Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Gagal lagi jadi Mahasiswa Beneran


Den Haag, 10 Oktober 2012

 

Ceritanya setelah lulu Sarjana di Universitas Gajah Duduk saya merenungkan hasil nilai saya yang terpampang di transkrip.

hmm… Kalkulus dapat D dua semester, Fisika ada C, Kimia ada C juga, Aspek Sosial dalam Perencanaan C, Perpetaan dpt C, perencanaan wilayah dapet C juga,,dan ada beberapa mata kuliah yang dapet AB dan B yang sebetulnya kalau saya rajin dikit saya bisa dapet lebih dari itu.

Intinya saya gagal cum laude. padahal pengen aja dpt titel itu. walau saya gak tau juga gunanya buat apa. tapi setidaknya kalau pas wisuda kan dipanggil “Ridwansyah Yusuf lulus dengan presikat cum laude” hehe ah gak penting sih sebenarnya.

Saya memang berencana S2 setelahnya, lalu pilihannya, apakah saya akan S2 di Indonesia atau di luar negeri. Saya saat itu berpikir, kalau di Indonesia pasti ga fokus, karena banyak kerjaan, banyak temen-temen gerakan. ujung-ujungnya saya jadi aktifis lagi seperti S1. dan kuliah jadi cuma selingan.

dengan tekad bulat dan mantab, saya merencanakan untuk kuliah S2 harus di luar negeri supaya bisa jadi akademisi tulen, dan full time.

Niatnya sih begitu, pengen juga kuliha yg bener. lulus cum laude. dan dapet berbagai penghargaan akademik. karena jujur, kalau ada pengisian CV, saya selalu mengkosongkan bagian ini. bukan apa-apa, saya gak pernah dpt penghargaan akademik sejak SD. hehe (kayaknya saya juga ga pernah rangking 1-3 deh di kelas).

lalu saya ke Belanda sejak 1.5 bulan lalu,…. mencoba menjalankan niat dan tekad bulat yang sudah dikumandangkan.

tapi entah mengapa 1-2 pekan kuliah pulang kuliah pulang buat hidup saya jadi hampa. Saya senang baca paper dan buku, nulis essay, tapi entah kenapa aktifitas seperti ini tidak buat hati saya bergetar.

Kadang saya jadi berpikir, jangan-jangan saya emang ga bakat jadi mahasiswa. hehe . .

ternyata tekad bulat saya hanya bertahan selama 2-3 pekan di belanda. ketika ada pengumuman pemilu PPI Belanda, ada suara hati yang gelisah. hahaha

singkat cerita saja maju dan terpilih.

Ah, tampaknya saya emang gak bisa jadi mahasiswa full time. curiga kalau nanti S3 juga tetap jadi aktifis lagi di negara lain. hehe

Entahlah, akhirnya saya kembali jadi aktifis mahasiswa lagi disini. entah angin apa yang membawa. hehe

refleksi bodoh saya mengatakan, kalau emang kamu sudah menemukan dunia kamu. kamu gak bisa bohongi itu.

daripada itu hati gelisah, mending jalani aja dengan suka cita. setiap pilihan hidup ada konsekuensinya. yah kita terima aja konsekuensi itu, asal hati kita senang hehe

#refkeksibodohmahasiswaesdua

5 comments on “Gagal lagi jadi Mahasiswa Beneran

  1. adriansmirza
    October 11, 2012

    Reblogged this on zhaardy's Blog.

  2. sekarozzorahigurashi
    October 13, 2012

    Persis! šŸ˜€

  3. ramadhan-odhon_34
    October 15, 2012

    gotcha! it’s the truth šŸ˜€

  4. heliocentre
    November 9, 2012

    Reblogged this on Titis Satiti and commented:
    Blognya pak Ridwan

  5. wahyu
    November 28, 2013

    kasusnya sama kaya gua, cup T_T

Leave a Reply

Information

This entry was posted on October 10, 2012 by in Refleksi Mahasiswa S2.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,220,124 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,318 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
