Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Kekacrutan Bahasa


Den Haag 10 November 2013

thesis1

Ceritanya tinggal 3 hari lagi hingga saya harus mengumpulkan thesis saya. Di sisa hari ini saya banyak menghabiskan waktu untuk revisi bahasa, struktur kalimat, dan memangkas paragraf. Semua bertujuan untuk membuat argumen lebih solid, pesan lebih mudah dipahami, dan alur lebih dapat dimengerti.

sebagai seorang yang menggeluti ilmu sosial, maka kekuatan dari thesis adalah pada kedalaman refleksi dan kejelasan dalam ekspresi pernyataan demi pernyataan. dan itu semua berurusan dengan sebuah bahasa yang bernama bahasa inggris. berhubung kampus saya bersepakat untuk menggunakan bahasa ini sebagai bahasa pengantar; maka saya mau tidak mau harus menguasainya agar bisa lolos dari dari kampus ini dengan predikat memuaskan.

Buat saya bahasa inggris ini bahasa yang aneh. terlalu banyak tata cara dan peraturan serta kata yang memiliki makna berbeda tergantung penggunanaannya. bahkan saya harus berkonflik dengan penggunaan kata ‘farmer’ dan ‘peasant’, yah itu salah satu contohnya. penggunaan kata ini tidak sekedar ekspresi komunikasi, tetapi juga ada penekanan ideologi. nah loh, makin bingung kan.

pahitnya lagi, dalam proses revisi ini saya sendiri kadang menemukan kalimat yang saya buat, dan saya sendiri tidak mengerti apa maksudnya. mungkin karena ketika menulis dulu terburu-buru atau sudah larut sehingga tidak ada aturan grammer yang di ikuti. sehingga, kalau boleh menuliskan ekspresi saya ketika membaca kalimat aneh itu adalah ‘anjrit, kacrut bener lah ini kalimat, apa maksudnya ya? kasus bener lah. sampah banget’ . yah karena itu hinaan untuk tulisan saya sendiri, maka tak mengapalah.

Hingga pagi ini, sudah 4 dari 6 bab saya tuntaska untuk revisi kekacrutan kalimat yang ada. besok saya harus tuntaskan lagi dua bab sisa nya. bayangkan, kalau saya saja tidak mengerti kalimatnya, apalagi yang baca. untung profesor saya belum baca detail; meski begitu saja dia juga sudah mengingatkan ‘Yusuf, please check your language before you submit it, I found you write it in haste’ . Sebenarnya bukan sekedar haste sih, udah kebelet malahan, kebelet mau segera selesai semua penderitaan ini.

okay, tinggal 3 hari. huff

Refleksi bodoh saya mengatakan dalam hidup ini, ada kalanya pesan yang baik itu tidak tersampai karena kita tidak bisa mengelola pesan itu dengan baik. banyak nilai berharga yang terpaksa diselimuti oleh cara menyampaikan yang tidak tepat. sehingga, nilai baik pun menjadi buruk karena sang pemberi pesan tidak mencerminkan keteladanan dari nilai baik tersebut.

semoga pesan baik di thesis saya ditangkap baik oleh tim menilai dan direspon dengan nilai akhir yang baik. Doakan.

#refleksibodohmahasiswaesdua

2 comments on “Kekacrutan Bahasa

  1. ardika
    November 10, 2013

    Semoga sukses bang!

  2. lazione budy
    November 14, 2013

    Good luck!

Leave a Reply

Information

This entry was posted on November 10, 2013 by in Refleksi Mahasiswa S2.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,227,333 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
