Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Orasi


Den Haag 26 Maret 2013

DSC_0224

Ceritanya saya beberapa hari lalu saya melakukan apa yang orang-orang sebut dengan orasi. ya orasi. rasanya terakhir kali saya orasi adalah awal tahun 2010 di depan istana negara. artinya sudah tiga tahun saya tidak melakukan orasi ini.

ada masanya, dulu, orasi adalah bagian dari aktivitas bulanan atau bahkan mingguan. bicara di terik mentari, ratusan demonstran dengan pengeras suara yang sama sekali tidak keras, dan akhirnya memaksa kita untuk berteriak dan menghabiskan tenaga.

orasi kemarin, buat saya berbeda. kenapa? karena keadaan dan segala aktivitas penunjangnya sangatlah berbeda. saya orasi di depan warga Indonesia di luar negeri dan beberapa pejabat publik, artinya sasaran orasi saya langsung di depan mata. saya mengenakan jas lengkap dengan sepatu van tovel, tak berkeringat dan di atas karpet yang nyaman. saya tak perlu berteriak, karena kualitas pengerasnya merupakan yang terbaik.

menyampaikan gagasan tentang Indonesia di luar negeri adalah sebuah tantangan tersendiri. Mengutip ucapan Bung Hatta di tanah tempat beliau pernah berada merupakan sebuah kebanggan tersendiri. dan melantangkan ide-ide idealisme di tengah hiruk pikuk keramaian adalah sebuah kepuasan tersendiri.

akhirnya hanya bisa do’a ‘Lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku’ yang mampu membuat semuanya menjadi nyata.

Refleksi bodoh saya mengatakan, bersama antusiasme selalu ada rasa grogi. Apalagi untuk suatu yang pertama kali dilakukan. Tak mudah untuk melaju langkah pertama, tapi kamu akan merasa lega kala kedua kaki kamu melangkah. Setidaknya kala itu kita sadar bahwa satu tingkatan kapasitas telah terlewati.

#refleksibodohmahasiswaesdua

ah iya, rekaman orasinya bisa dilihat di : http://www.youtube.com/watch?v=Rghb9vyqM44

Advertisements

4 comments on “Orasi

  1. alipdp
    March 26, 2013

    keren bang 🙂

  2. bungaca
    March 26, 2013

    sering2 kang 😀

  3. ardika
    March 27, 2013

    Kereeeennnnnnnnnnnn

  4. rahmansyahimam
    April 27, 2013

    kang yusuf, coba tambahkan postingan Vieonya, biar Dunia tahu aroma romantisme Hatta sedang bermekar kembali untuk Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on March 26, 2013 by in Refleksi Mahasiswa S2.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,226,999 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: