Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

mereka yang pernah hadir dan kini berlalu


Den Haag, 28 Oktober 2013

Dan-kita-pun-berlari

Ceritanya jelang penghujung studi, satu demi satu kawan pulang ke negara asal. termasuk kawan-kawan Indonesia di angkatan saya. mereka kembali ke aktivitas di tempat asal atau memulai hal baru di tempat yang saya juga tidak tau dimana. singkat kata, komunikasi pun jadi terbata.

Dalam hidup ini, saya sering mengalami hal-hal semacam ini. mereka yang pernah hadir dalam hidup saya. entah dia berjuang bersama saya, menghabiskan waktu bersama, atau juga menjadi bagian penting dalam pencapaian saya di masa tertentu. Tapi kini mereka telah tidak lagi berada dalam lingkar dekat kehidupan saya. saya tau mereka dimana, tetapi saya tidak tau apa isi pikiran mereka sekarang dan apa langkah yang akan di raih. padahal ada masa ketika saya tau isi pikiran mereka dan senantiasa mendukung langkah cita mereka.

‘mereka yang pernah hadir dan kini berlalu’ , saya tak tau ungkapan apa yang cocok. tetapi izinkan saya mengungkap dengan cara tersebut.

kadang saya berpikir, kenapa Sang Pencipta menciptakan orang-orang itu dalam hidup kita. sekedar berlalu, bersama sesaat saja. kalau mau pun dipaksa untuk selalu bersama, paling hanya beberapa sedikit. karena bisa jadi mereka memang punya skenario hidup yang berbeda, kebetulan saja kita pernah beririsan. Bisa jadi, mereka memang hadir dalam hidup kita untuk menyampaikan pesan Sang Pencipta untuk kita. melalui seorang yang pernah kita interaksi atau kita perhatikan karakternya.

kalau kita adalah aktor utama dalam hidup kita, maka mereka ini adalah para pemain lain. menariknya, mereka silih berganti. dan terkadang ketika telah terpisah, kita hanya bisa sekedar menyapa basa basi, dan tak tau harus bicara apa karena memang sketsa kita telah berbeda.

tetapi, sependek apapun sketsa yang pernah kita perankan bersama, selalu ada momen terbaik yang tak bisa terlupakan. dan ketika suatu hari kita bertemu kembali dalam keadaan yang sangat berbeda, momen itulah yang selalu menjadi bekal pembicaraan. kita bisa jadi hanya bisa tertawakan momen tersebut, tapi toh setidaknya itulah sketsa terbaik yang pernah kita perankan

Refleksi bodoh saya mengingatkan saya pun tak lama lagi akan meninggalkan Belanda. satu hal yang paling saya benci dari perkenalan adalah kemungkinan suatu hari saya akan mengucapkan selamat tinggal. tapi mungkin bila saatnya saya harus mengatakan itu, saya tidak akan mengatakan selamat tinggal. karena selamat tinggal itu menyedihkan. mungkin lebih baik saya katakan selamat datang.

Ya, Selamat datang untuk petualangan baru.

#refleksibodohmahasiswaesdua

4 comments on “mereka yang pernah hadir dan kini berlalu

  1. Ni Made Sri Andani
    October 28, 2013

    Renungan yang sangat inspiratif Pak. Saya membayangkan dua buah bola atom yang bergerak di alam semesta dengan bebasnya- adakalanya mereka berdekatan dan berbenturan sesaat, untuk kemudian menjauh lagi .. entah untuk suatu saat akan berbenturan lagi dengannya atau bahkan tak akan pernah terjadi lagi… karena setiap atom di alam semesta ini memiliki perjalanan panjangnya masing-masing seorang diri…

  2. yayangneville
    October 28, 2013

    Atau sampai jumpa lagi! Tot volgende keer, kawan!

  3. fae
    October 29, 2013

    selalu bermekaran sisi melow di ujung pertemuan..hehehe

    • ikhwanulmuhajir
      November 6, 2013

      sepertinya sisi melankolis siapa pun tidak bisa sembunyi bila telah sampai di ujung pertemuan

Leave a Reply

Information

This entry was posted on October 28, 2013 by in Refleksi Mahasiswa S2.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,226,999 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
