Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Bacalah… karena dunia berubah


Den Haag 15 Desember 2012

Ceritanya saya sedang menulis makalah tugas kuliah, tema nya kapitalisme neo-liberal. tema ini cukup menarik memang karena banyak skeptisme tentang apakah pendekatan ekonomi ini akan berjalan dan berhasil ?

meski sayangnya di Indonesia diskusi tentang kapitalisme neo-liberal hanya sebatas label yang sangat barat dan lain-lainnya. itu benar adanya, tetapi menurut saya ada baiknya saya juga mendalami sedikit banyak agar punya perspektif yang lebih bisa dipertanggungjawabkan.

satu sisi yang menarik dari para pakar kapitalisme neo-liberal ini, mereka seakan ‘ngotot’ bahwa semua masalah di dunia ini akibat kapitalisme tidak berjalan.

permasalahan buruh terjadi karena pasar tidak dibiarkan bekerja secara sempurna. permasalahan lingkungan terjadi karena pemerintah intervensi pengelolaan alam. masalah sosial dan barang publik juga terjadi karena bukan swasta yang kelola. tantangan ketidakseimbangan pembangunan terjadi karena swasta tidak dibiarkan mengatur dirinya sendiri dan membuat standar yang sesuai dengan equilibrium.

alangkah indahnya bila memang ternyata masalah di dunia ini terjadi karena sesuatu yang belum dijalankan. bahasa kerennya, apapun masalahnya, kapitalisme lah solusinya. karena para ideolog kapitalis ini punya keyakinan bahwa ketika deman ketemu supply maka semua akan bahagia.

Ah alangkah indahnya keyakinan tersebut hehe 🙂

refleksi bodoh saya mengatakan, janganlah kita terbiasa berpikir ‘sesuatu hal adalah solusi segalanya’ , apalagi bila itu hanya sebatas label atau jargon yang ternyata tidak jelas bagaimana caranya dan belum terbukti implementasinya dalam dunia saat ini.

pada akhirnya segala sesuatu berubah, maka ide dan sistem pun harus mampu berevolusi dan menyesuaikan dengan zamannya. sistem yang pernah berhasil di masa lalu, tidaklah bisa mentah-mentah di jalankan untuk keadaan sekarang.

bukankah itu mengapa manusia diperintahkan untuk selalu membaca ?

#refleksibodohmahasiswaesdua

Advertisements

2 comments on “Bacalah… karena dunia berubah

  1. ikhwanalim
    December 15, 2012

    saya siy setuju klo segala sesuatu itu terjadi atas faktor supply-demand. tapi membiarkan supply-demand mengatur segalanya juga engga bener lho

    #refleksibodohikhwanalim

  2. nurulhuda27
    December 16, 2012

    Reblogged this on NurulHuda27.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on December 15, 2012 by in Refleksi Mahasiswa S2.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,226,999 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: