Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Resensi Buku Inspiratia Flava


Judul buku: Inspiratia Flava:Cita Rasa Kampus Madani

Penulis: Ridwansyah Yusuf Achmad

Penerbit: Ideasphere Books

Tahun: 2012

ISBN: 978-602-98036-2-4

Tebal: 315 halaman

Adakah yang pernah coba membahas dakwah kampus dari semua lini melingkupi dakwah da’wiy, siyasi, ilmiy, dan komunitas? Lalu bagaimana cara inspiratif merekayasa dakwah kampus yang komprehensif?  Ridwansyah Yusuf Achmad, seorang praktisi dakwah kampus, dengan buku Inspiratia Flava: Cita Rasa Kampus Madani, hadir untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Inspiratia Flava membahas tuntas mulai dari bagaimana seorang da’i dituntut untuk memiliki keteladanan sosial dan pengaruh positif bagi komunitasnya. Bagaimana membangun organisasi dakwah yang progresif, yakni yang direncanakan dengan komprehensif, jangka panjang, serta terukur. Hingga bagaimana mengembangkan akses dan memiliki jejaring seluas mungkin serta adaptif terhadap perubahan dunia.

Dakwah tentu adalah syiar. Karena syiar diibaratkan seperti memberi obat, Inspiratia Flava pun membantu memberi resep khusus kepada tiap-tiap objek dakwah yang ada dalam rangka menciptakan syiar yang harmonis, serta menerangkan cara mengembangkan sebuah kurikulum pembinaan berkelanjutan yang mampu menjadikan seorang da’i menjadi inspirator global. Tak hanya itu, buku ini juga mengupas strategi membangun lingkungan yang islami dengan kepemimpinan di organisasi kemahasiswaan sebagai manuver politik dakwah kampus dan melatih kapasitas kepemimpinan kader dakwah di tingkat nasional. Dalam lini keilmuan dan profesi juga dibahas kiat memanfaatkan keteladanan akademik sebagai strategi dakwah di kampus serta kiat-kiat meningkatkan kapasitas tersebut untuk mendorong daya saing dunia islam di masa depan. Singkatnya, buku ini secara deskriptif menjelaskan bagaimana cita rasa semangat kampus madani yang ingin ditularkan pada seluruh kampus di Indonesia.

Dengan penjelasan yang rinci dilengkapi dengan studi kasus, buku ini sangat aplikatif. Sebagai panduan terlengkap dakwah kampus saat ini, Inspiratia Flava juga menyuguhkan pendekatan inovatif dalam pengelolaan dakwah kampus dengan menyesuaikan terhadap tantangan dakwah kampus masa kini dan masa depan.  Dilengkapi dengan design buku yang menarik, diagram pendukung, serta tipe huruf yang ergonomis untuk pembaca, menjadi nilai tambah tersendiri dari buku ini.

Maka, untuk sebuah gagasan terkini mengenai pengelolaan dakwah kampus, rugi rasanya jika tidak membaca tuntas Inspiratia Flava. Selamat mencicipi cita rasa kampus madani!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 19, 2012 by in Dakwah Kampus, Islam dan Dakwah.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,226,691 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: