Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

temukan pasangan hidupmu melalui #taaruf


1. bismillah 🙂 sahabat semua, salah satu pola yang diperkenalkan oleh banyak orang untuk mengenal calon pasangan hidup sering disebut dengan #taaruf

2. tujuan dari #taaruf adalah mengenal calon pasangan kita dengan cara yang sesuai dengan ajaran Islam. Tidak berlebihan dalam “perkenalan”

3. Islam mewajibkan kita mengenal calon pasangan kita. agar tidak seperti membeli kucing dalam karung. Maka mekanisme #taaruf ini lahir

4. ada dua calon pasangan bertemu dengan seorang atau lebih muhrim yang menemani proses saling mengenalnya. Menjaga diri dari setan #taaruf

5. kamu suka seseorang itu fitrah, itulah manusia. Maka halal saja rasa suka kamu dalam cinta yang suci. Maka mulailah dengan #taaruf yang baik

6. ada yang mempercayakan proses #taaruf nya kepada orang tuanya. Menjadikan orang tua sebagai mediator untuk saling mengenal calon pasangan

7. ada yang menjadikan guru ngaji atau seorang yang dianggap berilmu sebagai mediator #taaruf sebagai muhrim pendamping atas proses perkenalannya

8. siapapun mediator #taaruf kamu prinsipnya ga masalah. Asal jangan pacaran dan kemana mana berdua ga jelas. Mudah tergoda setan kawan

9. langkah pertama #taaruf adalah tentunya menguatkan niat diri. Kuatkan tekad kamu untuk menikah. Kadikan menikah sebagai ibadah

10. nikah itu adalah proses untuk menguatkan diri dan mendekatkan diri pada Allah. Bukan sekedar media memfasilitasi nafsu dunia. #taaruf

11. istri cantik atau suami ganteng itu nikmatnya cuma sesaat. Paling seminggu juga udah selesai. Cari yang imannya kuat dan menguatkan. #taaruf

12. ini bukan tentang istri sepintar sri mulyani, seheroik kartini atau secantik song hye gyo. tapi ini tentang cinta sejati. seumur hidup. #taaruf

13. sahabat, saya ulangi. suka dengan seseorang itu wajar. Tapi jangan biarkan setan memainkan perasaan kamu dan mengiring kamu ke maksiat #taaruf


14. niat itu dimulai dengan benar dan dijalani dengan benar. Tidak cukup hanya awalan yang benar. Kelanjutannya juga perlu benar. #taaruf

15. menikah itu menyempurkan agama. Ketika sudah menikah banyak bentuk ibadah baru yang bisa kamu jalani. Senyum ke istri aja ibadah. #taaruf

16. menikah itu menjaga diri dari maksiat. menjaga mata, telinga, tangan, dan hati dari perbuatan kotor. Membuat hidup lebih berkah. #taaruf

17. kamu sering lihat orang abis nikah makin segar?? itu karena hidupnya sudah penuh ibadah. Cahaya Allah menemani hidupnya. #taaruf

18. dengan menikah, langkah kita ada yang menguatkan, visi kita ada yang menemani, khilaf kita ada yang menutupi. Jaga diri dari dosa. #taaruf

19. bagaimana melihat niat kamu sudah siap atau belum?? cek diri kamu. Masih adakah keraguan dan kekhawatiran untuk menikah. #taaruf

20. jangan takut rejeki kurang atau lainnya. Allah memuliakan mereka yang akan menikah. Jadi jangan takut sulit hidupmu. #taaruf

21. setelah niat sudah kuat, kamu punya pilihan. Mau mempasrahkan diri dicarikan pasangan hidup. Atau ada kecenderungan kepada seseorang. #taaruf

22. kalau kamu belum punya pilihan, minta teman, guru, orang tua yang kamu percaya. minta mereka carikan yang sesuai dengan kriteriamu #taaruf

23. mengutip kata mas @pidiwinata : pria bebas memilih, tetapi wanita bebas menolak, hehe.. #taaruf

24. lah kok percayakan sama orang lain??tenang, ga sepenuhnya percaya, kan nanti ada proses kenalannya 🙂 ga beli kucing dalam karung kok. #taaruf

25. atau kamu sudah punya pilihan. Yah tanya tentang dirinya via teman atau adik atau guru ngaji kamu. Jadikan mereka mediator #taaruf

26. dulu saya cari tau tentang istri saya pertama kali dari adik saya yang seangkatan dengan doi. Jadilah adik perempuan saya ini mata-mata, haha #taaruf

27. jadilah saya dapat beberapa informasi awal tentang calon istri saya saat itu. hasilnya?? makin ngebet nikah, hahaha ^^ bismillah #taaruf

28. proses #taaruf biasanya di rumah atau di tempat makan. Yang nyaman saja. siapkan proposal hidup dan beberapa pertanyaan yang kamu ingin tau

29. proposal hidup itu ya seperti CV tapi termasuk rencana kedepan. Dulu saya juga bikin. 5 halaman aja banyaknya. #taaruf

30. dulu sih saya lebih banyak bikin rencana masa depan. Apa mimpi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. #taaruf

31. saya sampaikan ke guru ngaji saya “bos, saya mau nikah,” kata bos saya “mau sama siapa ente,” yah gw sebutlah namanya, haha #taaruf

32. berapa lama kemudian bos saya bilang “wah saingan ente banyak ya??” trus saya bilang, “jadi presiden aja bisa, masa yang ini ga bisa” #taaruf

33. tapi percayalah sahabat, meyakinkan hati wanita lebih sulit ketimbang meyakinkan 4000 orang untuk memilih saya sebagai presiden mahasiswa #taaruf

34. akhirnya kami menjalani proses #taaruf di rumah guru ngaji saya, ada guru ngaji saya dan istrinya beserta guru ngaji istri saya #taaruf

35. pesan guru ngaji saya pagi itu via sms adalah “suf, jangan pakai jeans, pakai baju koko putih aja biar keliatan soleh” #taaruf

36. lalu terjadi proses saling mengenal tersebut. Banyak lah pertanyaan yang saling kita tanyakan. Terutama tentang prinsip hidup #taaruf

37. istri saya nanya beberapa hal yang mendetail.mungkin karena secara umum udah kenal. Kan gini gini saya pernah jadi presiden mahasiswa hehe #taaruf

38. pertanyaan terakhir dari istri saya “apakah pandangan kamu tentang poligami dan apakah kamu akan poligami??” jreng jreng.. hahah dalem #taaruf

39. saya jawab aja kalau poligami itu boleh. tapi saya ga berniat untuk poligami. Tapi muka dia ga berkutik. Datar aja. Jadi makin tegang #taaruf

40. ga lama setelahnya, guru ngaji saya bilang “bos, si doi udah oke tuh,” hehe alhamdulillah. Setelah itu mulailah #taaruf keluarga

41. setelah itu kita kenalan keluarga, saya juga mencoba menggali karakter calon istri dari interaksi beliau ke ortu saya #taaruf

42. setelah seharian istri saya saat itu di ajak jalan-jalan sama mama saya. Mama bilang begini “anak mama pinter ya cari mantu” hehe #taaruf

43. tweeps. Istri saya tuh cantik banget tweeps. Baik, sholehah, penyabar, ga boros, jago masak, perhatian akan detail, menguatkan jiwa. #taaruf

44. singkat kata, dengan #taaruf saya mendapatkan lebih dari yang saya duga. Over-expectation kawan. Itulah indahnya #taaruf

45. akhirnya apa yang terjadi setelah nikah?? pacaran haha. Kan belum pernah pacaran sebelum nikah. Jalan-jalan ke sungai musi, naik motor ke ciwidey #taaruf

46. saya sedang mengumpulkan duit nih buat jalan-jalan yang agak jauh. Ini akibat #taaruf semuanya bisa halal setelah nikah

47. sahabat, dengan #taaruf kamu bisa menjaga diri kamu dari godaan setan atas perbuatan maksiat dengan calon pasangan kamu. Lebih berkah

48. sahabat, dengan #taaruf kamu bisa lebih menyiapkan diri kamu sebagai kepala keluarga. Tanpa mesti buang-buang uang tuk pacaran

49. sahabat, dengan #taaruf kamu bisa efesien menghadapi hidup. Ga perlu galau. Ga perlu cemburu buta. Ga perlu buang pulsa tuk sms dan telpon

50. sahabat, dengan #taaruf kamu bisa fokus memantapkan niat. Tidak tergoda dengan manusia lain. Fokus pada tujuan. Nikah itu ibadah. Penguat hati

51. sahabat, dengan #taaruf kamu bisa menghemat banyak uang. Bisa digunakan untuk pacaran setelah nikah nantinya. Hidup lebih mulia sahabat 🙂

52. sahabat, dengan #taaruf kamu bisa lebih bijak dan memuliakan wanita. Kamu menjaga kehormatannya dari sentuhan yang belum halal. Berkah hidupmu

53. sahabat, dengan #taaruf kamu bisa menghilangkan perspepsi membandingkan. Kalau pacaran ganti-ganti, kamu akan dengan mudah banding-bandingin pasangan

54. sahabat, jika sudah merasa dewasa, segeralah menikah. Lengkapi kebahagiaan dirimu dengan pasangan hidup yang tulus mencintaimu #taaruf

55. mulailah pernikahan dengan proses #taaruf yang dipenuhi keberkahan. Lalu bangun keluarga dengan cinta kepadaNya. Kuatkan hati dan jiwa. Barakallah

56. sahabat, demikian kultwit singkat tentang #taaruf nya. Mohon maaf bila ada kekurangan dan salah ucap. Semoga yang baca lekas #taaruf hehe
Share this:

Advertisements

44 comments on “temukan pasangan hidupmu melalui #taaruf

  1. akhiyani
    April 29, 2012

    Syukron bang, praktis sekali 😀

  2. nadine
    April 29, 2012

    Kalau sudah siap nikah, ingin taaruf, tapi kecenderungannya ada pada seseorang yg berbeda bangsa bagaimana? yang penting kan agamanya sama, Muslim. adakah media taaruf un untuk international marriage?

  3. Salim
    April 30, 2012

    Keren Nian Ka Yusuf. .
    Perbanyak share tulisan kayak ginian ya kak!!!
    Please. . !!! hehehe

  4. Salim
    April 30, 2012

    Reblogged this on ..:: Memaknai Kehidupan ::.. and commented:
    Keren Pisan !!

  5. ashlih
    April 30, 2012

    waah, makasih banyak kang buat tulisannya,
    membuka pikiran 🙂

  6. kamil010290
    May 22, 2012

    Reblogged this on Sang Manusia Pembelajar and commented:
    iziin copas bang ucup..

  7. a_yunida
    May 23, 2012

    suka….suka….sukaa

    jazakallah info+motivasinya

  8. Indriawati
    May 29, 2012

    Jdi ingin menyiapkn dri utk ta’aruf

    • Raja Wira
      September 10, 2012

      bagus ya mb cerita diatas..saya juga kepengan taaruf jadinya..hehehe..
      Mb Indri dimana memangnya Mb

  9. melkyalvian1981
    May 30, 2012

    ta,aruf sungguh mulia..1001 yg bisa ngenjalaninya

  10. Tia
    June 30, 2012

    Subhanallah.. Indah sprtinya bila dijalani.
    Dwi juga sdg ta’aruf dgn seseorg.
    Semoga berkah & bsa lnjt menyempurnakan ibadah.
    Aamiin…
    Mhn do’a nya juga kak yusuf

  11. aryo
    July 3, 2012

    gue sih pinginnya ta”aruf. tp syangnya gak ad yg mo diajak ta”aruf. trus gmn tuh tipsnya buat dp target…???

  12. raka
    July 5, 2012

    ta’aruf bisa jadi goal setting kita juga supaya kita lebih semangat. misal dalam kuliah kita semangat menuntut ilmu, dalam kerja kita rajin.
    segala niat yang suci apa bila dijadikan pemacu dalam diri kita saya yakin ALLAH SWT akan memberikan jalan. aminnnn

  13. isha deashy
    July 27, 2012

    Subhanallah indahnya
    #jadi pingin cepet2 menjalani masa ta’aruf 😀

  14. Apit
    August 1, 2012

    Syukron, tulisan akang membuka hati ana n membuat optimis. Insya Alloh bermanfaat n berkah buat ana.. 🙂

  15. Denik
    August 3, 2012

    Kalo usia masih muda bel0m niat menikah,biar bisa jaga iman ga kebablasan, taarufnya gimana bang? 🙂

  16. gadies romand
    September 6, 2012

    iiihhh…..asik bnget ada kyak ginian…..lam kenal to alll………

  17. Gina Yuleska Arafiah
    September 10, 2012

    saya sudah niat sie.. tapi usia saya masih terlalu muda bisa d bilang anak kecil (hitungan orng tua) tapi calon sy sudah ckp matang.. mmm membingungkan..!!!

  18. Raja Wira
    September 10, 2012

    Terimakasih Bapak Presiden..hehe..sungguh membuat iri cerita mu.. smg saya mendapat seperti apa yg bapak presiden dapat..amin…

  19. rea
    September 16, 2012

    subhanallah,artikelnya bgus sekali.bikin hati gemetar karena terkagum

  20. Syafa Suchie Nur AssaQira
    September 27, 2012

    subhanalloh…..memang menjalankn taaruf itu adalah jalannya islam.saya mohn doanya saya pun sedang menjalankan taaruf..semoga alloh meridhoi.aminnn

  21. ami umniea
    October 7, 2012

    Allamdulillah semakin memantapkan saya untuk ber-ta’aruf.

  22. fahlevi
    October 27, 2012

    Subhanallah, sharing yg sangat bagus. Saat ini saya sedang mencoba proses tsb jd tambah ilmu nih, cuma utk meyakinkan hati si wanitanya yg agak sulit tapi insya Allah saya tdk akan menyerah. terima kasih

  23. sirhan
    October 30, 2012

    betul….betul… meyakinkan wanita lebih sulit ketimbang meyakinkan 4000 orang.
    ane udah 2x proses ta’aruf, hasilnya kandas di tengah jalan, bahkan yang terakhir kandas di salah satu orang tua yang kurang setuju. jadi brow…. siap ta’aruf siap tuk di TOLAK. hehehe

  24. idha
    November 22, 2012

    Subhanallah……. menyiapkan diri untuk menjalani ta’aruf …

  25. thesaraswati
    November 28, 2012

    Reblogged this on Sekeping Hati and commented:
    Yap.. pria bebas memilih, tapi wanita bebas menolak 🙂

    #ta’aruf, cara terhalal untuk muliakan cinta mu..

    🙂

  26. nurulhuda27
    December 11, 2012

    Reblogged this on NurulHuda27.

  27. Janu Muhammad
    December 12, 2012

    Reblogged this, very nice quote 🙂

  28. bambolz
    March 16, 2013

    Reblogged this on Unspoken Thoughts and commented:
    mantap uda 😀 benar-benar merubah pandangan…

  29. sinta
    April 6, 2013

    ana pengen nikah… bisa ta’arufin ana ga?

  30. naning
    May 12, 2013

    Dicatatan yang keenam, peran orang-tua sangat penting. Bagaimana agar sy sebagai orangtua dpt berperan dengan baik, menemukan calon mantu, utk kedua putri sy dg cara seperti taaruf ini. Kedua putri sy S1 punya pekerjaan tetap, usia 34 d 35.

  31. anugerahprasaji
    May 26, 2013

    Reblogged this on adji and commented:
    Inspiratif 🙂

  32. wisan99eniwisang
    May 31, 2013

    Assalamualaikum, ana juga ingin taaruf, mohon petunjuknya.

  33. Tias
    June 2, 2013

    Pngen ta’arufan,tp lom da calonny

  34. Tias
    June 2, 2013

    Pngen ta’arufan tp lom da calon ta’aruf nya

  35. melkyalvian1981
    June 8, 2013

    sukron bang indah banget

  36. supriyono
    June 8, 2013

    menapjukkan

  37. yafieisudendae
    November 18, 2013

    asyek…..

  38. Ajie
    March 24, 2014

    Siph, ayoTa’aruf. . . !

  39. Roland Ferry (@hetoew)
    April 27, 2014

    Betul kk Yusuf, seperti disini, ada forum Taaruf bagi yang benar serius menikah ==> http://www.KTMU.org =)
    Syaratnya banyak tapi menurut saya wajar karena memang tidak main – main, dan sesuai syariat Islam. Semoga para pencari pasangan hidup dapat menemukan pasangannya. Amiienn

  40. Nurhasanah
    May 28, 2014

    Sy Suka _ Sy Suka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on April 29, 2012 by in Islam dan Dakwah.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,216,507 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: