Kegagalan, Keberhasilan dan Kesabaran


Dubai, 18 Desember 2012

Ceritanya saya sedang mengisi waktu luang di Bandara di sebuah kota di timur tengah bersama sahabat saya. berbekal kupon makan gratis dari maskapai penerbangan kami karena transit lebih dari 4 jam.

Dalam diskusi kami banyak membahas tentang kegagalan, kesabaran, dan keberhasilan. Ternyata ketiga hal ini adalah tiga serangkai yang selalu bersama. Saling berkait, saling berpengaruh, dan saling melengkapi romantika kehidupan.

Manusia memang sulit sekali menerima kegagalan, dunia seakan runtuh ketika kegagalan datang. Bisnis bangkrut, beasiswa kuliah tak kunjung dapat, gaji berkurang dan sebagainya. Padahal kita pernah hidup tanpa sesuatu, kenapa ketika sesuatu diambil kita jadi panik dan tidak rasional.

Manusia banyak juga yang berhasil, tetapi sadarkan keberhasilan itu bukan sesuatu yang cepat dan berlangsung begitu saja. Ada proses, ada pengorbanan, ada kegagalan yang menyertai, dan ada kematangan diri yang menguatkan fondasi keberhasilan.

dan pada akhirnya, kami sedikit menyimpulkan, bahwa kunci dari keduanya adalah kesabaran. Sabar kala gagal dan berhasil. karena kunci dari menghadapi kegagalan adalah sabar, dan kunci menggapai keberhasilan adalah sabar.

refleksi bodoh saya mengatakan, jadilah pribadi yang sabar. maka kamu bisa mengelola kegagalan dan keberhasilan. selamat menjadi pribadi yang sabar

#refleksibodohmahasiswaesdua

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s