percaya bahwa keindahan karakter pemuda selalu berulang di setiap zamannya. saya percaya itu blm hilang. #iycs

dan saya selalu yakin bahwa kelahiran pemuda hadir utk menjawab tantangan republik ini dan bahkan dunia. dunia selalu rindu pemuda #iycs

atau bisa jadi, dunia ini masih ada hingga kini karena masih ada pemuda yg melakukan perbaikan, restorasi, perubahan, pembaharu. #iycs

kalau kamu merasa pemuda. saya ingin mendengar, apa yg akan kamu berikan utk negara kamu ?untuk dunia ?apa sahabat, kamu pemuda kan ? #iycs

malam ini dan hari hari lainnya,saya selalu ingin mengajak pemuda Indonesia.sudahkah kamu hadir utk perbaikan bangsa,negara,dan dunia? #iycs

pemuda, dari bangku kuliah ke bangku istana. bukan ttg jabatan di bangkunya. tapi ttg lebih besarnya peran yg diemban. #iycs

peran pemuda yg tiada habisnya selalu mjd menarik utk dilihat.pemuda seperti apa yg akan lahir besok dan lusa?dia kah sang pembaharu ? #iycs

beban pemuda kini lebih berat.ia tidak hanya perlu meyakinkan sesama pemuda.tetapi jg meyakinkan mereka yg sepuh & layak dipensiunkan #iycs

pemuda seperti apa yg di butuhkan negeri saat ini, saya akan bicara dlm konteks republik Indonesia. pemuda hadir utk perbaikan negara #iycs

Indonesia negara yg luas. sabang sampai merauke. pemuda perlu selalu memiliki pemahaman kewilayahan Indonesia yg komprehensif. #iycs

negeri ini bukan cuma jawa. bukan hanya jakarta. perubahan bisa dilakukan sepanjang garis batas nusantara. lihatlah Indonesia. #iycs

masih banyak rakyat negeri ini yg bahkan tidak pernah merasakan nikmatnya bangku sekolah.berikan kpd mereka hak utk mandi ilmu #iycs

urusan Indonesia bukan cuma urusan pemerintah. negeri carut marut ini memang mengenaskan. tetapi pemuda tak boleh bergantung dan manja #iycs

sejarah membuktikan kekuatan social-mover/community developer yg biasanya di gagas pemuda punya peran penting dlm kesejahteraan negeri #iycs

kita disini,di dunia bukan utk sejahterakan diri.tetapi tuk sejahterakan org lain.menjadi pemuda artinya menjadi katalis kesejahteraan #iycs

ketika banyak org menulis sejarah, pemuda perlu memastikan dirinya dicatat oleh sejarah. apakah dirimu sdh dlm sejarah negeri ? #iycs

pemuda bukanlah pencatat sejarah, tetapi sejarah lah yg selalu mencatat kecemerlangan kerja keras perubahan yg pemuda lakukan #iycs

pemuda tidak mengharapkan jabatan, ia hanya ingin kebermanfaatan. pemuda tidak haus uang, ia hanya ingin keadilan sosial. #iycs

pemuda tidak butuh dunia, tetapi dunia yg membutuhkan pemuda. pemuda yg selalu berorientasi perbaikan peradaban. #iycs

pemuda Indonesia, pemuda yg memiliki kearifan lokal, kearifan nusantara. ia bergerak dlm lingkup global, dgn nilai luhur yg kokoh #iycs

daya jangkau global, dgn nilai luhur lokal. global understanding, local wisdom. ah. pemuda Indonesia, menjadi bagian dr pemuda dunia #iycs

pemuda Indonesia berdaya saing global. kuasai kompetensi kuasai komunikasi. dan punya harga diri. #iycs

kini bkn saatnya lg kita belajar ke barat.saatnya barat belajar ke kita. ilmu di barat sdh mulai membasi.khazanah kita kini tlh matang #iycs

orang bule atau apapun istilahnya blm tentu lebih baik dr kita. kita hanya minder wahai pemuda. jgn jd penonton di forum internasional #iycs

kamu bisa apa ? bawa itu ke tingkat global. jd lah duta negeri ini. dan katakan dgn lantang “KAMI DARI INDONESIA”. buat mereka takjub #iycs

takjub bukan hanya dgn kata-kata lantang. tetapi terkesima dgn karya dan dampak perubahan yg telah di torehkan. #iycs

Pemuda-kompetensi-karya-kearifan lokal-daya saing-global-peradaban. yah itulah kira-kira intisari kita malam ini. selamat berbagi 😉 #iycs

Advertisements

5 comments on “Pemuda, Perubahan, dan Negara … #IYCS

  1. Yudha Yuliardi
    February 12, 2012

    Sangat inspiratif…

  2. !dan
    February 12, 2012

    Boleh Share kan da?

  3. vidi
    February 13, 2012

    karakter pemuda pastinya akan sama dg karakter zaman. kalau pemuda saat ini sama karakter dg pemuda dahulu, nanti gak kiamat2 dan cup haha.eh tapi asik jg tuh diteliti, seberapa persen pengaruh kerusakan zaman ini karena rusaknya pemuda?masalahnya, yg bikin rusak itu kan bkn hanya yg muda2 aja…bs jd yg muda itu diajari bpk/ibunya. trus klo udah rusak bgt,mendingan ntr pemuda yg baik, tidur aja di gua sampe dibangunin sama Allah swt.,kyk di alkahfi itu..haha..mending molor drpd teler

  4. kalikisantan
    February 17, 2012

    bagus tapi bacanya ga sampe selesai karna pake format Kultwit… hehehe… jadi sakit mata… ^_^ kayaknya saya harus ganti kacamata lagi.. 🙂

    semangat terus uda yusuf.. ^_^ semoga selalu menjadi inspirasi

  5. Pingback: Pemuda, Perubahan, dan Negara … #IYCS | bingkai hidup ridwansyah « ramsiju

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 12, 2012 by in Sahabat Kampus ITB, Sosial dan Politik.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,226,690 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: