.:leukemia:.


terkadang seringkali beberapa orang tua bertanya kepada saya. bisa gak sih leukemia itu di sembuhkan, tanpa berpikir saya menjawab “iya”. jawaban “iya” ini bukan tanpa alasan dan bukti, akan tetapi memang sebuah fakta yang terjadi. fakta dimana memang kanker darah-sebutan tradisionalnya bisa disembuhkan secara total. mungkin ada berapa pertanyaan yang sering tiba ke saya. saya akan rangkum dalam FAQ’s.

tanya : apa sih sebab anak saya bisa terkena leukemia ?

jawab : banyak faktor, antara lain makanan yang tidak sehat, radiasi, lingkungan, dan faktor antibodi anak

tanya : apa leukemia itu penyakit genetik ?

jawab : bukan, tidak ada faktor genetik dalam leukemia, jika ada dalam satu keluarga terkena leukemia lebih dari 1 orang, itu hanya kebetulan saja

tanya : bagaimana agar anak saya sembuh ?

jawab : pengobatan medis saat ini sudah bisa menyembuhkan leukemia dengan baik, saya menyarankan pasien dapat dibawa ke rumah sakit yang dapat menangani kanker, biasanya rumaha sakit skala propinsi sudah bisa menangani kanker. jika memungkinkan rumah sakit dharmais jakarta dapat menjadi solusi. anda bisa hubungi dr.djajadiman gatot atau dr.edi setiawan sebagai konsultan untuk penyakit anak anda

tanya : berapa lama pengobatannya ?

jawab : pengobatan kanker memang butuh waktu agak lama, sekitar 2-3 tahun  untuk pengobatan, dan 4-10 tahun untuk maintanance. lama pengobatan tergantung jenis leukemia, ada yang ALL, AML, dan CML. biasanya dokter mempunyai protokol khusus untuk setiap jenis leukemia.

tanya : bagaimana bentuk pengobatan leukemia ?

jawab : pengobatan leukemia dilakukan dengan Chemotherapy, obat dimasukkan dengan suntik dan obat minum, kadar dan dosis tergantung pasien

tanya : bagaimana mendeteksi leukemia ?

jawab : anda harus lihat dulu gejala awalnya seperti demam berkepanjangan, nyeri di sendi sendi tulang, dan banyak lagi, pengecekkan awal bisa dengan cek darah yang di indikasikan dengan leukosit dan blast, pada tahap lanjut , cek sum – sum tulang belakang bisa menjadi media untuk pemeriksaan lebih lanjut

tanya : anak saya sudah mengidap leukemia , apa yang harus saya perhatikan ?

jawab : selain pengobatan yang teratur ( harus sabar kalo pengobatan leukemia ), makanan anak perlu diperhatikan, kurangi fast food dan perbanyak buah dan sayuran. selain itu dalam masa pengobatan, usahakan anak terhindar dari lingkungan kotor, karena biasanya antibodi anak lemah, sehingga mudah terserang penyakit lain.

tanya : bagaimana saya harus memperlalukan anak saya ?

jawab : jangan diperlakukan beda dengan anak anda yang lain, tetap sama ratakan dia, biarkan ia main, sekolah, dan berkreasi seperti biasa

tanya : apakah kemotrapi akan menghambat perkembangan otak anak ?

jawab : tidak … kemotrapi tidak berdampak negatif untuk otak

tanya : apakah ada efek samping dari leukemia setelah anak sembuh

jawab : secara fisik tidak, secara mental mungkin, tapi biasanya pasien leukemia adalah pasien yang tangguh ketika telah sembuh, ia akan lebih struggle dalam menghadapi ujian

tanya : pengobatan di Indonesia mengecewakan, saya tidak mendapat kejelasan tentang kesembuhan anak saya, apa yang harus saya lakukan ?

jawab: jika memang anda memiliki uang lebih, bawa saja anak anda ke luar negeri, saya rekomendasikan ke singapura, disana selain biaya hidup tidak begitu tinggi serta dekat dengan indonesia, teknologi disana sudah sangat maju, dan memungkinkan pendeteksian lebih dini. anda bisa menghubungi dr. allen yoeh eng juh atau dr quah TC, anda bisa menyebut nama saya untuk sebagai merekomendasi.

tanya : apakah pendidikan anak saya akan terhambat dengan pengobatan ?

jawab : terhambat tentu, perlu kerja keras dari anak dan orang tua untuk melewati leukemia. tapi saya rasa tidak perlu tinggal kelas, bawa saja buku-buku pelajaran ketika di opname

—————————————————————–

sumber : pengalaman pribadi

untuk saudara sekalian pengunjung blog yang ingin diskusi, share atau bertanya tentang leukemia anak, silahkan ditanyakan di halaman ini, saya akan coba untuk jawab sebisa saya.

dibawah ini ada beberapa tulisan saya tentang kanker anak ;

kanker anak : mereka butuh keyakinan masa depan

kanker anak : peran keluarga dalam penyembuhan pasien

untuk informasi lebih lanjut, dapat didiskusikan langsung melalui email ke : ridwansyahyusuf@gmail.com

Advertisements

130 Comments

  1. tertarik ya sama bidang hematologi khususnya yg ngebahas leukemia? kenapa? aneh.. ga nyambung.. secara antum anak teknik.. itb gitu..

    he.. afwan banyak komen 😀

      1. ga ada efeknya sama sekali.. anak saya sudah 2 kali diambil cairan tulang sumsum,ga apa2.. dan Prof Djajadiman bilang.. pengambilang cairan tulang sumsum itu justru prosedur yang paling aman.

  2. Assalamu’alaikum…

    Menarik sekali, singkat memang, tapi cukup memberikan banyak informasi.. Dw sepakat kalo teman-teman yang lepas dari leukimia relatif akan menjadi orang yang lebih tangguh..
    Boleh gak sharing tentang perasaan atau kondisi yang dialami saat berjuang melawan leukimia?
    Kebetulan dw lagi akan membuat riset tentang leukemia pada anak..
    Moga dengan semakin banyaknya orang yang peduli dengan leukemia, akan mengurangi jumlah penderitanya…

    Wassalam..

  3. saya ingin tanya mengenai cancer buster community, apakah itu semacam komunitas kanker untuk anak? seandainya iya boleh saya bergabung? anak saya di diagnosa menderita kanker (rhabdomyosarcama) sejak tahun lalu… saat ini saya masih terus mencari info sebanyk-banyaknya mengenai kanker pada anak.

    terima kasih

  4. akh..klarifikasi..
    ada beberapa bentuk CLL yang dapat berhubungan secara genetik..begitu juga AML (keterkaitan dgn Down syndrome).
    Meskipun ini masih dalam riset, banyak hal yang mendukung katanya..

    Dalam dua pekan ini, ada kasus baru yang didiagnosis AML juga di RSHS. Seorang anak umur 15 tahun. Dan ternyata, memang kakak sang pasien juga menderita leukemia. Kalo bhs kedokteran, mengatakan survival rate orang dengan genetik leukemia lebih rendah dibanding yang tidak ada hubungan genetik. Mudah2an bahasanya bisa dimengerti..Wallahu’alam.

    Terlepas dari itu, insyaAllah..
    setiap penyakit Allah ciptakan bersama dengan obatnya..
    yakinlah..

  5. Saya lagi bikin tesis mengenai efektivitas art therapy untuk mengurangi kecemasan pada anak-anak penderita leukemia. Boleh tahu gak gimana perasaan saat menjalani pengobatan leukemia? Mudah-mudahan kalau memang art therapy terbukti dapat mengurangi kecemasan pada anak-anak penderita leukemia, art therapy bisa dijadikan salah satu program terapi pendukung.

  6. wow Shinta..aku juga lagi buat tesis tentang art therapy untuk mengurangi kecemasan pada anak penderita leukemia. judulnya sama persis ya. mudah2an bisa saling share dan penelitian kita bermanfaat bagi masyarakat khususnya anak penderita leukemia.

  7. Nathalia lu serius??? Bukan masalah punya ide yang sama nama gw shinta natalia. Ini kebetulan aja atau apa yach he3x. Btw lu kul dimana? Gw di untar. Udah bab berapa? Mudah-mudahan kita bisa share tapi terhindar dari dugaan plagiat yach ha3x. Email gw yashinta_81@yahoo.com Lam kenal yach

  8. Salam kenal buat semua.. Saya juga lagi tesis, tentang regulasi emosi pada anak Leukemia (di Psi_UI). Mas Yusuf, hasil ubek2 saya di jurnal, saya setuju dengan pernyataan yg diungkap diatas, bahwa anak leukemia pasca treatment bisa lebih tangguh.. nah itu yg saya ingin perdalam dengan pendekatan qualitative. Saya ingin anak dengan pengalaman tidak menyenangkan bisa mendapat hikmah besar dibalik itu.. Buat mas, waktu usia SD dulu itu, sebenarnya apa yang dirasakan ketika tahu didiagnosis Leukemi, dan apa yang dilakukan..? Minta ceritanya ya.. (atau bikin buku atuh..). Syukron (Yuyun @ Bandung)

  9. salam kenal..mungkin pertanyaan saya agak melenceng..pacar saya divonis produksi sel darah putihnya berlebihan..dia wanita usai 20 tahun,awalnya demam dan sapai sekarang tetap konsumsi obat2an..apakah bisa sembuh yah? lalu apakah yg bisa saya kerjakan untuk membantu penyembuhannya? saya sangat menghargai selurh info mengenai leukimia ini, sekecil apapun..silakan hubungi saya di kwietiaw@mig33.com..trimakasih banyak

  10. saya mau tanya . .
    seminggu yg lalu saya batuk2, terus brlanjut ke flu . .
    Lima hari yg lalu, punggung kiri saya sakit kalau dlm keadaan trtentu . .
    Tiga hari yg lalu, tulang saya terasa sakit2 kalau digerakan, apalagi kalau brjalan dan saya mulai mengalami demam . .
    Dua hari yg lalu, demam saya semakin tinggi, dan timbul bercak2 merah di tangan saya. Saya kira brcak itu adalah alergi. Tetapi anehnya tidak terasa gatal . .
    Kemarin demam saya masih tinggi. Bercak saya bertambah di kaki . Kepala saya sakit apabila disentuh . Tubuh saya menggigil kedinginan . Saya tdk kuat untuk brgerak, bkn karena lemas, tetapi tidak kuat karena apabila brgerak terasa sangat sakit . Dan gusi saya berdarah . Teman2 saya bilang bahwa saya sangat pucat .
    Hari ini demam saya sudah turun, bercak2 d kulit saya mengecil, tetapi nafas saya sesak dan pandangan saya tidak fokus . .

    Sebenarnya ada apa dngan saya ?
    Apa ini leukimia ?

    Tolong bantu saya . .
    Bisa dihubungi di greenmonster288@yahoo.co.id
    terima kasih

  11. Keponakan saya, laki-laki usia 6 th di diagnosis leukemia. Orang tuanya merasa kebingungan harus bagaimana pengobatannya? , karena menurut mereka setelah mendengarkan penjelasan dari dr anak nya pengobatan yg dilakukan bukan utk menyembuhkan tapi hanya memperpanjang waktu saja. jadi mereka ingin mencoba pengobatan alternatif. kendala utama nya adalah biaya. ada yang tau berapa biaya yang perlu dipersiapkan utk pengobatan secara medis sampe tuntas utk berobat di dalam negeri ?

  12. Kak ucup, jadi waktu SMA kakak ke singapura itu lagi berobat ya kak ?? bisa sembuh total kak? pasti kak ucup berjuang banget y pas dikemo..

  13. Putra pertamaku Irsal divonis menderita ALL ketika berusia 3 thn.menjalani kemotherapy di RSHS dan berakhir bulan juli 2007 dan dinyatakan sembuh remisi….pada awal ramadhan ini aku melihat sesuatu yang mengkhawatirkan dari irsal….dia sering mengeluh cape dan nyeri sendi….seminggu yg lalu dia kelihatan pucat….lalu aku bw irsal kembali ke rshs….betapa terkejut aku,dari hasil lab…ternyata Hb irsal hanya 5,trombo 70.000 dan leukonya….17.900….dr susi menyarankan untuk bm kembali……dari hasil bm….anakku relaps….dengan All resiko tinggi……tak ada jln lain anakku hrs kemo lg……aku bth banyak informasi untuk kesembuhan anakku…..tlng infonya ya….

  14. Hampir 2 th yll anak laki-lakiku (saat ini 6 tahun) didiagnosis menderita ALL precursor B-cell dengan faktor risiko tinggi di salah satu rumah sakit anak di USA. Setelah menjalani chemotherapy yg intensive selama lebih dari 1,5 tahun di USA (fase induksi dan fase konsolidasi), kami membawanya pulang untuk melanjutkan pengobatan (fase maintenance) di RS Dharmais Jakarta. Menurut saya protokol dan obat-obatan yg dipakai di Indonesia relatif sama dengan yang dipergunakan di USA. Hanya sayang saat ini sulit untuk memperoleh obat 6MP (Mercaptopurine) – salah satu obat chemotherapy yang harus diminum anak saya setiap hari- di Jakarta (atau di seluruh Indonesia??). Obat ini dapat dibeli di luar negeri, misalnya di Singapore atau Malaysia. Mudah-mudahan dalam waktu dekat obat ini dapat tersedia lagi di Indonesia.

    1. Mohon informasinya ttg obat itu,sy sangat membutuhkan utk org yg paling saya sayangi. Informasi Anda akan sy selalu ingat sebagai kebaikan yg luar biasa. Saya mohon sekali informasinya. Boleh sy minta kontak Anda. Kalo boleh kirimkan k alamat email sy:duganz1987@gmail.com. Informasi Anda akan sangat berguna dalam menyelamatkan orang yag paling saya sayangi dan cintai.

      1. Mas/Mba
        6MP sudah ada di beberapa rumah sakit seperti di MRCCC Siloam Semanggi
        obat ini harus dgn resep, karena ini termasuk obat Kemo.. mungkin mas/mba bisa bertemu dengan dr Dina Garniasih. semoga membantu

  15. asslmkm..
    mas, saya mau tanya masalah Leukimia..
    saya punya teman wanita (17th) yang udah dari SMP kelas 2 terkena Insomnia sampai sekarang, sering mimisan, muntah yang disertai darah, nyeri pada kepala dan tulang punggung.
    sekarang ini gejala itu masih terus dirasakannya, malah semakin bertambah. kalo luka darahnya sukar membeku.
    setelah di periksakan ke dokter spesialis pnyakit dalam, katanya gejala Leukimia. baru beberapa minggu kemarin, dia jatuh pada saat berjalan di Kampusnya (Penderita Kuliah di Akademi Keperawatan, Semester 1). menurutnya seperti kehilangan keseimbangan pada saat jatuh itu. kemudian penglihatannya menjadi gelap selama sekitar 10 menit.
    apakah ini sudah dapat dikatakan sebagai Leukimia?
    dan bagaimana penyembuhannya bagi teman saya ini yang bisa dikatakan bukan dari golongan orang berekonomi tinggi.
    terimakasih.

    kalo bisa mas, saya minta pendapat dan sarannya mas lewat email aja..

  16. apakah rambut keguguran itu leukimia???rambut aku gugura banyak kali dan aku sering mual,pening,muntah???adakah aku ada penyakit leukimia

  17. assalamualaikum…
    afwan, tertarik dengan bahasan leukimia
    saya punya saudari yang udah divonis leukmia stadium 2
    klo boleh tau, apa aja ciri2 untuk masing2 stadium??
    syukran

  18. Yth: Bpk/Ibuk, saya Alhamdulillah udahagak sembuh lemeumianya, nah buat untuk mempertahankan agar lekeumianya nggak kambuh lg apa yg hrs saya lakukan? terima kasih.

  19. Asssalam..
    tertarik berkomentar karena telah kehilangan sosok tercinta “my beloved dad”. 2002 silam, beliau kembali ke pangkuanNya dengan jalan leukimia. Bukan rasa sesal yang akan saya ungkap, bukan juga ingin menyalahkan takdir, tentu bukan itu. entah kenapa saya selalu tertarik dengan kata-kata leukimia, sekali lagi bukan karena saya memebencinya. hanya ingin memberi semangat dan do’a untuk teman-teman yang mungkin mengidapny. Tetap optimis, usia itu urusanNya. Selam kita ikhtiar, tak ada yang tak mungkin jika ALLAH telah berkehendak. Utuk menyembuhkan leukimia itu hal yang mudah bagi ALLAH.
    wassalam..

  20. Subhanallah…saya sedang mencari informasi tentang leukimia dan menemukan blog ini. sangat bermanfaat…semakin yakin Allah Maha Penyembuh, setiap penyakit insyaAllah sembuh…

  21. Subhanallah….,pengalaman pribadi yang luar biasa.., ketika orang mendengar kata kanker, seolah panyakit yg tak bisa disembuhkan.padahal tidak ada hal yang tidak mungkin bagi Allah…,akhi berdasarkan pengalaman antum, tolong tuliskan sebuah pesan untuk memotivasi murid saya yang sekarang sedang kemo yang ke-2 kali.semapt sembuh _+5 bulan,sekarang drop lagi…,terima kasih

  22. Wah hebt bangat ya… audra juga tengah mencari informasi mengenai penyakit ini… coz my friend mghidapi pyakit ni.. dia sdh mjalankan KIMO baru2 ni… namun audra xtau lagi pkmbgannya setakat ni…Semoga Allah berikan di Satu keajaiban kesembuhan dari penyakit ini sbb dia adalah harapan ibunya… Amin doakan ok

  23. Assalamu’alaikum ww…dulu saya mengira leukimia ini hanya ada di Film2.tapi hal itu terjadi pada keluarga ana adik ana dan sepupu mengalami hal itu dan akhirnya tidak bertahan lama. Ketika awal terdeteksi dokter mengatakan pada orang tua ana bahwa kesembuhan adik ana hanya 30%.tentu kami sekeluarga kaget ketika mendengar kal itu. Kepada Bpk/Ibu dokter, kalau ada pasien yang terkena leukimia tlg dong jangan buat keluarga tambah stres, berikan motivasi. jangan langsung diprediksi, karena kesembuhan itu hanya Allah yang mengetahui, kita hanya bisa bertawakal dan berdoa. tapi sekarang adik ana sudah kembali kepada sang pencipta..semoga mendapatkan surgaNya Allah.Amin.

  24. anak saya menderita leukemia ALL L2, sekarang memasuki tahap kemo konsolidasi di RS Hasan Sadikin Bandung. mudah2an ikhtiar saya ini benar (kemo) karena ga sedikit juga yang menganjurkan herbal.

  25. ASS,sedikit berbagi saya nesya 21 Thn 22 maret 2011 saya melakukan bnp / cek sum sum tlg belakang, sebelumnya saya diopnam dgn 4 LABU darah karna hb saya 3,78 . hasil bnp di rscm dan hasil lab juga dibawa ke rs darmais saya divonis menderita leukimia dengan jenis all pada tgl 27 mret. saya cukup kaget karna tidak adanya tanda2, saya hanya merasakan pusink dan lemas serta pucat..
    setelah itu saya dirawat krna hb saya menjadi 4,4 lagi seratkeadaan saya yang demam 39,3 derajat,, setelah 6 HARI DENGAN 6 labu darah hb saya mnjadi 11,3 setelah keluar 1 mggu saya hrs cek darah dan persiapan kemoterapi, jelang 1 MGGU 11, april hb saya jadi 9.6 tapi saya belum siap untuk kemoterapi , byk alasannya salah satunya saya masih menjalani pendidikan disalah satu sekolah kedinasan negara, saya kembali ke banjarmasin dan saya dapet info untuk meminum rebusan daun sirsak , liat mjlah trubus edisi april,, alhamdillah setelah 1 mggu hb saya naik jadi 10,, dan sekrg tgl 7 juli hb saya 11,3 ,,kenaikan normal tanpa ranfusi yang terjadi pada pasien all sangatlah tidak mungkin namun saya dapat melewatinya walau belum dapat dikatan sembuh namun saya punya keyakinan untuk sembuh , liat surat asy syuara 80, JIKA AKU sakit , maka Dia lah yang mentembuhkan ku,,, dan berkat doa dan semgat orang2 SEKITAR Saya kondisi saya sudah lebih baik,,,

    saya harap bagi rekan rekan yang menderita sakit ini atau yang saudaranya sakit ini jagan menyerah dan patas semgat krna tuhan punya rencana dan ingat keajaiban selalu ada……semoga bermanfaat dan kita semua dapat bersyukur dalam sehgal kondisi…..

    info tentang daun sirsal liat mr google… dan majlah trubus,,,

    sirsak adalah buah untuk menyakit kanker yang ditutupi oleh peneliti yg menginkan keuangan karna dapt mghancrkan sel kanker tanpa merusak sel baik.. lebih baik dar kemoterapi….. selamat mencoba

  26. 2 tahun sudah anakku anggun berjuang melawan leukemia ALL kondisinya bak roda yang berputar terkadang bagus dan terkadang juga turun atau drop kini ia sudah masuk tk nol kecil selama waktu itu aku berusaha tegar dan selalu khuznuzon selalu kepada sang khalik dan selalu memohonnkan yang terbaik menurutNya.

  27. saya mau tanya,saya punya tmn dia mengidap penyakit leukemia,dia telah mendapatkan pendonor seminggu yang lalu saya merasa senang,tapi knp dokter malah mem fonis umur dia 1 bulan lagi,, ,,bukannya setau saya penyakit itu kemungkinan sembuh setelah mendapatkan pendonor??
    tolong jelaskan..

  28. Anak sy berusia 1 bln, 2 minggu, mulanya dirawat krn batuk filek & harus diuap (Inhalasi) 2x dlm sehari. Ada radang pd paru-parunya. Sudah 1 Minggu blum juga sembuh.
    Hasil Lab Lekosit Pertama. Lekosit 27.000, Kedua. lekositnya 31.000, Ketiga Lekositnya 21.000 & ditemukan pd pemeriksaan darah tepi 1 buah sel blas.
    Pertanyaan sy : 1. apakah ini bertanda anak saya terkena leokimia.
    2. Untuk lebih memastikan apakah harus dilakukan biopsi sumsum tulang.
    3. Apa yang harus sy lakukan sebagai orang tua.

  29. assalamualaikum, mas ridwan, saya tertarik banget sama bidang onkologi…

    aku boleh nanya2 ttg onkolog ke blog ini kn?
    mas, ko orang kena leukimia sampai dia muntah darah? itu apa sebabnya mas? kalau pendarahan emang sering terjadi, tapi apa lewat mulut juga ya mas?

  30. salam kenal pak saya nia sya penderita aML tentang tulisan bpk sya sgt optimis sembuh tapi syangx saya terkendala mslh ekonomi untuk lbh lanjut penbobatan..
    Sya hanya ingin penjelasan bpk untuk penyembuhan di rumah,,pendRahan gusi bhkan hb sy sering turun,,mgkn bpk bd kasi penjaelasan lbh lanjut untuk’s ya bs bertahan dng penyakit ini..dokter mmg menganjurkan ke jkrt ke darmais tp.sya dan keluarga blum sanggup
    Mksihh..

  31. Sy adlh penderita leukimia AML L4,sy sdh menjalani kemo sampai konsolidasi,hsl BMP msh ada 4% sel blast..krn sdh tdk ada biaya,sy tdk bs menjalani proses maintenance..efeknya apa jk tdk menjalani proses itu..saat ini sy msh merasakan nyeri sendi..

  32. salam. . na tnya bleyh. . sjak akhir2 ni sya sring pnat dn llah wlopn x mlkukn krja. . stu lgy. .
    bla sya bngon dri bring. . sya rsa sprti na pitam. . . dn sya sring tidow. . sndi2 tulang sya kdg2 sring sakid. .kpla sya jga pning2. . . adkh ini tnda2 LEUKMIA. . sya mhon pndpt. .

  33. ehm leukimia…memang semangat, motivasi keluarga serta keyakinan lah yang bisa membuat seseorang bisa keluar dari sana. menjaga Pola makan agar tubuh bisa jadi kuat serta menjadi benteng pertahanan dari serangan penyakit…Allah punya rencana lain untuk 2 orang adikku yang juga terkena Leukimia..yang masih menjadi tanda tanya????apakah Leukimia itu penyakit yang diturunkan lewat gen??sebahagian ada yang bilang ya, ada yang bilang tidak?

  34. Saya sudah baca beberapa artikelnya,
    Mohon info lebih jelas mengenai penyembuhan leukemia….. Soalnya Istri saya 31 tahun baru d ponis leukemia (ALL)…. Seberapa besar harapan sembuh?… Berapa lama proses kemoterapi sampai sembuh?…. Efek apa yg akan timbul setelah dinyatakan sehat? …. Terimakasih.

  35. Assalamualaikum,
    Istri saya 31 thn baru d vonis leukemia (ALL)
    Banyak yang mau saya tanyakan?….
    Untuk seumur istriku seberapa efektif pengobatan kemoterapi bisa d terapkan?…. Berapa lama proses kemoterpinya?…. Apa efek dari kemoterapi setelah d nyatakan sembuh?… Spa Ada pengobatan lain selain kemoterapi?

  36. Tertarik, lagi butuh pengetahuan tentang leukimia nih…

    Tpi saya pernah nonton, disitu mereka melakukan pengobatan leukimia dengan cangkok sumsum tulang belakang yah…
    Nah itu, untuk sang pendonor apa tidak ada reaksi apa”?
    Trus, sang penderita apa bisa langsung sembuh?

  37. Pak skrg anak Ά̲̣̥к̲̣̣̥υ̲̣̥ drawat drmh skit akademis mks mnunggu saat biopsi sumsumnya esok hari dri hasil tes darah lengkap dketahui anakku mmpunyai leukosit 11rb Чªήб normalx 10rb klo ttg tanda2 tdk ada Чªήб mncurigakan bhkn putriku sngt aktif dan nafsu mkn bagus tp ℳ℮maŋğ ada lebam2 dskitr paha dan betis.

  38. assalamu’alaikum,…..maaf mengganggu, saya mau nanya untuk penderia aml yg berumur 1,5 th menuurut dunia kedokteran berapa lama n berapa besar kemungkinan sembuh total? makasih n Wassalamu’alaikum,…

  39. assalamualaikum, saya adalh anik, saya difonis terkena leokimia, saya minta bantuanya di indonesia rumah sakit mana yang bisa merawat sebaik singapura dan bs menyembuhkan leokomia

  40. Ada saudara saya, mnderita leukimia jenis CML,
    Sudah 4th dia trkena CML, dr umur 15 sampai 19th. Apakah dgn umur segitu msh bs dsembuhkan? dia saat ini hanya minum obat hydrea dr dokter, dn minumnya pun gak rutin.. Tp dia msh bs melangsungkn kgiatan dg baik..
    Trimakasih.

  41. Assalamu’alaikum…
    Saya ingin tahu tentang leukemia limfosit kronis??
    Tahu tak???
    Apapun, deh, mulai dari gejala awal sampai pengobatan dan tanda-tanda kondisi lagi drop..
    Thank you ^^
    Wassalam…

  42. assalamualaikum.

    pacar saya 21thn mnderita leukemia jns AML.
    apakah dpt dsembuhkn?
    ini mnyangkut mslh psikologis.
    apa masalah keluarga dpt mmpengaruhi smkn buruknya kondisi pasien? krna kbetulan hubungan kmi ditentang krna perbedaan keyakinan.

    d satu sisi dia hrs nurut sm keluarganya, tp d sisi lain dia jg tdk bisa mlepas saya.

    apa yang harus sebaiknya saya lakukan untuk tidak membebani pikirannya?

    tolong bantu saya kasih solusi.
    terima kasih.
    wassalam.

  43. pacar sya sudah di vonis menderita leukimia,,
    umurnya 21 tahun,,
    apakah pengobatan penyakit leukimia ada yang murah??
    mohon pencerahannya,,
    makasi

  44. mau tanya ,apa ada efek samping bgi orang yg mendonorkan sumsum tulang belakang ,
    n bwt c penderita lukimia bisa sembuh dgn donor tsbt

  45. Hi .. Anak saya baru kelar pengobatan leukemia di singapore di tangani Prof Quah, leukemia klo uda parah ya bisa muntah darah coz Wbc uda naik, ini kejadian anak yg relaps wbc 15 muntah darah dan kluar jg dr telinga, buat penderita leukemia sbaiknya jgn makan daging, protein yg tinggi dr hewan adalah makanan buat kanker, buah naikin hb buat sup beet root dan makan buah naga merah

  46. Leukemia ada bbrp jenis dan stadiumnya, anak sy jenisnya all stadiumnya standart,wkt pengobatan sethn stay singapore 1 satun 3 bln sekali chemo, mnm obat slama 1 brobat jln, slama maintenance ikan msh dikonsumsi, stlh maintenance stop daging, telor ayam kampung sbgi gantinya bergantian dgn tahu dan kacang kacangan, sbaiknya jgn konsumsi danging dan gorengan agar kankernya kelaparan, ingat berdoa tanpa berusaha = bunuh diri…. Bdoa + memohon kebijaksanaan agak bijak memilih makanan yg sehat buat tubuh….hargai tubuhmu krn dgn Tubuh yg sehat kita bisa memuliakan Tuhan

      1. Lily anak saya perempuan umur 3 stengah th difonis “iukemia tipe ALL sudah kurang lebih setahun ini saya mohon informasi cara penyembuhannya dan klw boleh saya minta no hpnya biar saya bisa lansung bicara.saya dn keluarga sangat membutuhkan informasi ini.terimakasih banyak saya ucapkan atas kesedian lily untuk berbagi infonya

    1. Salam kenal,
      Keponakan saya berusia 11 bln divonis dokter leukimia type ALL. Untuk pengobatan, apakah memang harus stay ∂ί singapura selama setahun?
      Berapa biaya Ƴάηǵ​ dihabiskan untuk pengobatan selama 1 thn?
      Adakah cara pengobatan selain dengan kemoterapi?
      Thanks infonya

  47. Dokter, sebelumnya saya sudah membaca blog Dokter ini. Selama ini saya sering merasa tiba-tiba persendian saya ngilu atau sakit. Rasanya seperti berdenyut-denyut
    Saya kira itu biasa saja. Kemudian saya kemarin demam tinggi dan coba periksa ke RS di Yogyakarta karna saya tinggal di Yogya. Lalu dokternya menyarankan saya memeriksakan darah saya, siapa tahu saya malaria. Hasilnya, Leukosit saya 13,23 padahal normalnya adalah 4,50-11,00. Hemoglobin dan Trombosit saya normal. Kalau hasilnya seperti itu, apa itu bisa jadi Leukimia dok?
    Trimakasih

  48. Mas maaf sya mau tanya…adik perempuan saya slalu mengeluarkan darah di klamin yg seharus ny haid 8hri ini sdah kelewat jauh adik sya haid smpai 25hri n darah yg kluar bergumpal sekepalan tangan..trus dia sering menggigil..@p@h mungkin adik saya terkena kangker darah..dan langkah @p@h yg harus sya lakukan @p@h bila itu benar

  49. ass.makasih banyak ada blog ini, makasih buat pak ridwan,ehm kakak kena leukimia,akut mungkin.kl di semarang ada yg murah ndak?trus kalo pake jus kulit manggis, noni ma daun sirsak, ada efek sampingnya ndak,soalnya trombo nya turun. takut kalo bikin perdarahan lambung,perdarahan rahim,atau malah bikin gagal ginjal?kl nggak aturan minumnya gmn, jus itu diminum bareng atau pilih salah satu?suplemen apa yg bagus utknya bila gusi sudah bengkak luar dalam dan melorot ke bawah, nggak bisa ngunyah. selama pengobatan mkn apa yg harus dikonsumsi dan apa yg harus dihindari?berkaitan dg gusi, mungkin nggak giginya bisa tanggal semua,atau saat kondisi sudah bagus gusi bisa naik lagi?selama pengobatan 2 tahun harus di ruang isolasi rumah sakit?ow iya tahapan terapinya gmn, kemo dulu trus apa,berapa lama tiap tahap?pernah baca jg artikel ttg bunga
    tapak dara bisa mengobati leu.bener ndak sih?matursuwun.wass.

  50. Dokter saya mau tanya, anak saya sering sekali mimisan tapi tidak disertai deman, ditangan dan kakinya sering ada tanda lebam sampai lebih dari 5 tanda lebam, dan jari2nya sering merasa pegal, apakah itu merupakan gejala penyakit lukemia? apa yg harus saya lakukan untuk mendeteksi penyakitnya tersebut? mohon sarannya..

  51. Klo seseorang yg menderita ALL terus menikah kemudian punya anak. Anaknya itu bisa terkena leukimia juga tidak,?
    Terus kalau peluang terjadi pada anak yang orang tuanya menderita ALL kira-kira berapa persen,?
    Adakah cara untuk mengkilangkan resiko penularan pada anak tersebut,.?
    Terimakasih

  52. assalaamu ‘alaikum..
    saya cma mw share untuk pnyembuhan secara herbal,, saya sarankan berikan sari kulit manggis,, jadi kulit manggis trsbt dijus n sarinya silahkan diberikan kpd si penderita..
    insyaa allah,, akan sembuh dgn keyakinan allah yg akan mnyembuhkan dgn perantara kulit manggis tsb.. amiin

    1. Setau saya , obat yang mengandung bahan kimia itu hampir selalu menyebabkan efek samping

      Minta tolong dijawab ya pak , saya butuh penjelasannya 🙂
      Terima kasih

  53. Terima kasih untuk penjelasan yg luar biasa ini kalau boleh tau apa nama rumah sakitnya yg disingapore.
    Terima kasih

  54. Apakah efek kemo rambut pasti rontok ? Krena anak sy 6 thn ALL tdk botak. Dan bagaimana bila dalam masa penyembuhan 2 tahun itu anak demam atau batuk ? Apakah indikasi sgt berbahaya ?tq mas

  55. Mas/mba.. anak saya positive ALL atau LLA, jujur ketika saya mendengar berita itu.. perasaan saya hancur berkeping2.. saya ingin ikut komunitas orang tua yang anakny terkena Leukimia. saya bingung dan sedih,saya takut jika anak saya kesakitan karena di Kemo. mohon info dan sharing nya untuk masalah ini.. saya sangat membutuhkannya.
    Terima kasih

  56. Ass..
    Sy mau tanya ibu sy skrg ad di RS tlogorejo smg,beliau difonis leukimia Dr menyarankan kemo..
    Yg sy tanya kan di usia beliau yg 57th adakah kesempatan buat ibu sy sembuh total..
    Apa dgn menkonsumsi daun sirsak dan kulit manggis bs membantu kesembuhan nya.
    Terus terang biaya untuk pengobatan yg dijalani skrg gk sedikit tiap hari ibu haris tranfusi darah..
    Tolong bantu sy kasih sy saran..
    Thx

  57. Assalamualaikum, keponakan saya berumur 1,5 bulan, didiagnosa terkena leukimia type AML, sudah beberapa kali menjalani kemo, terakhir di perbolehkan pulang karena hasil cek darahnya bagus semua, akan tetapi hanya 4 hari dirumah harus kembali lagi ke RSHS karena panas yang tinggi sampai 39,5. yang mau saya tayakan apakah panas yang tinggi itu efek dari pada kemo? atau memang seperti itu penyakit leukimia? haruskah terus di rawat di RS?

  58. Assalamu’alaikum …
    Nama saya fitriani, saya sering mengalami kelelahan atau letih, persendian dan Tulang saya sering kali nyeri, dan kemarin2 saya sering kali mengalami mimisan, tp skrg Alhamdulillah jarang mimisan, dan saya juga kurang nafsu untuk makan. Per tanyakan saya apakah ini termaksud gejala kanker leukimia? Mohon jawabanya? Terimakasih
    Wassalamu’alaikum ..

  59. adik saya leukositnya 450.000, divonis AML sudah dicek di 3 rumah sakit, apakah ada kemungkinan sembuh? menggunakan apa? karna rumah sakitnya sudah bilang tidak sanggup? jika tau info herbal yg mujarab tolong infokan

  60. Ass.sy mau tanya skg ini anak sy fadhil umurx 3 tahun 7 bulan lg sakit leukimia LLA , sdh dikemo 4 kali , kemarin baru di cek bmp , lg tgu hasilx senin , kalau hasilx negatif apa tdk perlu lanjut dikemo lg yah , kebetulan anak sy berobat di RSCM dgn Eyang Prof.djajadiman , alhamdullilah selama dikemo anak sy makanx banyak , sampe skg napsu makanx banyak, yg ingin sy tanyakan apakah anak sy bisa sembuh total dan hidup seperti anak2 yg lain yah makasih

    1. Assalamualaikum Wr.Wb Pak Muh Ramli, anak saya Reenata 3 thn 8 bln juga didiagnosa LLA, baru akan kemo hari ini 4 Nov 2013 di RSCM dengan Eyang juga, mohon info sudah kemo 4 kali di BMP? berarti tahap Induksi saja? pls advise semuga fadhil lekas sembuh dan no Blast, mohon support dan sharingnya semoga Reenata juga kuat menjalani kemo ini, estimasi 2 tahun menurut Eyang

  61. asswrwb..anak saya m.alwi asa dugaan leukimia,br mau di bmp, berhubung hb nya 2.5 dan trombositnya 7 skrg lg ditranfusi dl.resiko bmp dan kelanjutannya stlh di bmp.apakah kemo slalu mendatangkan kesakitan bg pasiennya.mksh dok ats penjelasanya.wAssalam

  62. Sekedar Sharing Anak saya Keenan usia 4thn 8 bulan kena LLA L1 terditeksi bulan Juli yang lalu dan sekarang sudah menjalankan kemo yang ke-10. Alhamdulillah hasil BMP terakhir menunjukkan kesembuhan anak saya. Blast nya tinggal 1% dan hasil Intratekal juga menunjukkan tidak ada indikasi sel kangker ke otak.dan sekarang dia sudah kembali ceria seperti dulu. Leukimia sekarang bisa di sembuhkan.. kita harus selalu optimis kalau anak kita pasti sembuh. Kemo Therapy tidak selalu menakutkan.. tidak seperti yang orang2 awam bilang kalau kemo itu nanti kenapa2. Anak saya rambutnya tidak rontok sama sekali,makan justru lebih banyak daripada sebelum dia sakit. Berdoa dan beserah diri itu kunci semuanya. Semangaaat semuaaa 😀

    1. mba Fika, sy lagi butuh sharing, anak saya sama didiagnosa LLA L1, mulai minggu besok baru akan menjalani kemo yg pertama. mau tanya kabar anaknya skrg bgmn apakah sudah dinyatakan sembuh total (saya berharap demikian)? lalu dari hasil BMP yg blast tinggal 1% itu sudah masuk fase apa ya dalam protokol? apakah tetap melanjutkan kemo tahap berikutnya? mohon informasinya ya mba. terima kasih 🙂

  63. selamat malam, saya Jessica mahasiswi tingkat akhir Ukrida.
    saya butuh info mengenai orang tua penderita leukemia yang anaknya sudah kembali sekolah, mohon dibantu jika ada 🙂
    kalau ada punya infonya bisa menghubungi saya lewat email saya:
    Jessica_miranda45@yahoo.com
    thanks 🙂

  64. Assalammualikum… sy adi, apa ada yg tau efek samping bagi pendonor sumsum tulang utk penderita leukimia… mohon infonya…tq.

  65. Assa ,,,, pacar sya mengalami penyakit lieukimia stadium akhir ,, kmrn kondisi tubuhx baik2 ajj stlah mlewati beberapa kali kemo,tpi knpa akhir” ini kondisi tubuhx smkin mnurun ,,, mhon infox ya dok ,,, sya hrus bgaimana lgi utk memotivasi pcar sya agar dia mw mlakukan chek up k bndung , krna jujur mungkin dia sdh sangat cape dan sllu mengeluh skit apa bila di lakukan kemo lgi ,,,

  66. gmna dg ank usia 21 th terkena leukimia stadium 4,dan dr.bilang kemo td bsa lg menyembuhkanny
    dan apakh dg donor sumsum tlng bsa sembh total.brp persen kemungkinan unt sembg
    trimakasih

  67. assalamu alaikum.saya ilyas dari makassar ingin bertanya…anak saya mengalami penyakit Leukimia ALL 1.dan sekaran masih dalam pengobatan di rumah sakit wahidin sudirohusosdo.pertanyaan saya apakah obat Mercaptopurin sdh tdk ada stoknya dn dimana saya bisa mendapatkan obat 6 mpnya…wassalam

  68. Keponakan saya bulan ini masuk tahap 2 bulan kemoterapy.. Tp minggu kmrn badan’y sempet drop dan tatapan mata’y seperti kosong.. Respon menjawab’y juga sedikit berkurang.. Jika seperti itu bagaimana??Dokter yg menangani bilang klo kami harus siap dengan kemungkinan terburuk.. Benarkah begitu???

  69. ayah saya selasa besok baru mau periksa sumsum tulang belakang, saya deg-degan banget..
    boleh minta penjelasan lebih lanjut mengenai leukimia ? kira-kira rs yang bagus di sekitar jakarta apa ya ? soalnya sudah coba ke dharmais dan itu sudah full bahkan banyak pasien tidak dapat kamar.

  70. Assalamu’alaikum, hsl tes bmp 1 minggu lalu anak saya umur 3 th positif ALL L2, infiltrasi limfoblast 80 %. Pengobatan yg ditempuh melalui kemoterapi, insy hr rabu kemo ke-2. Mhn info kemungkinan kesembuhan anak saya, dan apkh pilihan utk melakukan kemo tsb tepat. Smg Allah swt memudahkan jalan bagi kesembuhan anak saya dan semua yg mdpt cobaan sakit ini. Amin dan terima kasih utk infonya. Wassalam..

  71. Mba/mas saya mau tanya cara pengobatan yg paling efektif leukimia yg udh stadium 3 apa ya?
    Udh 3,5 thn diponis mengindap penyakit ini dan skrng brumur 22 thn.
    Apa msh bisa sembuh total leukimia stadium 3??
    Saya mohon reply.a
    terimaksh

  72. Ibu/bpk saya mau tanya cara pengobatan yg paling efektif leukimia yg udh stadium 3 apa ya?
    Udh 3,5 thn diponis mengindap penyakit ini dan skrng brumur 22 thn.
    Apa msh bisa sembuh total leukimia stadium 3??
    Saya mohon reply.a
    terimaksh

  73. Mau tanya kl kena leukimia masih stadium 1 apa sama penanganannya dengan yg stadium 2 atau 3? Dan kira” butuh berapa lama untuk sembuh total ya kl dirawat di rs. Dharmais?

  74. mas/mba..saya mau tanya..ada temen saya yang bilang dia terkena leukimia..dia baru periksa di penang..menurut cerita dia dokter mengatakan usia nya tinggal 6bulan lagi..tetapi saya kurang percaya…bagaimana ya kira kira untuk melihat apakah dia benar terkena leukimia atau tidak?
    apakah ada ciri ciri tertentu dari penderita leukimia yang sisa hidupnya divonis hanya tinggal 6bulan lagi..?
    mohon bantuan dan petunjuknya mas/mba..thanks..

    1. Mas Alvin.. ciri2 yang terkena leukimia berdasarkan pengalaman yang saya tahu,
      1. Gusi Berdarah
      2. Banyak nya ruam di persendian
      3. Panas berkepanjangan
      4. Lemah, letih, dan lesu
      5. Pucat seperti Anemia
      6. Trombosit terus turun dan Leukosit terus meningkat
      7. Hasil pemeriksaan darah tepi meng indikasikan banyak nya Blast
      8. Penurunan berat badan yang drastis

  75. Saya punya penpal di luar negri yang menderita leukimis. Kira” dua bulan ini dia menjalani pengobatan medis di rumah sakit. Kira kira yg menurut mas ridwansyah yusuf alami, berapa lama pasien dapat menjalani rawat jalan? Dan apa makanan yang dapat membantu kelancaran kesembuhan pasien dan makanan pantangan nya juga. Tolong informasinya

  76. Saya punya anak berusia 23 tahun pada bulan januari kemarin di fonis menderita leukimia ALL dan selama 8 bulan ini selalu keluar masuk rumah sakit.semakin lama kondisi tubuhnya semakin menurun. saat ini sakitnya sudah mencapai stadium 3 dan sekarang berada di rumah sakit karena trombositnya rendah. yang saya mau tanyakan apakah sakit anak saya itu masih bisa disembuhkan? Kalau masih bisa sembuh obat apa yang harus saya berikan kepada anak saya? Mohon petunjuk dan sarannya. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s