Hari Keempat, Senja di Desa Bebatuan Goreme/Cappadocia


Perjalanan sekitar 8 jam di Bis telah membawa kami ke Provinsi Nevsehir, kami dibangunkan sekitar pukul 06.30 pagi untuk beristirahat di sebuah rest area tepat ditepi Danau Tuz, atau Danau Garam. Nama danau ini karena air pada danau tersebut memiliki kadar garam yang tinggi dan membeku menjadi garam ketika musim panas.

Sekitar 40 menit kami istirahat, untuk sekedar melepas pegal-pegal di jalan dan membeli sedikit makanan ringan hangat. Kami lebih memilih untuk mencari-cari foto danau tuz dari sudut yang terbaik. Meski pada akhirnya tidak mendapatkan yang baik, karena kami agak khawatir jika harus menyebrang jalan raya yang sangat besar dan penuh dengan mobil kencang.

Sekitar pukul 7.15, bis kembali bergerak menuju Terminal Nevsehir, saya sangat menikmati pemandangan alam yang sangat indah selama perjalanan ini. Saya sadar kalau kita tinggal 1-2 jam lagi menuju pemberhentian. Kami tiba di Terminal Nevsehir jam 10 pagi. Karena saya belum begitu mengerti tentang rute per-bis-an, saya langsung membeli tiket dari Nevsehir ke Pamukkale/Denizle untuk esok harinya dengan harga 50 TL.

Setelah membeli tiket kami diantar dengan sebuah mobil kecil untuk perjalanan 30 menit dari Terminal Nevsehir ke Goreme, biaya ke Goreme ini termasuk dalam biaya tiket bis dari Istanbul ke Nevsehir/Goreme.

Setiba di Goreme, kami mencari tempat untuk makan pagi dan siang. Hehe. Karena ini tempat wisata, maka harga makanan disini agak mahal memang. Kita cari yang paling murah, dan menemukan sebuah resto yang jual Omelet dengan harga 5 TL. Meskii, saat kita disajikan makanannya, itu lebih cocok disebut telor dadar ketimbang omelet, hehe

Kami lalu menuju ke Pusat Informasi Turis tepat ditengah pusat Goreme, disini kita bisa memesan hotel atau merencanakan wisata kita di Goreme. Kami kebetulan sudah memesan hotel bernama STAR CAVE HOTEL melalui http://www.booking.com, dan di pusat informasi ini kami bisa meminta petugas disana untuk menelpon pihak hotel agar menjemput kami di pusat informasi tersebut. Sekitar 5 menit kemudian sebuah van dari hotel menjemput kami, ternyata yang menjemput adalah sang pemilik hotel sendiri.

Di Goreme, banyak hostel atau pension yang dimiliki oleh perseorangan. Hotel kami saja hanya memiliki sekitar 8 kamar, dan beberapa yang tipe shared bed. Biaya penginapan kami saat itu adalah € 35. Oh ya, di beberapa tempat seperti penginapan dan jasa wisata, Euro juga dapat digunakan.

Kami lalu disuguhkan sebuah Apple Tea khas Turki sebagai welcoming drinks, bersama kami sedang istirahat sejenak, pihak hotel langsung menawarkan paket wisata di Goreme.

Di Goreme, banyak sekali paket wisata yang sudah terarah dan terstruktur sehingga kita bisa memilih (kalau punya uang) hehe

Ada yang namanya Green Tour, Red Tour dan Blue Tour. Ketiga paket Tour ini menawarkan rute dan pengalaman yang berbeda. Green tour itu banyak trackingnya, naik gunung, masuk lembah dan lain-lain. Red Tour dan Blue Tour juga keliling Goreme tapi dengan tema yang berbeda. Masing-masing tour berharga 80 TL untuk satu orang dari jam 9.00 hingga 17.00 termasuk makan siang dan tiket masuk museum jika ada yang melewati museum.

Selain itu ada paket HOT AIR BALLOON. Nah ini naik balon udara gitu selama 2 jam. Kita start dari jam 5 pagi, lalu diantar ke tempat pemberangkatan, dan naik balon deh melihat Goreme dari udara, nah yang ini romantis banget. Hehe

Kami memutuskan untuk hanya mengikuti paket HOT AIR BALLOON dengan harga € 140 satu orangnya. Ini termasuk harga yang murah, karena paling mahal adalah € 180. Kami juga tidak memilih yang murahan karena faktor kredibilitas dan keselamatan.

Semua paket wisata ini bisa kamu lakukan melalui pihak hotel, mereka yang akan mengatur dan membooking paket paket wisata ini untuk kamu. Setelah menyelesaikan semua transaksi, kami menuju kamar kami yang bertemakan goa gitu, sinyal tidak ada di dalam kamar kami. Suasana goa sangat terasa, seperti hidup di masa lalu dengan kasur empuk tentunya hehe.

Agenda kami siang itu adalah tidur siang hehe. Badan udah lelah hari itu, kami baru meninggalkan hotel sekitar pukul 3 sore untuk naik ke bukit di kota Goreme untuk menikmati panorama indah disana. Di atas bukit itu apa lagi yang kita lakukan selain bengong, bersyukur dan foto foto tentunya haha. Yah sore intu asik banget lah, angin sepoi sepoi, tanpa beban, handphone mati tidak ada gangguan. Goreme emang pas banget buat pasangan muda cem kita berdua #asiik.

Kami pun turun gunung menjelang magrib, karena jalan turunnya lumayan gelap dan kita tentu harus menjaga keamanan. Apalagi bersama Ibu hamil yang perlu ekstra perhatian dalam melakukan perjalanan jauh hehe.

Malam itu lagi-lagi kami mencari tempat makan yang cocok, terutama buat kantong dan selera istri saya. Maklum sedang hamil, gak suka daging dan kebab kebab gitu. Jadilah kami menemukan sebuah lokanta kecil yang menjual ikan dan pizza turki, masing-masing seharga 10 TL. Agak mahal memang karena tempat wisata, tapi itu yang paling murah di Goreme hehe.

 

Ah iya, kami juga sempat melihat burung merak langsung yang berkeliaran bebas, istri saya memanggilnya dengan nama dea, meski saat dipanggil si burung jadi menjauh hehe. Goreme juga dikenal sebagai tempat penghasil karpet dengan kualitas bagus serta dibuat dengan tangan atau manual. Kami juga sempat mengunjungi tempat pencelupan kain secara langsung hehe.

Hari itu memang tidak banyak yang kami lakukan, tetapi suasana jalan santai, menikmati setiap langkah di sebuah kota kecil dengan berjuta bentuk rupa batu batunya, serta merenung diatas panorama yang sangat indah, itu bisa disebut “sesuatu banget”.

Malam di Goreme sangatlah dingin, tetapi kamar bebatuan membuat hangat malam ini. Kami harus bergegas tidur karena esok harinya pukul 05.00 pagi kami harus bersiap terbang dengan Balon Udara.

 

Advertisements

1 Comment

  1. Ass.. perkenalkan sy vicky.. stlh membaca pengalaman mas. Bersama istri.. sy jd tertarik utk pergi ke turki.. ohya. Utk naik balon udara ibu hamil boleh naik ya mas?? Kl boleh tau pd kehamilan brp bulan istrinya naik balon udara..? Kebetulan sya jg sedang hamil.. dan kl boleh tau budget yang hrs d siapkan brp y mas?? Tq ya mas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s