Kenapa Turki?


Kenapa Turki Jadi Tujuan Bulan Madu?

Turkiye, warga turki menyebutnya seperti ini. Kota dengan 1001 sejarah dan kisah peradaban yang sangat menakjubkan. Buat kami, Turki menarik karena menawarkan sesuatu yang ada di Eropa (bangunan tua) dan Selandia Baru (panorama alam). Bangunan sejak abad 2 Masehi berupa sebuah gereja di dalam goa yang sangat sistemik keindahannya, bangunan yang telah berganti fungsi dari abad ke 6, dari benteng, gereja hingga masjid. Selain itu panorama alam yang membuat kita selalu bersyukur akan hebatnya Allah, Tuhan pencipta alam.

Objek Wisata Beragam

Objek wisata di turki sangat beragam, dari bangunan hingga alam. Di Istanbul saja kita bisa melihat keajaiban bangunan Hagia Sofia, Blue Mosque (SultanAhmet Masjid), Basilica Sistine, Galata Bridge, Dolmahbahce Palace, Bosphorus Straits, dan lainnya. Untuk mengeksporasi Istanbul saja tampaknya 4 hari bisa dibilang kurang. Selain itu buat kamu yang suka kemegahan alam, kamu bisa wisata geologi di Goreme, belajar peradaban di pamukkale,dan menikmati indahnya pantai di Izmir.

Visa on Arrival

Tidak seperti jika ingin ke eropa, australia, atau bahkan eropa. Untuk ke turki kamu tidak perlu repot repot bikin visa di Indonesia sebelum berangkat. Ditambah lagi dengan kemungkinan kekhawatiran kamu kalau tiket akan hangus atau harganya naik. Visa on arrival ini seperti apa? Singkatnya adalah kamu cukup datang saja ke Turki, nanti didekat imigrasi akan masuk ke Turki, kamu akan menemukan loket untuk membeli stiker visa turki untuk 30 hari hanya dengan USD 25 saja. Hanya perlu tunjukkan passport kamu, dan serahkan uang visa nya, setelah itu petugas akan segera memberikan visa turis untuk 30 hari.

 

Banyaknya pilihan maskapai

Ke Istanbul (ibukota Turki), banyak sekali maskapai yang terbang kesana. Sehingga harganya tentu akan sangat bersaing. Maskapai timur tengah mendominasi penerbangan kesana, seperti Qatar Airways, Etihad Air, Turkish Airline, dan Emirates Airlines, atau kalau kamu berminat dengan maskapai asia tenggara; Singapore Airlines dan Malaysia Airline juga menawarkan penerbangan ke Turki.

Harga normal untuk Jakarta Istanbul kisaran 900-1200 untuk satu orang sekali jalan. Kami kebetulan menggunakan Qatar Airways yang sedang promo, sehingga harga satu orang bisa kami nikmati untuk berdua.

Mudahnya Transportasi Lokal Turki

Di Turki, moda transportasi antar kota nya sangat mudah dan menyenangkan. Harganya pun sangat terjangkau, dengan fasilitas yang yang lengkap. Antar kota rata-rata membutuhkan waktu antara 8-12 jam. Di dalam kota, khususnya di Istanbul, terdapat trem dan metro subway yang dapat mengantarkan kita ke semua daerah penginapan dan wisata.

Turki itu Murah !

Dibandingkan dengan di eropa yang menggunakan Euro yang mencapai 12.000 rupiah per Euronya, di Turki kita menggunakan Turkish Lira (TL) yang satu nya senilai dengan 5200 rupiah. Untuk makan kita bisa mendapatkan makanan dengan hanya 2 TL saja, transportasi sekali jalam 2 TL, tempat masuk wisata kisaran 10-20 TL. Penginapan kisaran 400.000-500.000 rupiah permalamnya untuk double bed dengan kamar mandi di dalam. Kalau mau hemat pun, kamu bisa saja jalan kaki kemana mana di Turki, Alhamdulillah, istri saya yang sedang hamil 6 bulan pun kuat untuk melakukan perjalanan kaki disana.

Backpacker aja ke Turki!

Selain tentu karena dana kami terbatas J, kami memang menikmati perjalanan bebas dalam berwisata. Dengan backpacking kita bisa mengatur perjalanan sendiri dengan biaya yang 50% lebih hemat ketimbang dengan travel. Di Turki, mayoritas penduduknya bisa menggunakan bahasa inggris, dan begitu pula papan petunjuk perjalanan. Sehingga, asal kamu bisa sedikit sedikit bahasa inggris, kamu tidak akan kehilangan arah di Turki.

 

Naik bis dari satu kota ke kota lain, memilih bosphorus cruise yang paling hemat, termenung selama berjam-jam menikmati pemandangan alam, hingga bawa backpack sebesar 10 kg kemana-mana secara mandiri. Itulah romantisme tersendiri kal

au kamu backpacker mandiri ke Turki. Kita tidak terburu buru oleh rombongan, dan bisa menikmai perjalanan kita dengan sangat menyenangkan.

Lalu, apa lagi yang kamu tunggu ? yuk kita ke Turki !

 

Advertisements

31 Comments

  1. Salamalaykum…salam kenal, thanks buat nice sharenya 🙂 , sejak baca 99 Cahaya di Langit Eropa, saya mendadak jatuh cinta dengan Turki, apalagi setelah baca sejarahnya, makin jatuh cinta…sekarang lagi coba nabung untuk bisa mewujudkan impian saya backpakeran ke Turki Insya Allah…membaca pengalaman 8 hari anda di Turki membuat saya merinding 😀 semoga saya bisa sampe sana…Insya Allah 🙂

  2. Mantap,,,,, sejak lama juga saya punya impian ke turki. kebetulan ada kenalan disana yang sudah lama juga menanti kedatangan saya… Aamiin ya Allah!
    Terima kasih publikasinya sangat membantu untuk persiapan saya….hehee

  3. Pak Ridwan, salam kenal …pak boleh di share nama2 penginapan murah di turki pak? saya berniat kesana pertengahan november ini…makasih ya pak

  4. Saya mau tanya mas , voa itu max 1 bulan ? Saya ada baca di google juga katanya bisa 2 bulan dengan biaya $40 . Yg bner yg mana ya mas ? Saya takut salah beli tket dan hangus . Dan jd di imigrasi tuh gak di minta dokumen macem” khn ya ? Hanya pasport , tiket dan alamat penginapan ? Terimakasih

  5. wuaaah…makin pengen ke turki, mas bisa kirim ittinerary sewaktu ke turki dan info2 hotel serta tempat wisata beserta biayanya, biar bisa forecast bugdet dr sekarang

  6. Sy sudah merasakan jalan2 ke turki pakai travel,lebih enak jalan sendiri aja,lebih nyantai dan bila ditempat yg kita pingin berlama2 atau malah kurang suka bisa lanjut jalan lagi.Beli tiket jauh2 hari bisa lebih murah ,hampir 7 jt pp (2013)

  7. untuk yang mau ngebolang ke turki tahun depan, bareng donk.. saya cewe sendirian nih mau nemuin seseorang disana, tempat tinggal udah ada yang sediain disana jadi tinggal jalan2 ajah.. kalo kebetulan ada, bisa sms saya ke no. 083838062920 yah.. thank you ^_^

  8. mbak fidriana, kira kira kalo ke turki di bulan mei atau juni gmn ya? apakah timingnya bagus? ada rekomen atau tips yang lain?

  9. seperti mimpi bisa ke Istanbul, dulu rencanya mau pulang ke Indonesia selesai kuliah transit Istanbul, waktu liat harga tiket mahaal, jdinya batal mau kesana, *secara mahasiswa yang berkeluarga dan belum bekerja hehe, brapa hari yang lalu saya cari tiket untuk pulang ke indonesia, keliling kantor travel yang ada di Sanaa, ga nyangka klo Turkish Airlines paling murah saat ini untuk ke indonesia, impian menjadi kenyataan, transit 12 jam lebih di Istanbul akan di manfaatkan dengan sebaik2knya bersama Istri dan kembar.. *jadi bulan madu lagi hehe, hari ini tiket akan dibayar, mudah2an lancar aamiin

  10. asslamualaikum mau tanya kalau ke turki dr indonesia transit ke qatar
    (Doha) perlu visa juga gak? klo perlu apa bisa VOA juga atau harus urus ke dubes qatar nya ?
    trims 🙂

  11. Setelah menikah nanti saya pengen jalan-jalan ke Turki… Mengenang sejarah Sultan Muhammad Al-Fatih, mengunjungi Hagia Shopia dan Blue Mosque… Insyaalah.. semoga didekatkan jodohnya dan segera bisa ke turki 🙂 🙂 🙂 🙂

  12. akhir-akhir ini banyak acara TV dan dosen di kampus dari TURKI, jadi pengen ke sana hehe. dananya kalau backpacker selama 4 hari 3 malem bisa nyentuh berapa itu ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s