Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Konflik Kepentingan : Korupsi Pejabat


Den Haag, 7 Desember 2012

 

Ceritanya kemarin ada pejabat negara yang dicekal dan dijadikan tersangka sebuah kasus korupsi besar di negeri ini. Menariknya, pejabat ini langsung mengundurkan diri tanpa menunggu desakan sana sini.

buat saya menyikapinya agak bingung, disatu sisi saya mendukung sikap KPK akan penetapan tersangka ini. karena bagaimanapun ini sebuah terobosan bagi KPK. seorang pejabat negara yang kebetulan identik dengan pusat kekuasaan ditetapkan sebagai tersangka dan siap duduk di kursi pesakitan.

di sisi lainnya, saya cukup kenal dengan pejabat ini. beberapa kali bersua, kerjasama, dan beliau juga menghubungi saya sebelum saya berangkat ke Belanda hanya untuk menyampaikan ucapan selamat dan do’a.

yah, inilah yang disebut dengan konflik kepentingan. ketika keadaan ini menghadapi kita, maka tantangannya adalah bersikap rasional. meski menurut saya, tidak ada tuh yang namanya rasional dalam dunia ini. ada nilai dan rasa yang selalu mempengaruhi kita dalam berpikir dan mengambil keputusan.

sebagai warga negara saya senang adanya ketetapan tersangka, sebagai seorang yang mengenal pejabat ini saya simpatik kepada beliau.

pesan pendek saya ke beliau hanya dibalas dengan ‘mohon doanya’ . meski saya juga gak tau harus doa apa ? kalau doa beliau tak bersalah, artinya ada puzzle korupsi yang tak tertuntaskan. bingung kan ? hehehe

refleksi bodoh saya mengatakan, jagalah diri kamu, keluarga kamu, dan sahabat kamu dari tindakan korupsi semacam ini. antara kapasitas, pengorbanan, doa dan harta itu berbanding lurus.

kalau kapasitas bagus, pengorbanan banyak, doa juga konsisten. harta yang berlimpah akan menyusul.

namun bila kapasitas terbatas, dan malas berkorban, tetapi ingin harta banyak. maka ada jalan pintas yang diambil, tentu jalan pintas ini bukanlah jalan yang baik dan benar.

percayalah, kalau hidup hanya mengejar harta. maka kita akan lelah dengan sendirinya. tetapi bila hidup mengejar keberkahan dunia dan akhirat, maka harta lah yang akan mengejar kamu.

#refleksibodohmahasiswaesdua

4 comments on “Konflik Kepentingan : Korupsi Pejabat

  1. nurulhuda27
    December 7, 2012

    Reblogged this on NurulHuda27.

  2. shintashinta
    December 7, 2012

    Syukurlah lo msh bs kritis cup. Pas gw denger si bapak itu jd tersangka dan ngundurin diri, gw langsung pantengin FB lo, menunggu curhatan lo hehe :p soalnya kalian kan deket bgt

  3. Warda
    December 8, 2012

    Kata ustadz Hilmi –> Teman dlm kebaikan RT@dinopattidjalal sedih skali dengar berita terakhir andi malarangeng. whatever happens, he will always be my friend. Terlepas Pak AAM terbukti berslah atau ngga.

  4. tob markotob kang ucupks 🙂

Leave a Reply

Information

This entry was posted on December 7, 2012 by in Refleksi Mahasiswa S2.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,217,349 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
