Tentang Kata dan Etika 


prabowo-jokowi

Barusan saya melihat video pidato dua calon presiden Indonesia selepas pengambilan nomor urut kampanye. Menarik menilai seorang dari kemampuannya berbicara di waktu singkat.

Hanya 3 menit

Untuk seorang Indonesia. Bicara padat singkat tajam itu tidak mudah. Kita terbiasa bicara panjang lebar berputar tak berujung. Sehingga menilai seorang dari apa yg dia katakan dan gestur apa yang dia pilih dalam 3 menit menjadi sesuatu yg menarik.

Prabowo memilih utk memberikan penghormatan kepada rival rival nya. Memberikan apresiasi kepada banyak pihak dan memberikan kesempatan pada wakil nya utk berbicara. Ia memilih tema ‘penghargaan’ utk pidato 3 menitnya.

Jokowi memilih utk sekedar menyapa para senior. Berbasa basi ttg pemilu dan membuat kiasan tentang nomor 2. Tak lupa di akhiri dengan ajakan untuk mendukung dirinta. Ia memilih tema ‘kampanye’ utk pidato 3 menitnya.

Pilihan tema ini dan jg gesture yg ditunjukkan bisa memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana prioritas hidup seorang, cara seorang memanfaatkan momentum, dan lensa yang digunakan dalam memimpin nantinya.

Pidato 3 menit adalah salah satu cara utk menilai kualitas seseorang. Apakah ia bijak dan negarawan atau seorang yang ambisius dan haus kuasa.

#silahkanmenilai 

Advertisements

6 Comments

  1. Jadi yang bisa saya simpulkan dari tulisan singkat diatas adalah :

    Prabowo yang sapa menyapa dan memberikan kesemapatan bicara untuk wakilnya.

    Dan, Jokowi yang berbicara tentang pemilu.

    Begitu??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s