Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Kompetensi dan Komunikasi


Tol Cipularang 20 Agustus 2013

Profil Lengkap Jokowi

Ceritanya saya bermaksud memberikan ucapan apresiasi saya kepada Jokowi Ahok yang telah berhasil menertibkan PKL dan Preman di tanah abang, mengajak warga tinggal di rumah susun, dan terus memberikan informasi terkini tentang apa yang mereka kerjakan untuk membangun ibukota.

Beberapa waktu lalu saya menghabiskan waktu di taksi dan ojeg untuk malang melintas di jakarta. perjalanan cukup panjang membuat kita jadi mengajak sang pengemudi untuk berbincang. Salah satu pertanyaan iseng saya adalah ‘bagaimana jokowi boss?’.

ternyata mereka semua punya perasaan yang sama. yaitu mereka merasakan kehadiran jokowi. mereka merasa dekat karena mengetahui apa yang jokowi telah lakukan. dan mereka bangga karena jokowi tak ubahnya mereka sendiri.

Statistik yang kerap jadi senjata SBY untuk membuktikan dia telah berhasil ternyata tak berlaku untuk warga kota. mereka tak mengerti dan tak peduli berapa peningkatan indeks pembangunan manusia dan angka-angka cantik lainnya. karena bagi warga kota, angka itu hanya para orang yang menganggap dirinya terpelajar.

lantas, apa yang membuat jokowi dicintai? itu karena kemampuan komunikasi yang ia rekayasa sedemikian hingga dan berbuah kepercayaan publik bahwa ia sedang bekerja keras untuk warga. Pencitraan? menurut saya tidak sesempit itu, tapi itu merupakan sebuah strategi terstruktur yang sangat handal. ia mematahkan persoalan fundamental dari kepemimpinan, yaitu kemampuan komunikasi. Komunikasi bahwa saya bekerja, saya serius, dan saya mencintai warga.

terlalu banyak orang cerdas di negeri ini yang frustasi karena gagal mendapatkan apresiasi. Bukan karena ia gagal beneran, tapi karena ia tidak mampu menghadirkan ide dan kerja kerasnya ke dalam pikiran warga nya.

mereka yang telah merebut hati warga akan jauh lebih mudah dalam memimpin. karena ia akan mendapatkan pamrih, empati, semangat, dan dukungan dari warganya. tak peduli ia salah atau benar, selama ia terus hadir untuk warga, ia akan senantiasa memiliki banyak pendukung di sekelilingnya.

refleksi bodoh saya mengatakan bahwa kompetensi tanpa komunikasi itu nihil. komunikasi akan berbuah apresiasi, dan apresiasi adalah energi bagi kita untuk meningkatkan kompetensi.

‪#‎refleksibodohmahasiswaesdua‬

Advertisements

5 comments on “Kompetensi dan Komunikasi

  1. Rifki,ST
    August 20, 2013

    Reblogged this on Kaliki Santan.

  2. lazione budy
    August 21, 2013

    Jokowi for President 2014.
    Lebih cepat lebih baik.

  3. faadiyahh
    August 26, 2013

    Reblogged this on tentara bumi and commented:
    Belajar dari kepemimpinan Jokowi

  4. abi_gilang
    August 29, 2013

    Bekerja tanpa dukungan pulik malah jadi cape sendiri 🙂

  5. luminesceofzhifa
    September 18, 2013

    biarkan jokowi menyelesaikan jakarta dulu, kalo berhasil bolehlah jadi RI 1… semoga uda yusuf, bisa jadi jokowi untuk periodenya.. 🙂 #hidupUrangAwak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on August 20, 2013 by in Uncategorized.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,223,584 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: