Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Melting Pot bernama ISS


Den Haag, 11 September 2012

 

Cerita hidup itu terus berlanjut. Waktu saya masuk itb, saya sempat dikejutkan dgn beragamnya budaya indonesia. Yah kampus itb konon adalah melting pot le crim de la crim indonesia.

Temen dr batak dgn aku-kau nya, temen dr solo yg alon alon asal klakon, temen sunda dgn kehalusannya, temen minang dgn adat basandi syaraknya, dsb. Sangat menarik.

Saya belajar banyak ttg indonesia dr temen temen

di kampus. Bukan hal mudah utk berkolaborasi dgn mereka. Tapi akhirnya kita mampu dgn kekuatan visi yg sinergi.Skrg di belanda pun sama, ISS dikenal sbg melting potnya dunia. 175 mahasiswa dr 57 negara tahun ini hadir utk program masternya. Di program saya; governance, policy, and political economy; kita total 33 mahasiswa yg berasal dr 26 negara.

Bahkan deputi akademik kami bilang kalau ISS adalah mini united nations. Yah itulah, artinya di bbrp bulan kedepan saya punya kesempatan utk meleverage kapasitas international and multi cultural leadership.

Belajar dr negara lain, apa yg tjd disana, bgmn masyarakat disana, spt apa pemerintah yg berkuasa, rencana pembangunannya ?

Kesempatan besar, saya tdk hanya akan belajar ttg ilmu saja, tapi jg punya kesempatan berjejaring dunia.

Yah kita lihat aja. Setelah selesai kuliah, apakah saya dikapitalisasi mereka, atau kemampuan saya mengembangkan ide dan bikin proyek akan mampu mengkapitalisasi mereka?

One comment on “Melting Pot bernama ISS

  1. Salim
    September 22, 2012

    waah, tambah variatif atuh ka disana mah?
    .. ..
    ditunggu penggaalan kisah berikutnya !! 😀

Leave a Reply

Information

This entry was posted on September 20, 2012 by in Refleksi Mahasiswa S2.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,217,349 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
