Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Pergerakan Sosial Budaya Pelajar Indonesia di Luar Negeri


Den Haag 3 Oktober 2013

images
PPI Belanda tahun ini memiliki sebuah bidang bernama sosial, budaya, dan olahraga.  Fokus aktivitas yang kita lakukan tahun ini berada pada sosial dan budaya. Sedangkan untuk agenda festival budaya dan kompetisi olahraga; kami menyerahkan kepada PPI Kota untuk menjalankannya, dan PPI Belanda memberikan dukungan agar acara berlangsung semarak.

Agenda pertama kami dalam bidang ini adalah penggalangan dana, saat itu kami mencoba mengekspresikan kepedulian kami terhadap penodaan HAM dan Hak Kemerdekaan dari Palestina. Penggalangan dana pun kami lakukan sebagai bentuk kepedulian ini, dan lebih dari € 1.200 terkumpul dalam penggalangan dana ini. Hal ini menunjukkan bahwa pelajar Indonesia peka dengan isu skala dunia.  Kemudian berbagai penggalangan dana juga dilakukan untuk keperluan bantuan dana bagi Aceh, Banjir Jakarta, dan Sinabung. Animo pelajar sangat derasa bila di sentuh dengan penggalangan bantuan semacam ini.

Salah satu program yang saya piker berkesan dan menyentuh hati dalam kepengurusan ini adalah Sahabat van Holland; program ini sebenarnya sangat sederhana, kita hanya perlu mengirimkan kartu pos kepada adik-adik yang bersekolah di pelosok negeri. PPI Belanda dalam hal ini bekerjasama dengan Indonesia Mengajar untuk proses penyaluran kartu posnya. Dalam beberapa kesempatan –bahkan- kita menemui ada anak-anak yang ingin membalas kartu pos tersebut dengan surat yang lebih panjang. Alhasil kami coba fasilitasi keinginan tersebut dengan media scan surat lalu di email untuk mempermudah dan mengurangi biaya.

Saya membayangkan, adik-adik yang mendapat kartu pos dengan gambar kincir angina tau bunga tulip ini akan menyimpan kartu tersebut dengan baik. Hingga mereka tumbuh dewasa, bisa jadi sebagian dari mereka akan menyimpan kartu pos tersebut di meja belajarnya. Bila memang garis tangan berkehendak, sangat mungkin salah satu dari penerima kartu pos ini akan menjadi bagian dari PPI Belanda di masa mendatang, ya! Mereka berkuliah di Belanda.

Dari sebuah kartu pos dan berakhir pada mimpi besar anak bangsa. Siapa yang akan menyangka bila ternyata modal 1-2 euro akan berbuah meningkatnya martabat sebuah keluarga di pelosok nusantara. Pola pergerakan seperti ini-lah yang saya selalu katakan sebagai kegiatan high-value¸low budget, and big-impact.

Ada sebuah kegiatan yang kami jalani, awal mula ide acara ini adalah dari semangat kita menelusuri kembali perjalanan pendiri PPI Belanda 90 tahun silam. Kami menamani acara ini dengan HistoRun! a.k.a Historical Run. Sekitar 100 pelajar Indonesia berkumpul dalam rangkaian kegiatan sehari di kota Leiden ini. Selama satu hari perjalanan, kita mengunjungi beberapa titik yang memiliki sejarah dengan Indonesia seperti museum volkenkunde, jejak rumah pendirian PPI, rumah Snouck, puisi Chairil Anwar dan Rangga Warsito, makam pasukan KNIL, dan ukiran kalimat suku bugis di salah satu dindiing sungai. Di kota ini pula lah ada beberapa nama jalan yang identik dengan Indonesia seperti Sjahrir Straat, Java Straat, Madura Straat, dan sebagainya.

Buat para pelajar, tentunya media perjalanan napak tilas ini memberikan kenangan tersendiri. Kita tidak hanya belajar tentang masa lalu, tetapi kita juga berefleksi bagaimana menajamkan masa depan. Dari diskusi dan obrolan selama perjalanan, kita banyak berbincang tentang bagaimana bisa menyerap semangat yang dilakukan oleh para pendahulu. Bolehlah kita iri akan apa yang telah mereka lakukan, bila pergerakan masa itu berbuah Indonesia merdeka, lantas apa buah yang akan dihasilkan dari pergerakan kita saat ini?

PPI Belanda goes to campus! Acara ini sebenarnya agak telat lahir ide-nya, bahkan pada akhirnya telat juga pelaksanaannya karena kami sedikit meleset dalam melakukan penjajakan. Semangat dari program ini adalah untuk mengajak sebanyak mungkin anak muda Indonesia untuk bisa berkuliah di Belanda. Namun setelah berbagai upaya publikasi, program ini menarik 10 kampus untuk bekerjasama dengan PPI Belanda.  Setiap kunjungan tak kurang dari 50 peserta yang hadir, dalam beberapa kesempatan hingga 150 peserta yang turut meramaikan diskusi dan menunjukkan antusiasnya untuk bisa terbang ke Belanda.

Peran strategis yang dimiliki oleh bidang ini sangatlah penting dalam perkembangan PPI Belanda. Sosial adalah tanggung jawab moral yang melekat pada diri setiap pelajar, sudah sewajarkanya kita sebagai insan akademis menunjukkan sikap peduli pada sesama. Budaya adalah sesuatu yang melekat pada etika diri kita sebagai bangsa Indonesia. Kita bisa mendalami budaya dengan mempelajarinya kemudian mengekspresikannya dalam ragam bentuk. Dan Olahraga adalah semangat sportifitas yang perlu selalu dikembangkan oleh para pelajar, dengan kompetisi olahraga yang diadakan, para pelajar bisa saling mengenal juga juga menyegarkan diri sejenak dari rutinitas perkuliahan yang tiada henti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 16, 2013 by in Catatan Sekjend.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,227,326 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: