Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Perjalanan Menuju Netherland Fellowship Programme (NFP) Scholar


Pada kesempatan ini saya bermaksud sedikit berbagi tentang beasiswa yang telah saya dapatkan, namanya Netherland Fellowship Programme atau lebih dikenal dengan NFP. Beasiswa ini adalah beasiswa yang dikelola langsung oleh pemerintah Kerajaan Belanda untuk pelajar di 60 negara di dunia, termasuk salah satunya Indonesia.

Bisa jadi sahabat semua lebih mengenal dengan beasiswa Stunned untuk ke Belanda. Bedanya apa? Sederhananya, beasiswa Stunned adalah beasiswa yang dikelola oleh Kedutaan Belanda di Indonesia yang memang di dedikasikan khusus untuk calon pelajar di Indonesia, sedangkan NFP itu seleksinya langsung bersama 60 negara lain. Jadi ya lebih kompetitif gitu. Selain itu Stunned lebih banyak di dedikasikan untuk mereka yang sudah jadi PNS atau program Double Degree kerjasama kampus seperti UGM, UI, dan ITB.

Sedangkan di NFP kamu bisa bersaing dengan peserta dari 60 negara dengan berbagai latar belakang. Sebagai catatan, perempuan mendapatkan prioritas lebih untuk mendapatkan beasiswa ini.

Saya akan coba berbagi langkah-langkah yang saya tempuh dalam proses mendapatkan beasiswa ini, bisa dikatakan saya membutuhkan waktu lebih kurang satu tahun lamanya untuk mendapatkan beasiswa NFP 2012-2013.

Langkah Pertama : Tentukan dan Daftar di Kampus yang kamu tuju

Beasiswa NFP hanya memproses mereka yang telah diterima di kampus secara unconditionally. Apa itu unconditionally? Artinya kamu telah diterima di kampus tersebut tanpa kekurangan berkas apapun.

Saya memulai pencarian kampus yang tepat dengan bertanya ke Dosen dan Pembimbing tentang kampus yang sesuai dengan minat saya. Bidang sarjana saya adalah Teknik Planologi dan saya berminat untuk melanjutkan studi ke Bidang Politik dan Ekonomi.

Sampailah saya pada pilihan kampus bernama Institute of Social Studies, Erasmus University Rotterdam (ISS). Kampus ini dikenal sebagai kampus yang sangat sosialis. Menarik buat saya untuk belajar disini. Ditambah lagi Erasmus University Rottedam dulunya bernama Handels-Hogeschool, ini adalah kampus yang dulu pernah menjadi tempat kuliah Bung Hatta, salah satu tokoh panutan saya.

Saya berencana kuliah di program master di bidang Governance, Policy,  and Political Economy.

Pendaftaran ke ISS menggunakan sistem online melalui websitenya http://www.iss.nl , semua berkas saya masukkan via online. Termasuk surat motivasi diri sebanyak 1 halaman dan dua buah surat rekomendasi saya upload secara online. Saya submit aplikasi online saya sekitar bulan Februari 2011 dan mendapatkan pengumuman pada bulan Mei 2011dengan keterangan Conditionally dikarenakan saya belum memasukkan sertifkat IELTS saja, saya hanya memasukkan sertifikat TOEFL ITP saja. Perlu dicatat, untuk ISS mereka meminta IELTS minimal 6.5.

Karena ketiadaan dana, pada bulan September 2011 saya memutuskan untuk memposponed kuliah saya di ISS, dan mereka menyanggupinya. Sembari saya mencari peluang untuk beasiswa, saya sudah mengincar untuk mendapatkan  NFP atau Stunned sebagai incaran beasiswa saya ke Belanda.

Langkah Kedua : Persiapan IELTS dan Pengisian Berkas NFP

Sekitar 3 bulan saya menyiapkan IELTS saya secara mandiri, bermodalkan buku IELTS karangan Baron’s saya menjajal semua soal tersebut. Singkat kata saya mengambil tes ujian IELTS pada tengah Desember 2011 dan pengumuman pada Januari 2012. Alhamdulillah saya mendapatkan nilai IELTS 7.0 dengan skor tertinggi yaitu Listening dengan nilai 7.5.

Berbekal IELTS yang tinggi saya kirimkan sertifikat tersebut ke ISS dan satu pekan kemudian saya mendapatkan surat yang menyatakan saya diterima di ISS dengan unconditionally.

LETTER of ADMISSION 2012-2013 Master of Arts in Development Studies Major in Governance, Policy and Political Economy

Dear Mr. Ridwansyah Yusuf Achmad,

Since your admission is valid for two consecutive years, we have deferred your admission and we are now sending you the second admission letter to the above mentioned programme. This programme will be held from 03 September 2012 until 13 December 2013.

Saya memulai mengisi berkas NFP saya yang deadline 7 Februari 2012, meski saya agak ragu sebenarnya karena di data publikasi ISS ternyata deadline mendaftar beasiswa NFP untuk ISS adalah 15 Januari 2012. Sehingga saya sarankan nih, buat yang mau daftar NFP, coba di cek tentang deadline setiap kampus untuk beasiswa NFP.

Berkas NFP di isi secara online melalui sistem bernama SOL (Scholarship Online) melalui situs Nuffic (Netherlands Organisation for International Cooperation in Higher Education) yaitu http://www.nuffic.nl.

Selain diminta untuk mengupload Scan Passport, surat rekomendasi dari institusi tempat beraktivitas, kita diminta menjawab 4 pertanyaan yang masing-masing di upload secara terpisah, maksimal jawaban untuk masing-masing pertanyaan adalah 1 halaman. Pertanyaan tersebut adalah :

  • Motivation
  • Relevance for your organization
  • Relevance for your country
  • Plan of action after return

Coba isi semua berkas ini dengan padat dan meyakinkan. Saya rata-rata satu pertanyaan sekitar ¾ halaman A4 saja. Ditulis dalam bahasa inggris yang baik dan sesuai dengan konteks pertanyaan.

Saya mensubmit semua aplikasi saya awal Februari 2012. Dan setelahnya saya langsung mendapatkan konfirmasi dari NFP, serta email dari ISS yang menyatakan “kami telah menerima berkas NFP anda, namun kami tidak bisa menjanjikan akan mendapatkan tempat karena deadline aplikasi untuk ISS adalah 15 Januari”

Langkah Ketiga : Berdo’a

Yah lemes deh saya. Tetapi di akhir Februari 2012 saya mendapatkan email kembali dari NFP dan ISS, “you are eligible to proceed in this Scholarship, we will inform soon we made decision on your application”. Alhamdulillah melegakan banget.

Saya tidak mendapatkan info apa-apa mengenai NFP sejak akhir Februari 2012 tersebut, pihak ISS sempat mengirimkan surat yang menyatakan kesanggupan membayar biaya kuliah serta keterangan kalau saya sehat dan siap mengikuti kuliah selama 15.5 bulan di ISS mulai September 2012. Saya jadi semakin was-was karena tidak mendapatkan informasi apapun hingga saat itu, apalagi saat itu saya bersamaan mendapatkan info kalau saya gagal mendapatkan Beasiswa British Chevening Awards untuk mendukung kuliah saya di University of Sussex, United Kingdom.

Hingga akhirnya saya mendapatkan email dari NFP tanggal 7 Mei dengan subject : Avalaibility Check, isinya :

In order to make the selection, please inform us if your are still avalaible to participate. You must confirm your avaibility before 14 May 2012. You must confirm your avaibility by logging into you account and clicking the confirm-button in SOL.

If you do not confirm your avaibility in the correct way or of you don not confirm in time, your application will be rejected.

Saya tidak begitu mengerti arti dari email ini, maksudnya saya tidak paham awalnya ini artinya bagaimana? Tetapi saya langsung saja buka akun SOL saya dan langsung meng-klik avalaible .

Tidak ada berita apapun lagi, saya kebetulan setelah tanggal 14 Mei 2012 ada agenda keluar negeri selama 1 pekan, karena sangat was-was dan ingin selalu update informasi, saya memastikan akses internet saya siap siaga meski di luar negeri.

Dan hingga pada tanggal 25 Mei 2012, saat sedang bersiap diri untuk menemani Istri ke Dokter Kandungan, saya mendapatkan email kembali dari NFP dengan judul Selection Letter yang isinya,

Dear Mr.Ridwansyah Yusuf Achmad

Congratulations. You have been selected for an NFP fellowship for ‘MA in Development Studies Major in Governance, Policy, and Political Economy’ at International Institute of Social Studes, Erasmus University Rotterdam. Nuffic will award a grant to International Institute of Social Studes, Erasmus University Rotterdam to finance your fellowship. The institution will administer your fellowship and concact you about further procedures regarding the NFP fellowship.

We wish you good luck with the course of programme and trust that you will use the knowledge and skills gained for the benefit of your employing organization and country

Kind regard,

J.F. Houterman

Director

Wow. Alhamdulillah Subhanallah J Saya diterima di beasiswa paling prestisius di Belanda, sebuah Full Scholarship dari Kerajaan Belanda. Sebuah karunia dan anugrah yang sangat indah. Puji Syukur pada Allah yang telah memberikan kesempatan untuk bisa belajar di negeri Belanda.

Tak lama kemudian, sekitar satu pekan setelahnya, ISS mengirimkan email yang isinya,

Dear NFP fellowship holder,

This email is to congratulate you on the award of your NFP Fellowship to participate in our MA programme starting in September and to give you information on what will happen next.

Langkah Keempat : Persiapan Kuliah

Ini langkah yang sedang saya tempuh saat ini, yaitu menyiapkan kuliah. Untuk peraih beasiswa NFP, visa akan langsung di urus oleh NFP dan pihak kampus. Setelahnya kita perlu datang ke Kedutaan Belanda di Jakarta untuk mengambil Visa kita.

Saya juga di kontak oleh Nuffic untuk dapat menghadiri Pre-Departure Briefing yang akan diadakan di Erasmus Huis pada tanggal 14 Juli 2012.

Kuliah akan dimulai 3 September 2012, saya akan dikirimkan e-ticket oleh NFP untuk keberangkatan 1 September 2012.

Selain itu saya sedang mencoba menyiapkan diri dan merencanakan cara agar keluarga saya bisa juga ikut ke Belanda dan kumpul bersama disana. Mohon doanya dari sahabat semua, agar keluarga kami berkah dan kuliah saya juga lancar.

 

67 comments on “Perjalanan Menuju Netherland Fellowship Programme (NFP) Scholar

  1. banu
    June 20, 2012

    barokalloh… semoga dilimpahkan ilmu yang bermanfaat dan kepahaman yang luas..

    • Ridwansyah Yusuf Achmad
      June 20, 2012

      syukron jazakallahu bang banu 🙂 mohon doanya.

      *meski masih harap harap cemas fullbright hehe

      • nila
        November 30, 2012

        subhanallah smga berkah ilmunya, sy tertarik juga dengan tips nya dari bang ridwan,, mohon info kalau untuk education bagusnya dimana ya terimkash

  2. ingadankata
    June 20, 2012

    wah..selamat pak ridwan…
    kebetulan saya juga ikut mengirimkan aplikasi NFP yang deadlinenya bulan mei.., msh harap-harap cemas ni menunggu pengumumannya.., semoga bisa bernasib sama seperti pak ridwan..

  3. gumilarikrarumilar
    June 21, 2012

    Aslm. Bang Ucup. Saya Ichal PL’09 ITB hehe. Kalo untuk melanjutkan kuliah tentang social studies di Belanda apa ya, selain Rotterdam? Kalo di dunia, sebenarnya untuk social studies yang bagus dimana ya, Kak? Makasi

    • Ridwansyah Yusuf Achmad
      June 21, 2012

      di kampus saya di ISS itu salah satu terbaik dunia.
      di UK ada juga di Univ of Sussex
      di USA ada UC Berkeley atau Princeton
      di Jerman bagus juga Univ of Postdam
      di Jepang bagus ke Todai atau GRIPS

      yang banyak pilihan di Australia, ada Macquarry, UNSW, ANU, dan Victoria Univ

      • gumilarikrar
        June 22, 2012

        wah makasih banget kak ucup hehe saya jadi semangat 😀

  4. D'nasti Balie Achmad
    June 21, 2012

    wow…
    benaran sangat keren. terimakasih atas big spirit story nya ! karena saya juga sedang berjuang untuk mendapatkan beasiswa di Jerman. oia, sekedar bertanya… apakah NUFFIC tersebut mengharuskan aplicant pnya pengalaman kerja ?? thank you so much !

  5. aldorio
    June 21, 2012

    aslm bang ridwan, apakah NFP mengisyaratkan kerja profesional terlebih dahulu?

    terimakasih

    • Ridwansyah Yusuf Achmad
      June 21, 2012

      yuph, 2 tahun seinget saya. coba baca info di websitenya aja biar detail. tapi ya, saran saya sih apply aja. saya pas apply juga belum 2 tahun hehe

  6. puji_dreamer45
    June 21, 2012

    Assalamu’alaikum…
    Uda Ucup, Selamat ya, moga saya juga bisa kayak uda UCup…Aamiin…
    O iya mau tanya, pas mendaftar di univ2 luar negeri secara online, apa mereka juga meminta sejumlah dana (uang pendaftarannya gitu)?

    Alangkah baiknya cerita Uda Ucup ini, di-publish juga di web http://www.motivasibeasiswa.org
    agar semakin banyak orang yang terinsirasi.
    Wassalam.

  7. admin
    June 21, 2012

    wah keren.. selamat pak…:)

  8. Dhani
    June 21, 2012

    Rencana bawa keluarga ke Belanda pak? Kayaknya kok susah, apalagi untuk student program masters. Jarang sekali saya dengar siswa program masters yang dapat beasiswa ke Belanda bisa bawa keluarga.Tapi dicoba saja pak, mungkin saja bisa.
    Good luck!

    • Ridwansyah Yusuf Achmad
      June 21, 2012

      hehe iya pak Dhani, mohon doanya aja yg terbaik.
      Bila tidak di izinkan membawa keluarga, ya mohon doanya agar keluarga kami selalu berkah 🙂

      • Bhisma (@Bhisma4)
        June 22, 2012

        Bisa saja, tp statusnya wisata (waktu trbatas) utk prpanjang hrs ada jeda (tinggal lg d Indo lg). Jk PhD bisa full time, tp jk scholarship dr lembaga donor (bukan scholarship project) ya biaya dtanggung sndiri, krn g nyukup hehehe 😀

  9. Tutik Rachmawati
    June 22, 2012

    Selamat bergabung dengan ISS-er Mas Ridwansyah Yusuf Achmad. ISS was the best thing happen in my life. I wish the same for you.
    ( Tutik Rachmawati, LRD @ ISS 2004/2005)

  10. Eko
    June 22, 2012

    Selamat mas…semoga sukses selalu karirnya dan Moga Allah senantiasa memberikan yang terbaik. Two thumbs for you, sangat Inspriratif dan semoga saya bisa menirunya untuk S3 saya kelak. Kebetulan ISS juga tempat senior saya kuliah dulu dan saya juga sempat berkunjung kesana walaupun cuman foto di gerbangnya saja he…he…

  11. atma
    June 22, 2012

    selamat atas keberhasilannya 🙂

    mohon maaf,, kalau boleh tau berapa nilai ITP yang mas kirimkan? walaupun diminta hasil IELTS, menurut mas apakah nilai ITP tetap dipertimbangkan atau tidak (sebagai saringan awal mungkin)? karena kan buktinya diterima walaupun masih conditional. 🙂 saya sendiri juga belum mampu ikut IELTS yang relatif mahal.

    dan terimakasih, karena dari membaca ini saya jadi tau bahwa kuliah bisa di-pospone (sembari nyari beasiswa dan hasil IELTS), dan admission valid selama 2 tahun.
    sukses terus 🙂 semoga ilmunya berkah dan bermanfaat untuk negeri kita indonesia 🙂

    • Ridwansyah Yusuf Achmad
      June 23, 2012

      nilai ITP saya 580 🙂

      yes, setau saya hampir setiap kampus bisa memposponed kuliah hingga 1 tahun.

  12. tanti
    June 22, 2012

    Subhanalloh…congratz yah bang Ridwan…mau tanya, untuk beasiswa ke LN, apakah ada syarat batasan usia bagi calon penerima beasiswa?

  13. mustika
    June 22, 2012

    Alhamdulillah,, selamat ya

  14. 8shi
    June 22, 2012

    semoga saya bisa segera mengikuti jejak bapak 🙂

  15. Adit
    June 22, 2012

    Gefeliciteerd, meneer! Kalau boleh tau ini kali ke berapa mendaftar ke NFP? Sampai bertemu di Holland #Tebar semangat buat pejuang beasiswa lainnya
    Adit PL’02 – NFP Fellow 2012 UNESCO-IHE Delft

  16. tikateacool
    June 22, 2012

    wuiiihhh keren masbrooo ^^

    saya juga berminat.
    kalo IELTS 6.5 kira2 nilai di TOEFL berapa yah?

    katanya lebih susah dari TOEFL yah?? mohon pencerahannya
    makasih

    • Ridwansyah Yusuf Achmad
      June 23, 2012

      IELTS 6.5 itu setara sama 80 utk TOEFL IBT

      hmm, saya sih lebih suka IELTS hehe
      yah susah mudah relatif sih ya

  17. sani droy sihombing
    June 22, 2012

    Nama saya sani, lulusan SMA tahun 2011, di karnakan belum ada biaya untuk melanjutkan kulia, dngar terpaksa saya tidak melanjutkan pendidikan saya lagi, kalo boleh tau ada informasi beasiswa buat s1 ngak?

    • Ridwansyah Yusuf Achmad
      June 23, 2012

      S1 kalau di dalam negeri ada bidik misi dll
      masuk aja dulu kampusnya, nanti di kampus banyak pilihan tentunya

  18. maryandiMaryandi
    June 22, 2012

    Selamat mas Ridwan, semoga ilmunya manfaat
    alhamdulillah saya juga dapat beasiswa NFP tahun ini.
    Hanya saja belum diinfo untuk pre-departure meeting.
    Waktu itu ditelpon Neso Indonesia atau inisiatif telpon?
    Saya diterima di STC-NMU Rotterdam, mudah2an nanti bisa saling kenal dan jumpa.

    Salam,
    Maryandi

    • Ridwansyah Yusuf Achmad
      June 23, 2012

      Siap mas kendi 🙂 utk pre-departure saya diberi tahu sama kampus saya kalau tiap negara biasanya ada pre-departure briefing masing-masing.

      lalu saya email ke :mira.indarini@nesoindonesia.or.id
      untuk RSVP

  19. wulan
    June 22, 2012

    congrats..ceritanya memotivasi sekali..kalo boleh tau, kemarin di jakarta untuk dapat skor ielts di mana ya??saya ada rencana mau ambil di wageningen univ di belanda..tapi syaratnya kurang itu sama surat rekomendasi saja..

  20. asma
    June 23, 2012

    Mas, thanks banget buat sharing berharganya. Boleh di share contoh Motivation letter yang mas bikin, plus jawaban Mas atas pertanyaan ‘Relevances of your studies for organization, country and also action plan after return ?

    Pertanyaan lain adalah berapa % skim beasiswa ini untuk master and phd ? apakah sama 50 : 50 atau beda.

    Trus sepanjang pengalaman mas mengikuti proses ini, apalagi hal yang bisa dipersiapkan untuk meyakinkan sponsor bahwa seseorang memang qualified untuk mendapatkan scholarship itu.

    Anyway, bisakah jawabannya selain di posting di sini juga di kirimkan via email saya (if you don’t mind off course), ke asma_h_1999@yahoo.com. Jika Mas tidak keberatan, saya ingin bertanya hal ini lebih lanjut lain waktu. Via japri tentunya.

    Salam
    asma

    • Ridwansyah Yusuf Achmad
      June 23, 2012

      halo Asma

      nanti contohnya saya share ya 🙂
      ttg perbandingan antara master dan Ph.D saya kurang paham persisnya

      yakinkan saja di letter of motivation dllnya

      • sari
        December 10, 2012

        Dear Mas Ridwansyah,

        Need help, saya akan daftar NFP tahun ini dan mentok menulis tentang

        Relevance for your organization
        Relevance for your country
        Plan of action after return

        Please if you don’t mind share the samples, I need it just for guideline not cheating. to choppintimez@gmail.com
        Thnks 🙂

  21. ulfa
    June 23, 2012

    asw kak, beasiswa NFP ini harus ada pengalaman bekerjanya kan ya?

    saya sudah dapat LoA seperti kk, tp karena saya fresh grad tanpa pengalaman menurut orang nesso saya tidak bisa mendaftar..

    • Ridwansyah Yusuf Achmad
      June 23, 2012

      udah lulus tp kan ya ? kalau bekerja sih pasti iya harus. karena kan kita nanti juga diminta surat keterangan dr tempat kita kerja

  22. avezahra
    June 23, 2012

    Wow info yang keren dan menarik. makasih semoga saya bisa sekolah di Belanda. Aminn. kabar-kabar ya mas dari Belanda :))

  23. Rio
    June 23, 2012

    Mas Yusuf, terima kasih sudah berbagi. Saya mau nanya tentang NFP. Di syarat eligibility poin ke 3 : “be nominated by your employer who pledges to continue paying your salary and guarantees that you will be able to return to the same or equivalent position at the end of your fellowship period.”

    Mas Yusuf apakah sekarang sudah menjadi staf pengajar/dosen di ITB? Waktu itu mas Yusuf mendapatkan rekomendasi dari siapa untuk memenuhi syarat di atas? Dosen/dekan/rektor kah?

    Beberapa bulan lalu saya juga mendapatkan LoA dari Universiteit Leiden, tapi kesulitan untuk memenuhi syarat di atas, karena saya bekerja di perusahaan swasta.

    Semoga lancar ya Mas persiapan ke Belanda nya. 🙂

    • Ridwansyah Yusuf Achmad
      June 23, 2012

      saya seorang peneliti di ITB. surat yg dulu saya ajukan dari dekan saya. krn di ITB memang otorisasi dalam pengangkatan peneliti dr dekan.

  24. Asri Susanto
    June 24, 2012

    Subhanalloh pa… sangat inspiring. Sebenarnya sy sempat putus asa dengan Belanda krn skema beasiswanya kebanyakan untuk PNS dan biasanya ada requirement GMAT untuk konsentrasi yg sy ambil (akuntansi). Tapi membaca tulisan bapa ini, semangat saya timbul kembali…. insyaAllah sy coba lagi nih 🙂

  25. avezahra
    June 24, 2012

    Pak, mau nanya nih. Sekarang saya masih duduk di semester 2. apakah NFP ini bisa buat fresh graduate? karena saya ingin sekali setelah lulus sarjana nanti (InsyAllah 2014 amin) langsung apply seperti yang mas Ridwan tulis di blog? bagaimana? mohon bimbingannya. bisa tolong balas di email saya: avezahra@yahoo.co.id terimakasih 🙂

  26. superanindita
    June 25, 2012

    Assl.Halo Kak ucup! ini dita. Mantap lah! Fellowship nya ini 15.5 bulan kak? jadi sebenernya paling aman itu kita udah dapet Letter of Acceptance baru apply buat beasiswa nya ya? kalau ADS kan kita bisa daftar beasiswa dulu pilihan kampus nya belakangan. Asik yah, berarti nanti anak kak ucup bisa bahasa Belanda sedikit2 😀

  27. Kerennn..
    Tulisan tentang sebuah proses yang membuat bersemangat 🙂

  28. aumnevergiveup
    July 17, 2012

    alhamdulillah. selamat pak 🙂
    sukses ya kuliahnya, menjadi semangat untuk mencari beasiswa 😀
    Terima kasih

  29. aishadzakira
    July 20, 2012

    Reblogged this on aishadzakira.

  30. adam
    October 21, 2012

    luar biasa Pak…Selamat..inspired steps…

  31. Allie
    October 21, 2012

    mas . kenalkan saya ali. saya lulusan peternakan . untuk point IELTS udah bisa nge apply scholarshipnya. namun saya merasa ga PD karena saya hanya seorang aktivis kelompok tani dan bekerja di sebuah program pemerintah utuk pengembangan sapi. ada tips ga mas?. terus, kalo boleh tau, biasanya yang dapat beasiswa itu latar belakang kegiatannya ap ya? . mohon sarannya ya mas.

  32. Lesna Christwinarso
    November 3, 2012

    Mas Ridwansya, Saya Lesna Christwinarso dan saya duduk di kelas 12 sekarang. Saya mau bertanya apakah NFP memberikan beasiswa juga bagi undergraduate students ?

    Lesna Christwinarso

  33. Adit
    November 19, 2012

    Mas Yusuf, mohon infonya terkait “a statement from the Government Authority, if applicable” yang saya baca di website NFP (http://www.studyinholland.nl/scholarships/scholarships-administered-by-nuffic/netherlands-fellowship-programmes/how-to-apply), apa waktu itu mas yusuf juga menyertakan dokumen ini…kalo iya, kira2 maksud apa ya…apakah government disini sama dengan Pemerintah Indonesia (mis: sekretariat negara) atau cukup lembaga pemerintah sebagai tempat saya bekerja (sbg PNS)? Terima kasih

  34. Hifni Ef
    January 7, 2013

    wah, begitu baca posting nya mas Ridwansyah ini saya terus terang irrriiiiiii… sekali 😀
    kasus saya sih hampir mirim sama mas,

    saya dapet admission letter dari IHS tahun 2012 tapi sayang karena udah lewat deadline NFP, saya cuma bisa ikut STUNed dan sayangnya ga lulus.

    Berikutnya saya juga minta dipostponed selama setahun untuk tahun 2013 ini dan sekarang lagi mempersiapkan buat NFP yang deadline 5 Februari 2013 ini.

    saya bener-bener anxious nih mas, do’akan saya ya supaya bisa lulus beasiswa ke luar negeri tahun 2013 ini. Semoga bisa bernasib sama seperti pak ridwan… Aamiin..

  35. midoriniigata
    January 7, 2013

    wah, begitu baca posting nya mas Ridwansyah ini saya terus terang irrriiiiiii… sekali 😀 tapi jadi termotivasi.
    kasus saya sih hampir mirip sama mas,

    saya dapet admission letter dari IHS tahun 2012 tapi sayang karena udah lewat deadline NFP, saya cuma bisa ikut STUNed dan sayangnya ga lulus.

    Berikutnya saya juga minta dipostpone selama setahun untuk tahun 2013 ini dan sekarang lagi mempersiapkan buat NFP yang deadline 5 Februari 2013.

    saya bener-bener anxious nih mas, do’akan saya ya supaya bisa lulus beasiswa ke luar negeri tahun 2013 ini. Semoga bisa bernasib sama seperti pak ridwan… Aamiin..

    Kalo boleh share tips n trik nya mas supaya aplikasi NFP saya padat seperti kata mas, email saya midori_niigata@yahoo.com

    Terima kasih mas motivasinya. 😀

  36. sumilia
    July 24, 2013

    hi mas ridwan
    saya sangat tertarik untuk kuliah di belanda dan sering buka2 websitenya,,mas kalo saya boleh tanya menhenai pertanyaan2 seperti relevance for your organization dan 3 lainnya itu bisa di share ga mas

  37. Esti
    September 12, 2013

    Mas Ridwan,

    saya berminat untuk apply NFP short course tahun 2014. boleh dibagi motivation letter, relevance for your organisation, relevance to your country, and plan of action after return? supaya lebih mantaaabbbsss dan bisa gol, bisa merasakan studi di belanda juga.

    terima kasih sebelumnya.

    salam, esti

    • Ajeng
      November 27, 2013

      Assalammu’alaikum mas ridwan,
      senada dengan mbak Esti, saya juga ingin diberi contoh dokumen2 tersebut..
      Terima kasih banyak atas kebaikannya 🙂

  38. jumadil
    January 20, 2014

    Assalaamu alaykum mas ridwan…
    Boleh berbagi tip dan trik lebih lengkat ttg beasiswa NFP? oh ya bgmn mentaktisi membawa keluarga ke luar nageri??

  39. tasya
    January 24, 2014

    pak,sy mau apply shortcourse nfp.yg sy bingung sm sekali,letter statement of government authority.itu mintanya kemana ya?n prosesnya brp lama?
    lalu apakh dl di app form bpk,ada kolom ‘sending institute’ yg hrs diisi,sy jg bingung itu maksudnya apa.mhn bantuanny pak.trm ksh

  40. agus
    March 25, 2014

    bsa minta emailnya g mas?

  41. riaakartikaaa
    August 19, 2014

    Wah, membaca perjalanannya Mas Ridwan saya jadi semangat kembali untuk mendaftar ke Wageningen University.. Namun Tes TOEFL ITP saya baru sampai skor 470.. apakah bisa saya mendaftar dengan hasil tersebut ya?

  42. Michel
    August 31, 2014

    terima kasih atas sharingnya. saya saat ini mendapat beasiswa master dari NZ, dan rencana untuk mengapply NFP dalam 2-3 tahun ke depan untuk phd di belanda. huff berat juga ya syarat ielts-nya rotterdam university 7 (6,5 aja saya dulu udah empot2an). dapat biaya hidup berapa per bulan ya?

  43. Probowati,Putri
    January 6, 2015

    Dear,
    Jika ada rekan yang akan berangkat short course NFP tahun 2015
    bisa contact saya ya, isnyAllah saya berangkat April 2015

    Cheers,
    Putri
    probowati_adp@hotmail.com

Leave a Reply

Information

This entry was posted on June 20, 2012 by in Negarawan Muda, Sahabat Kampus ITB.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,220,251 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,318 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
