Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

Trend Peningkatan Elektabilitas Prabowo-Hatta


Berita Satu

Melanjutkan diskusi kemarin dari hasil survey poltracking kemarin, saya ingin mencoba menganalisa mengapa terjadi trend positif dari elektabilitas prabowo – hatta. peningkatan ini perlu dicermati, karena akan menentukan hasil akhir dari pemilihan presiden mendatang. tak mudah bagi pasangan ini untuk menjaga ritme kenaikan elektabilitas, namun dengan strategi yang tepat, mereka bisa menggapainya.

Peningkatan pamor prabowo-hatta disebabkan oleh beberapa faktor:

1. prabowo telah memilih wakil yang tepat; baik dari sisi pengalaman birokrasi maupun potensi peningkatan suara. pengalaman hatta di kabinet sejak awal tahun 2000an seharusnya menjadi amunisi bagi prabowo untuk mendapatkan hal detail tentang seluk beluk pemerintah. Selain itu, Hatta cenderung bisa diterima oleh banyak pihak; baik dari partai Islam maupun nasionalis. ini terbukti dengan nyamannya partai Islam bergabung dalam koalisi tersebut dan merapatnya golkar dan demokrat.

2. isu negatif tentang prabowo terkait HAM dan tentang hatta terkait isu anaknya tidak / kereta listrik tidak berpengaruh banyak terhadap elektabilitas pasangan ini. hanya segelintir publik yang mengetahui/peduli tentang isu ini, dan buat mereka yang mengetahui pun relatif memaklumi dan tidak menjadikan sebagai alasan untuk berpaling ke pasangan lain.

3. peranan debat capres yang sudah berlangsung dua kali ternyata berdampak positif terhadap pasangan kandidat ini. beberapa gesture dan retorika yang pasangan ini tunjukkan ternyata mampu menarik simpatik pemilih.

4. jargon seperti macan asia ternyata mampu ditangkap dengan cepat oleh publik sebagai sebuah simbol perubahan menuju Indonesia yang berdaya saing global. tanpa perlu paham betul apa maksudnya, publik menerima pesan ini secara positif.


5. pola komunikasi terbuka prabowo ternyata mampu menarik partai-partai untuk bergabung. dan partai ini membawa gerbong penuh sebagai bentuk komitmen koalisinya.

Kembali, trend ini memang meningkat; tapi tak menjamin prabowo hatta bisa memenangkan pertarungan. masih ada 2-3 pekan lagi masa kompetisi yang perlu di isi dengan tepat. dalam sisa waktu yang ada; kedua pasangan masih punya kans yang sama untuk memenangi pertandingan.

Advertisements

4 comments on “Trend Peningkatan Elektabilitas Prabowo-Hatta

  1. hannahalzahra
    June 17, 2014

    Reblogged this on Day by Day and commented:
    Ayuk kita baca-baca :3

  2. Diamita
    June 20, 2014

    Ininihhhh analisa guwehhhh : tiga partai besar yang menang Pemilihan Legislatif kemarin adalah 1. PDIP 2. Golkar 3. Gerindra. Untuk Capres Jokowi dapat suara PDIP tentunya. Prabowo ? Gerindra dan sebagian besar Golkar karena Aburizal Bakri, Akbar Tanjung dan Titik Soeharto (mantan isti Prabowo) ada di Golkar berpihak kpd Prabowo. Tapi suara Golkar pecah karena sebagiannya mendukung Para Jendral yang memfitnah Prabowo yakni Wiranto cs. Suara partai Demokrat ke Prabowo karena wakil Pak Prabowo, Hatta Rajasa, adalah besan SBY dari Demokrat. Suara Muhammadiyah dan PAN ke Pak Prabowo karena ketua PAN adalah Hatta Rajasa. Suara umat Islam mayoritas ke Pak Prabowo karena mereka tidak akan membiarkan Jakarta dipimpin oleh nonmuslim. Jadiiii Prabowo mendapatkan dukungan Gerindra, sebagian besar Golkar, sebagian besar Demokrat, sebagian besar PAN, dan sebagian besar umat Islam. Parabowo akan menang TELAK. Inshaa Allah. Aamiinnnn. Kalau survey mah yang beredar sekarang bisa manipulatif.

  3. nurulhuda27
    June 22, 2014

    Reblogged this on NurulHuda27.

  4. nurulhuda27
    June 22, 2014

    Analisinya keren.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 16, 2014 by in Sosial dan Politik.

Twitter @udayusuf

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,223,584 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: