Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Judul thesis


Den Haag, 26 Januari 2013

 

Ceritanya saya kembali pada sebuah posisi yang paling saya tidak suka. ‘menentukan judul penelitian tesis’. dan komentar yang paling saya benci dalam proses ini adalah ‘topik kamu terlalu luas, apakan riset ini feasible, metodologi kamu tidak tepat’.

teringat ketika proses pengerjaan skripsi sarjana, pada pertemuan pertama saya dengan pembimbing saya mengatakan ‘pak, saya sedang kampanye presiden mahasiswa, mohon maaf’. Dengan bijak beliau mengatakan ‘silahkan’. lalu pertemuan selanjutnya, ‘pak saya terpilih sebagai presiden mahasiswa, tampaknya saya akan lulus tahun depan’. dan beliau kembali mengatakan ‘silahkan, coba baca-baca aja dulu, nanti kalau sudah lenggang kita diskusi lagi’.

lalu kurang dari setahun kemudian saya kembali lagi dengan sebuah ide, namun dinilai kurang relevan. Hingga sang pembimbing menawarkan sebuah tema yang terkait dengan penelitian yang beliau kerjakan. singkat cerita saya terima, saya kerjakan, dan mendapatkan nilai ‘straight A’.

Saya berangkat ke belanda dengan sebuah judul penelitian yang tampaknya keren banget ‘triple-helix (of business-academia-government) institutional framework in enhanching industrial value chain: a case from Indonesia manufacturing industry’. Meski saya sampai sekarang belum yakin juga bagaimana cara mengerjakan, hehe

lantas saya berpikir praktis (atau pragmatis) dalam menentukan judul thesis.

pertama, saya balikkan logika judul thesis dicocokan dengan pembimbing, menjadi saya mencari profesor yang cocok secara chemistry dengan saya dan saya kerjakan thesis sesuai dengan bidang beliau

kedua, saya lihat riset profesor tersebut yang sedang berjalan dan juga tengok mahasiswa Ph.D dibawah bimbingannya. dan melihat adakah dari judul-judul penelitian yang ada cocok dengan minat saya

ketiga, pilih pembimbing yang juga kepala unit penelitian, punya akses dana banyak, dan juga seorang profesor. ini untuk jangka panjang, siapa tau ditarik ke unit risetnya; atau ada dana sisa buat penelitian, dan juga itung-itung untuk rekomendasi S3 suatu hari.

dari tiga pertimbangan ini, akhirnya saya menemukan tema yang menarik, buat saya sebuah tantangan tersendiri, karena saya belum pernah belajar tentang ini sebelumny secara mendalam.

dan tema itu adalah ‘small producer agency in the global value chain : a case from Indonesia fruit and vegetable farmer’

eng-ing-eng. saya akan melihat petani 🙂

refleksi bodoh saya mengatakan ‘thesis ini kan bukan kerjaan seumur hidup, hanya beberapa bulan, tak perlulah saya desperado parah karena memikirkannya’. kalau memang ingin meneliti sesuatu yang berdasarkan idealisme kamu, itu bisa dilakukan kapanpun, tetapi sata thesis, kerjakan sesuatu yang bisa dikerjakan dengan sebaik mungkin, pahami langkah-langkahnya dengan benar, lalu raihlah nilai setinggi mungkin.

#refleksibodohmahasiswaesdua

One comment on “Judul thesis

  1. heningsept
    January 28, 2013

    semangat! lg ngerjain tesis jg. tadinya pgn tesis dgn suatu topik yg saya pilih, tp ga nemu pembimbing yg cocok bgt. akhirnya cari pembimbing dlm bidang yg sama, dan ngerjain topik dr beliau. tp berharap suatu saat bs ngerjain penelitian dgn topik yg saya inginkan di awal 😀 #curcol

Leave a Reply

Information

This entry was posted on January 26, 2013 by in Refleksi Mahasiswa S2.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,226,691 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
