Teaser #bukankacamatakuda


Penulis : Ridwansyah Yusuf Achmad (@udayusuf)

Ilustrator : Adika Titut Triyugo (crazydylus)

Segmentasi Buku : Remaja (SMA)

Penerbit : masih mencari (hehe)

 

Buku #bukankacamatakuda adalah sebuah buku yang bertujuan untuk membuka mata dan cara berpikir anak muda Indonesia dalam mencari #panggilanjiwa (passion), menentukan arah hidup, dan merencanakan jalan yang akan ditempuh. Buku ini didedikasikan untuk remaja SMA yang tengah “galau” akan pilihan hidupnya yang selama ini sangat tergantung dengan informasi yang didapat di bimbingan belajar dan “sedikit-banyak” desakan orang tua.

Melalui buku ini Ridwansyah Yusuf Achmad mencoba mengajak remaja SMA di Indonesia untuk dapat menentukan pilihan hidup sesuai dengan potensi dirinya. Dimulai dari memilih antara IPA dan IPS, lalu dilanjutkan dalam memilih kampus yang cocok dan akhirnya menjadi pribadi yang bermanfaat.

Buku ini terdiri dari 7 bab, yakni : #prinsipkuda, #maknasekolah, #bukamata, #panggilanjiwa, #bangunmimpi, #siapterbang, dan #bermanfaat.

#prinsipkuda banyak mengupas tentang perbedaan kuda liar dan kuda peliharaan sebagai analogi awal perbedaan manusia yang bergerak bebas sesuai dgn minatnya dengan manusia yang hanya kaku dengan satu cara pandang, tidak ingin berubah, dan enggan going extra miles dalam menggapai mimpi. Ini adalah bab pembuka untuk memberikan gambaran awal ttg “kacamatakuda”

#maknasekolah mengajak anak muda Indonesia untuk memaknai sekolah dengan baik. Menjadikan sekolah tempat bermain yang menyenangkan, taman ilmu dan tempat potensi berkembang. Di sekolahlah kita mencari ilmu dengan cara yang berbeda, menemukan teman terbaik, dan merencanakan hidup dengan baik.

#bukamata banyak mengupas tentang berbagai pilihan-pilihan yang bisa ditempuh dalam menjalani masa SMA dan juag persiapan kuliah, penulis mencoba memberikan banyak contoh tentang pilihan kuliah termasuk juga tentang kaitan antara passion dan pilihan kuliah. Di bagian ini banyak data dan fakta (dan juga mematahkan mitos) menarik tentang SMA , dan pilihan jurusan beserta kampus.

#panggilanjiwa adalah bagian yang mengajak pembaca untuk banyak mendalami passionnya, jujur pada diri, lihat apa yang disenangi oleh dirinya, apa minatnya, dimana dirinya melakukan sesuatu dengan baik, dan merencanakan jurusan dan profesi yang sesuai dengan passionya. Ini merupakan bagian penting dari buku ini yang memiliki semangat agar semakin banyak anak muda yang jujur dengan #panggilanjiwa nya

#bangunmimpi adalah bab yang memandu pembaca untuk merencanakan mimpi. Ada 2 pendekatan teknis yang dikenalkan yaitu kaidah 5cm dan konsep dreamboard serta 1 pendekatan kebatinan, yakni dengan doa.

#siapterbang berisikan tips tips kehidupan seperti memilih sahabat, menyiapkan pijakan hidup, menguatkan mimpi, memilih lingkungan yang kondusif, dan dorongan untuk melompat lebih tinggi.

#bermanfaat berisikan contoh contoh sukses dari orang-orang yg telah berhasil jujur akan #panggilanjiwa nya. Beberapa nama yang cukup dikenal luas ditampilkan di bagian ini dan banyak berisikan kontemplasi dan refleksi bagi pembaca.

Ketujuh bab ini dilengkapi dengan ilustrasi yang mendukung serta bahasa yang sangat menarik untuk pembaca remaja. Melalui buku ini diharapkan semakin banyak anak muda yang bisa berkembang cepat, melompat lebih tinggi, berlari lebih kencang dan terbang mengangkasa memberikan manfaat bagi banyak orang.

Apa #panggilanjiwa kamu kawan ? J

Advertisements

4 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s