Catatan Kepemimpinan Mahasiswa dan Pemuda || #pemimpin


  • Malam ini kita akan bahas ttg #pemimpin . Refleksi kepemimpinan utk anak muda.
  • Pelajaran ttg kepemimpinan tiada akan ada habisnya. Selama masih ada kelompok pasti #pemimpin akan selalu dibutuhkan
  • Bila perjalanan berdua saja dibutuhkan #pemimpin agar tdk salah sarah dan kesasar. Agar perjalanan memiliki makna yg kuat
  • Tapi perlu di ingat. Di balik kepemimpinan yg handal diperlukan juga jiwa pengikut yg taat dan tim yg solid. #pemimpin
  • Antara leadership-followership itu satu paket. Presiden aja hrs bisa jd follower bagi amanat rakyat. Tak terpisahkan. #pemimpin
  • Lbh tepatnya, tidak ada posisi tertinggi. Kalau kamu jd leader, pada saat yg bersamaan kamu jd follower kpd pihak/org lain. #pemimpin
  • Kalau kamu ingin jd #pemimpin yg kuat. Maka berlatihlah jd pengikut yg loyal. Krn jd pemimpin ga bisa arogan dan semena mena.
  • Kalau kamu mau jd pengikut yg bisa diandalkan. Maka berlatihlah jd #pemimpin yg dinamis. Semua saling berkaitan.
  • Tapi ada konsep kalau #pemimpin yg berpengaruh adalah seorang follower yg berontak dr sistem. Dlm berapa cth, mmg hal ini tjd 🙂
  • Ini cocok buat yg menganut #pemimpin itu dilahirkan bukan dibentuk. Pemimpin lahir dr perjuangan pribadi bukan hasil kaderisasi sistem

 

  • Ok td bab 1 nya. Saya dipanggil istri buat makan malam dulu. Ternyata masakannnya lbh cepat matang hehe. Pending dulu ya sahabat
  • Bismillah lanjut ya ttg #pemimpin . Semoga masih ada yg nyinak. Td kakak ipar saya dr jepang baru pulang. Jd ngobrolnya lama hehe
  • Keemimpinan itu bisa dilatih. Tapi tentu bukan dr sekedar diklat saja. Pelibatan langsung. Kualitas #pemimpin dilihat dr pengalamannya
  • Pengalaman memimpin akan membuat seorang semakin bijak dan matang. Saya merasakannya sendiri dr tahapan diri saya. #pemimpin
  • Waktu SMA saya jd ketua umum majelis perwakilan kelas. Tingkat dua kuliah jd kepala @GAMAISITB dan tk 4 jd presiden @KM_ITB #pemimpin
  • Faktanya saya merasa lbh bisa memimpin dgn baik ketika jd presma. Buah pengalaman memimpin dr SMA. #pemimpin
  • Saat di SMA, saya msh labil dlm memimpin. Ga komunikatif, anti kritik, kurang kolaboratif dlm bangun tim. #pemimpin
  • Awal masuk kampus saya aktif di @GAMAISITB dan @HMP_ITB . Belajar jd follower yg bisa diandalkan dan loyal. #pemimpin
  • Saya ikut aja apa yg #pemimpin arahkan. Bikin kreasi. Dorong kebuntuan. Kontribusi dalam perubahan. Belajar cara memimpin dr senior
  • Dari pengalaman jd follower saya sembari memetakan bagaimana bisa memimpin yg baik kedepannya. Jujur saya ga menyangka jd kepala @GAMAISITB
  • Krn saya menilai diri saya gak sholeh, pecicilan, heboh. Jauhlah sama karakter kepala @GAMAISITB sblmnya hehe. Tp Allah berkehendak lain
  • Ternyata saya di amanahkan utk memimpin @GAMAISITB selama 1,5 tahun. Waktu yg sangat lama. Memimpin orang orang sholeh di.kampus hehe
  • Tp ketika memimpin @GAMAISITB saya ingin buat perubahan. Terinspirasi dr guru dan kakak saya @kangrendy saya ingin buat perbedaan. #pemimpin
  • Kalimat pertama saya di.rapat BPH @GAMAISITB Adalah “mari kita buat legenda” keren bener yaa hehe #pemimpin
  • Lbh lanjut kata @kangrendy . @GAMAISITB itu milik semua mahasiswa.Bukan cuma yg muslim. Jd harus ubah cara memimpin.Tdk bisa kaku. #pemimpin
  • Maka yg saya lakukan selama 1,5 tahun ketika memimpin @GAMAISITB adalah re-inventing kepemimpinan muslim di kampus.Revolusi besar. #pemimpin
  • Utk membuat revolusi besar maka diperlukan kepemimpinan kuat dan berpengaruh serta tim yg solid dan berkapasitas besar. #pemimpin
  • Saya didukung penuh oleh tim hebat,diantaranya bung @luthfinurhakim @gumi_rh @asatrya dll. Mrk dream team @GAMAISITB terbaik yg pernah ada
  • Di tahun 2007-2008 lah pertama kali @GAMAISITB membuat blue print utk 5 tahun. Restrukturisasi gerakan dan pencitraan. #pemimpin
  • Motto @GAMAISITB saat itu kita launch adalah “karena kita keluarga” jd kalimat penguat solidaritas perjuangan kita. #pemimpin
  • Dan kita launching jg profil kader @GAMAISITB , intelektual qurani profesional dinamis inklusif sehat IQIPDS. #pemimpin
  • Kepala @GAMAISITB bukan lagi pemimpin bagi kader aktivis masjid kampus. Tp sebagai semua muslim di kampus. Gerakan perubahan. #pemimpin
  • Perubahan ini tjd krn tim.yg punya kapasitas besar. Dr tingkat kampus fakultas hingga program studi. Kolaborasi yg harmonis. #pemimpin
  • Visi besar. Jiwa besar. Kader militan. Organisasi solid. Lingkungan produktif. Kepemimpinan berpengaruh.#pemimpin
  • Itulah semangat yg kami usung agar merevolusi gerombolan anak mesjid menjadi kumpulan pembaharu peradaban. #pemimpin
  • Di akhir kepengurusan kami mendapatkan nilai 3,9 dr skala 4,0 dr ketua majelis syuro @kangrendy . Tertinggi sepanjang sejarah. #pemimpin
  • Demikian bab 2. Refleksi dr memimpin @GAMAISITB selama 1,5 tahun. Bab 3 adalah refleksi memimpin @KM_ITB selama setahun. #pemimpin
  • Pengalaman di.kampus mmg sangat dahsyat. 2,5 dari 5 tahun saya dikampus saya isi sebagai ketua organisasi terbesar di kampus. Hrs di share
  • Dalam persiapan jd kepala @GAMAISITB saya sempat berusaha mencari sosok mentor yg sesuai. Kebetulan, ada seorang yg pernah saya kenal
  • Nama kakak senior guru buat saya juga nama nya bang @AryaSandhiyudha . Sempat satu jam saya telp beliau utk belajar ttg konsep #pemimpin
  • Dari bang @AryaSandhiyudha saya jg belajar ttg inklusifitas, sistem yg dinamis, dan kepemimpinan berpengaruh. Serap ilmunya. #pemimpin
  • Beliau saat itu baru selesai sbg ketua @salamui dan sdg jd majelis syuro disana kalau tdk salah. Itulah bang @AryaSandhiyudha . #pemimpin
  • Maka poin pertama saya dlm bab 3 ini adalah carilah mentor atau patron yg bisa kamu teladani dan ikuti nasehatnya. #pemimpin
  • Kita butuh sosok mentor ini agar kepemimpinan kita lbh bijak. Tak tergesa gesa dan tak menzalimi orang lain. #pemimpin
  • Keberadaan mentor ini bisa jd penasehat kepemimpinan diri kamu juga. Gimanapun kita kan baru jd #pemimpin . Butuh di bimbing
  • Langkah awal sbg #pemimpin mmg cukup krusial. Sering kali banyak yg terpeleset kebijakannya shg masyarakat jd tdk lagi dukung
  • Jika kita bisa hindari kesalahan di awal kepengurusan knl tdk ? Itulah guna nya mentor. Support penuh start up ke #pemimpin an kita
  • Setau saya hampir semua #pemimpin besar punya mentor atau penasehat kebijakan bahkan spiritual. Perkuat kepemimpinan
  • Kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah anda. Dan tdk ada istilah kesempatan kedua utk kesan pertama. #pemimpin
  • Dalam konteks kepemimpinan. Pengalaman lah yg akan membuktikan kematangan seseorang. Permasalahan itu berulang. #pemimpin
  • Yang berbeda adalah kemampuan #pemimpin menyikapi permasalahan tsb. Pengalaman lah yg akan berbicara jika hadapi masalah
  • Maka tak heran banyak orang yg terlihat mjdkan amanah kepemimpinan sbg karir. Mungkin tampaknya begitu. #pemimpin
  • Tp sebenarnya ia hanya menjalani hidupnya secara luar biasa dan komunitas mengamanahkan dirinya. Bertambahlah kapasitasnya. #pemimpin
  • Sering kita lihat di kampus. Ketua himpunan. Lalu jd ketua bem fakultas dan jd presiden mahasiswa. Tampak berjenjang kan? #pemimpin
  • Knp saya gunakan tampak dan terlihat. Krn bisa jd dia tak merencanakan detail spt itu. Tapi lingkungan yg dukung dia tuk jd #pemimpin
  • Inilah ketika potensi lahiriyah pemimpin di poles oleh lingkungan yg memberinya kesempatan tuk berkembang. #pemimpin
  • Istilah post power syndrom seringkali tjd bila seseorang gagal mengatur emosi nya ketika tak memimpin. Terlalu nyaman. #pemimpin
  • Buat sebagian orang mjd #pemimpin adalah tantangan tersendiri. Banyak kepuasan yg diraih. Tp ingat jgn sampai sampingkan organisasi
  • Visi besar organisasi jgn sampai tertutup oleh ambisi individu. Coba lakukan secara kongruen. Perlahan tapi sinergi. #pemimpin
  • Apakah salah bila ada pencapaian pribadi yg diraih selama menjalankan visi organisasi? Tidak. Boleh.Sbg bekal jika ada amanah lain #pemimpjn
  • Bicara soal #pemimpin pasti akan sangat terkait dgn tim yg mendukungnya. We need a superteam not a superman.
  • Toh pd akhirnya di film holiwud. Capt.america juga bersatu bikin tim sama iron man hulk dan thor tuk melawan loki hehe #pemimpin
  • Seorang yg kuat saja tdk cukup. Butuh tim yg kuat yg mendukungnya. Ingat, tim bukan bawahan. Tp mereka yg punya kapasitas selevel. #pemimpin
  • Dlm organisasi yg saya pimpin saya sll punya konsep kep.sektor atau menteri koordinator dgn jumlah 4-5. Mrkalah tim inti. #pemimpin
  • Tim inti sebisa mungkin kapasitasnya ga jauh beda sama kita dan sevisi tentunya. Lbh baik jk punya spesialisasi tertentu. #pemimpin
  • Spesialisasi ini tak mesti sesuatu yg teknis. Bisa jg kemampuan persuasi, kapasitas berjejaring dll. #pemimpin
  • Sehingga bila ada satu dua tiga atau lbh kekurangan dr #pemimpin . Tim inti ini bisa menutupinya. Jadilah dream team
  • Mesti saya akui saya sering gegabah atau tergesa gesa mengambil keputusan&suka meremehkan detail.Tim lah yg menutupi lubang itu #pemimpin
  • Kadang perdebatan sengit tjd di tim inti. Itu tak mengapa. Konsekuensi krn di isi oleh orang hebat. #pemimpin semua isinya
  • Ada yg bilang #pemimpin tak bisa di satukan krn ego masing masing. Tp itulah menariknya. Bisa kah kita mengharmoniskan potensi besar itu
  • Agar ego #pemimpin ini terkendali maka dibutuhkan visa bersama yg menaungi kapasitas masing masing individu. Tantang mereka dgn visi besar
  • Oleh krn itu kekuatan visi besar inilah yg menjadikan individu individu besar semakin besar dan berjwa besar. Itulah tim. #pemimpin
  • Mentor visi dan tim sdh dibahas selanjutnya transformasi. Tema #pemimpin ini bisa seharian tampaknya. Hehe
  • Transformasi gaya kepemimpinan perlu dilakukan.Krn setiap komunitas punya khasnya masing masing.Bahkan bisa jd komunitas yg sama pun berubah
  • Artinya kita tdk bisa menggunakan satu pakem gaya memimpin yg sama setiap saat. Harus ada transformasi 🙂 #pemimpin
  • Saya selesai melayani @GAMAISITB pd desember 2008. Dan sekitar januari 2009 sdh mulai kampanye presiden @KM_ITB . Maret terpilih. #pemimpin
  • Memimpin lembaga dakwah kampus dan badan eksekutif mahasiswa tentu beda banget. Beda semuanya. Butuh transformasi. #pemimpin
  • Sbg mantan kepala @GAMAISITB sbagian org mgkn bertanya apakah saya akan mengislamkan kampus setelah jd presiden mahasiswa? #pemimpin
  • Tentu saya tdk punya niat tuk islam kan mahasiswa itb. Tp saya punya visi menebar nilai islam. Dlm bahasa yg alikatif tentunya. #pemimpin
  • Saya percaya kalau islam itu rahmatan lil alamin. Shg kepemimpinan sy hrs bermanfaat bagi semua. Bukan hanya yg muslim. #pemimpin
  • Maka saya menjawab kekhawatiran yg ada dgn memulai dr transformasi kabinet yg mjd tim saya selama setahun.#pemimpin
  • Saya hanya mengajak dua sahabat saya yg jd BPH di gamais utk duduk jd menteri di kabinet indonesia tersenyum. #pemimpin
  • Sisanya ? 8 ketua himpunan dan 5 ketua unit gabung ke kabinet kami. Sangat heterogen dan menarik. #pemimpin
  • Bahkan menteri kajian strategis saya seorang yg agak ke kiri an caa pandangnya. Btk harmonisasi potensi kebaikan tuk visi besar. #pemimpin
  • Beda posisi akan beda cara memimpin. Percayalah. Kuncinya cuma satu belajar dan belajar. #pemimpin
  • Dgn kita terus belajar dan mencari tantangan kepemimpinan baru akan membuat diri kita semakin matang. #pemimpin
  • Kenali potensimu, komunitasmu, dan konstituenmu. Analisa sumber daya organisasi. Lalu lakukan transformasi kepemimpinan. #pemimpin
  • Ok sblm berangkat ke acara @rohis34 . Kita lanjut bagian selanjutnya ya. Yaitu jualan. Hehe #pemimpin harus bisa jualan
  • Pemimpin adalah pemimpi yg Ngajak. Hehe maksa ya. Yuph. Seorang #pemimpin hrs pandai menjual visi nya kpd komumitasnya
  • Selain jualan visi, #pemimpin jg harus bisa jualan produk organisasi, program kerja, dan lainnya. Jualan itu bagian dr kepemimpinan
  • Itu mengapa banyak #pemimpin yg punya latar belakang pengusaha atau setidaknya pernah terlibat urusan jual beli
  • Kemampuan jualan ini sgt menarik. Krn konsepnya sgt mendalam. Ada proses inovasi, packaging, promo, meyakinkan, lobi dan deal. #pemimpin
  • Menurut saya setiap orang punya potensi buat jualan. Tp kebanyakan mereka malu utk jualan. #pemimpin
  • Saya punya bbrp buku yg self publishing. Nulis cetak kemas dan jual sendiri. 1000 buku habis 4-5 bulan. #pemimpin
  • Dengan kemampuan jualan. Organisasi akan lbh berkembang. Jejaring bertambah. Gerakan lbh dahsyat. #pemimpin
  • Jualan beda dgn umbar janji atau bluffing. Jualan harus jujur. Barangnya harus ada. Dan ada transaksional moral disana. #pemimpin
  • Saya banyak belajar jualan dr @kangrendy . Saya terapkan dlm konteks organisasi. Alhamdulillah hasilnya baik. #pemimpin
  • Gimana nih tema #pemimpin masih pada pengen ka ya ? Td jualan udah ya. Skrg tema nya menyentuh hati sbg pemimpin
  • Kata abas asyisi dalam bukunya bagaimana menyentuh hati. #pemimpin Yg baik perlu mampu mengenal bagaimana yg dipimpinnya.
  • Sebagai seorang #pemimpin . Kemampuan utk mengenal anggota nya adalah keunggulan tersendiri. Membangun suasana hangat di organisasi
  • Sbg #pemimpin mengenal siapa yg dipimpin akan membuat organisasi berjalan lbh hidup dan dinamis.
  • agak aneh bila kita menemukan #pemimpin yang malas mengenal lebih dalam anggotanya. padahal itulah kekuatan kepemimpinannya.
  • ajak anggotamu diskusi, kenali dia lebih dalam. buat dia berpikir dan bermimpi bersamamu akan visi besar organisasi. #pemimpin
  • dengan kita mengajak anggota kita berbagi dan bermimpi akan membuat ia akan lebih merasa memiliki organisasi shg ia mau berkorban. #pemimpin
  • kemampuan inilah yang disebut komunikasi internal. menginternalisasi visi besar #pemimpin dan organisasi ke anggota.
  • dalam pemahaman saya bahkan. tahap mengenal dan menyatukan hati anggota adalah bab awal sebelum berbicara visi kedepan. #pemimpin
  • kalau kita sudah sehati sebagai tim. maka rencanakan apapun akan lebih mudah untuk di implementasikan. #pemimpin
  • sempatkanlah meski jadwalmu padat untuk bisa berbagi dengan anggota mu. sentuh hati mereka. ajak mereka berjuang bersamamu. #pemimpin
  • ibarat dokter. menyentuh hati adalah spt mengenal/diagnosa pasien. kenali secara detail dan berikan sentuhan terbaikmu. #pemimpin
  • kalau bahasa praktisnya. coba agendakan waktu utk makan2 atau kongkow bareng. diskusi informal lbh menyentuh hati. #pemimpin
  • hilangi kesenjangan antara anggota dan #pemimpin . itu hanya membuat kebekuan di organisasi kamu. dekati jarak. dan bekerjalah dgn senyum
  • sebesar apapun organisasi kamu. setinggi apapun posisi kamu. pastikan sentuhan hati ke anggotamu sebagai kewajiban #pemimpin
  • Lanjut ya. Skrg sesi share pengalaman saat memimpin @KM_ITB . Saya jd presiden mahasiswa di itb tahun 2009-2010. #pemimpin
  • Saya mencalonkan diri bersama pasangan saya bung @bennynafariza . Dgn visi mari kita buat indonesia tersenyum. #pemimpin
  • Kata tersenyum bisa jd tampak feminim sekali utk kampus maskulin cem itb. Tp itulah strategi komunikasi visi. #pemimpin
  • Kata tersenyum adalah representatif dr bahagia hati. Rasa syukur dan ikhlas akan kesejahteraan yg dirasa. #pemimpin
  • Kita bahkan sampai berkolaborasi dgn @fruitnsalads utk membuat lagu indonesiaku tersenyum sbg media penebar gagasan. #pemimpin
  • Dari pengalaman saya. Visi yg baik adalah visi yg bisa dikomunikasikan kpd publik dgn baik. Dan publik menerimanya scr positif. #pemimpin
  • Permainan kata diksi dan rima bisa jd kunci yg efektif utk tebarkan narasi perubahan yg mau kita usung. #pemimpin
  • Selain itu repetisi dr visi tsb mjd kunci agar visi kita msk alam bawah sadar publik. Saya gunakan lagu @fruitnsalads sbg media. #pemimpin
  • Lagu adalah media yg efektif. Publik senang dan menerima dgn mudah. Membuat visi kita di internalisasi publik. #pemimpin
  • Platform kepemimpinan saya di @KM_ITB mencapai 50 halaman penuh. Tp bahasa visi nya “hanya” mari kita bua indonesia tersenyum #pemimpin
  • Artinya ? Kajian kita yg mendalam perlu jg di bahasakan dgn menarik agar publik merespon. Bahasa yg menjiwai dan asik. #pemimpin
  • Coba denger lagunya @fruitnsalads yg indonesiaku tersenyum . Sangat menarik, seru, dan bisa komunikasikan visi. #pemimpin
  • Selanjutnya kita bahas ttg kritik. #pemimpin dan kritik itu spt sahabat hehe. Pemimpin akan sgt dekat dgn kritik
  • Jgn coba coba jd #pemimpin kalau anti kritik bisa stress sendiri. Pemimpin yg bagus pun ttp kena kritik
  • Rakyat kritik ke #pemimpin itu kewajiban. Shg seni mengatasi kritik sangat penting. Kuncinya? Setengah isi setengah kosong
  • Tidak semua kritik itu salah dan juga benar. Kita coba ambil bagian kritik yg bisa kita selaraskan dgn diri. #pemimpin
  • Ada kritik yg sifatnya personal. Ada juga yg sifatnya organisasi. Dan yg sifatnya kebijakan. Coba di pisahkan. #pemimpin
  • Pemisahan jenis ini agar kita bisa lbh mudah menempatkan kritik agar jd bahan evaluasi yg membangun. #pemimpin
  • Sebaik baiknya kritik adalah yg bisa jd bekal perbaikan kedepan. Kritik itu penting tuk evaluasi,agar lbh baik. #pemimpin
  • Setengah isi dan kosong maksudnya gini. Kita jgn terima mentah mentah kritik tp jg jangan tolak total krn ego diri. #pemimpin
  • Semakin bijak dan pengalaman #pemimpin membuat dia bisa kelola kritik dgn lbh indah. Hadapi dgn senyuman hehe
  • Kalau yg mengkritik bicara dgn emosi, jgn terpancing. Hiraukan emosinya dan ambil pesan kritiknya. #pemimpin
  • Semakin tinggi posisi kamu. Semakin mudah terlihat kekuranganmu. Jadilah dirimu sasara empuk utk di kritik. #pemimpin
  • Serbuu »» “@fruitnsalads: http://t.co/jseI1yzJ bang 🙂 “@a_Rosyidin: @udayusuf @fruitnsalads Lagunya bs di download d mana nih bang ??””
  • Kita lanjut ya ttg #pemimpin sampai zuhur. Bagian lain dr pemimpin yg perlu dikuasai adalah kemampuan mengelola tim scr bijak
  • Ingat, bila kamu punya 20 anggota dlm tim kamu artinya kamu hrs kelola 20 pemikiran, latar belakang, ego, dan ambisi. #pemimpin
  • Tak mudah utk sinergikan potensi tsb agar semuanya berjalan selaras dgn visi organisasi. Ada seni tersendiri. #pemimpin
  • Kala kamu memimpin mulai biasakan.utk membentuk struktur yg sesuai kapasitas kamu. Jgn asal niru struktur yg ada. #pemimpin
  • Saya punya kapasitas maksimal 5 org yg langsung di bawah saya. Posisi koordinator. Kalau lbh bisa colaps. Tentukan standarmu. #pemimpin
  • Knp struktur penting. Krn dgn struktur lah kamu bekerja. Shg kamu hrs kuasai penuh. Jgn sampai ada yg menyimpang. #pemimpin
  • Penyeimbangan btk struktur ini jg bertujuan agar #pemimpin tdk pilih kasih saat memimpin. Bisa bagi fokus scr seimbang
  • Lalu. Pastikan juga kamu kenal karakter bekerja anggota kamu. Cara ia merespon kritik dan evaluasi. #pemimpin
  • Bisa jd setiap org punya cara pendekatan dan dipimpin yg berbeda. Maka #pemimpin harus mengalah dan coba mengerti
  • Mengalah dlm hal ini bukan berarti tidak tegas tp justru menjadikan kelembutan dan kehangatan #pemimpin kpd organisasi
  • Jadikan sanksi bukan sbg hukuman. Tp sbg btk evaluasi kinerja dan ekspresi cinta agar anggota kita lbh baik kedepannya. #pemimpin
  • Sebutlah di organisasimu ada tiga layer. Ketua, menko dan menteri. Biasakan rapat rutin keseluruhan sebulan sekali. #pemimpin
  • Lalu rapat kemenkoan per dua pekan. Rapat menteri satu atau dua pekan sekali . Dicatat dgn baik. #pemimpin
  • Dan yg paling penting, usahakan sang ketua dtg di setiap rapat hingga kementerian. Minimal tuk jd pendengar atau kasih saran. #pemimpin
  • Lbh ideal lagi di setiap rapat tsb sang ketua mengulang kembali visi misinya. Internalisasi di repetisi terus menerus. #pemimpin
  • Sang #pemimpin tak perlu hafal detail setiap kementerian. Tp perlu paham isu, dan tantangan yg ada. Shg berpikir komprehensif.
  • Kelolalah organisasi tsb dgn sistemik dan komprehensif agar keberjalanannya bisa kamu pantau dgn baik. Turun langsung. #pemimpin
  • Kepemimpina itu bisa ditempa. Setiap org punya potensi jd #pemimpin dgn karakter masing-masing dan bisa berhasil tentunya
  • Ada yg keras, ada yg lemah lembut, ada yg riang. Semua adalah #pemimpin dan bisa membuat legenda nya sendiri
  • Tantangan terbesar bagi seorang individu adalah menemukan pattern kepemimpinan yg cocok utk dirinya. #pemimpin
  • Kadang butuh trial n error berkali kali baru temukan pattern kepemimpinan yg pas bagi dia. #pemimpin
  • Tentu tdk mudah utk menemukan pattern ini. Bnyk yg berguguran krn terlanjur gagal jd #pemimpin pd kesempatan pertama-kedua.
  • Terus beranjak itu biasa. Tp bangkit dr kegagalan itu luar biasa. Itulah karakter #pemimpin
  • Inovasi dlm kepemimpinan itu tak mesti sesuatu yg benar benar baru. Sesuatu yg biasa yg dilakukan dgn cara luar biasa itu jg #pemimpin
  • Satu amanah. Ke amanah keemimpinan lain. Naik tingkat. Beda tantangan. Temukan gaya mu yg tepat dlm memimpin. #pemimpin
  • Seorang #pemimpin itu ialah ia yg melayani yg dipimpinnya. Mencintainya dgn sepenuh hati. Berkorban dan mau mewakafkan dirinya utk kemajuan
  • Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnya. Tetapi anda tdk bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya. #pemimpin
  • Kekuatan visi. Kemampuan komunikasi. Dan integritas keteladanan. Itulah tiga kunci kepemimpinan yg berkualitas. #pemimpin
  • Antara kepemimpinan dan cinta itu satu kesatuan. Antara perintah dan berkorban itu satu ikatan. #pemimpin
  • Maka jadilah #pemimpin yg mencintai dgn sepenuh hati. Berkorbanlah. Dan rasakan indahnya dicintai oleh pengikutmu.
  • Demikian rangkaian terakhir dr serial #pemimpin . Semoga bermanfaat utk kita semua. Mari kita buat Indonesia Tersenyum
Advertisements

4 Comments

  1. Wah, ini keren banget artikelnya. Pas banget buat saya yang masih hijau dalam masalah kepemimpinan ini. Makasih banget kang pencerahannya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s