Refleksi Panggilan Jiwa

Mari Kita Buat Indonesia Tersenyum

kenapa harus mentoring ??


tulisan ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa,, yang masih mempertanyakan kenapa harus mentoring ?? apa sih itu mentoring dan yang lebih penting apa itu manfaatnya.. atau bisa juga tulisan ini untuk para mentor yang masih mempertanyakan kenapa saya menjadi mentor ? apa sih urgensinya. dan bagaimana mentoring mampu menjadi bagian dari membangun peradaban. !

kenapa harus mentoring ?

Karena mentoring sebenarnya adalah proses untuk “akselerasi kedewasaan”. Kedewasaan ini, sangatlah luas, bisa jadi, kedewasaan dalam memahami Islam,kedewasaan dalam berilmu sesuai pilihan kompetensinya, kedewasaan dalam mensikapi masalah, kedewasaan dalam memilih keputusan, bahkan kedewasaan dalam bergaul- mengenal karakter manusia.

Kedewasaan, Kenapa ? Kenapa Bisa ? Dan Apakah Harus Dengan Mentoring ?

Ya. Mentoring adalah sebuah grup diskusi terfokus, yang didalamnya terdapat interaksi- relasi antar insan, ada aspek manusiawi, serta hubungan interpersonal. Bisa jadi seseorang menjadi dewasa, tanpa mentoring, karena aspek pembentuk kedewasaan memang banyak, bisa jadi dia anak sulung, sebatang kara, dididik orang tua, atau memang sudah dilepas sedari kecil. Mentoring adalah proses “percepatan kedewasaan”, karena dengan mentoring, maka kita akan memperbesar “kapasitas berkomunitas” kita, memahami bahwa ternyata, karakter manusia itu beragam, menangani konflik komunikasi, hingga mampu bekerjasama walaupun terdapat perbedaan prinsip di satu sisi.

Lalu, Kenapa Harus Mentoring Yang Isinya Materi Melulu ?

Materi ? Ya, terkadang, mentor memang tidak mampu menerjemahkan “materi” mati menjadi “hidup”. Mentor harus paham, bahwa “mempelajari” dan “membaca” sebuah materi adalah satu masalah, sedangkan “membumikan” dan “mengkomunikasikan” materi kepada adik mentor, adalah masalah lain yang berbeda, jangan disamakan. Mentoring mengandung 3 aspek, yaitu kognitif ( materi keilmuan, knowledge. Bisa jadi rasmul bayan yang kita dapat dulu saat pertama kali liqo), afektif ( sikap, bersikap saat menyampaikan, raut muka, bahasa tubuh, mimik wajah, ) , dan psikomotorik ( bisa jadi saat rihlah, olahraga, intonasi). Psikologi dan suasana mentoring akan sangat mempengaruhi adik mentor.

Mentoring, Apa Hubungannya Dengan Kesuksesan Saya ?
Apakah Mentoring Harus Bermateri Agama Islam ?

Tahukah kamu, bahwa orang- orang yang mampu mengubah zaman, pada masa mudanya, adalah orang- orang yang membentuk kelompok diskusi tersegmen ? Tahukah kamu, bahwa mentoring dapat mempercepat pemahaman kita akan sebuah disiplin ilmu ? Dan,bukan hanya Islam.Tidak percaya ? Ini beberapa contohnya :

HOS Cokroaminoto punya 3 binaan, yaitu Sukarno ( Presiden1 RI), Semaun ( Pemimpin PKI Madiun), dan Sekarmadji Maridjan Kartosuwiryo ( Pemimpin DI TII/ NII). Nah, semua jadi “tokoh” kan ? Walaupun akhirnya jadi berseberangan, itu, mungkin karena mereka pada ngebandel,mentoringnya gak selesai kali ya ?…

Jesse Jackson, senator negro pertama AS, yang Yahudi. Salah satu binaannya adalah Lewis “ Scooter” Libby ( Staf DEPLU AS), dan salah satu binaan dari mentoringnya Yahudi dari Libby ini, sekarang menjabat sebagai Presiden Bank Dunia, Paul Wolfowitz ( Pasti tahu dia kan ?)

Badiuzzaman Said Nursi, pemimpin Harokah Islamiyah dari Turki, penentang sekulerisme Kemal Pasha, dengan jamaahnya, Jamaah Nur, dan risalahnya, Risalah Nuriyah, punya kader yang masih dalam mentoringnya langsung, yaitu Dr. Necmetting Erbakan, dengan Partai Refah-nya, mantan PM Turki yang akhirnya terjungkal oleh militer, digantikan oleh Tanshu Ciller, dan hingga akhir hayatnya, dilarang terjun ke politik. Namun, Erbakan ini punya 11 binaan yang dipersiapkan untuk terjun ke politik praktis, dan 2 diantaranya adalah Abdullah Gul ( Presiden Turki sekarang) dan Recep Thayyip Erdogan ( PM Turki sekarang), yang mendapatkan amanah kepemimpinan dengan partai baru, Partai Keadilan dan Persatuan.

Arifin Panigoro, Aburizal Bakrie, Abdul Latief, dan Fadel Muhammad, adalah kader Golkar, yang sengaja dibentuk semenjak masih di bangku kuliah ITB untuk mengendalikan sektor riil Indonesia, dengan suatu saat nanti mengendalikan asosiasi dagangnya, yaitu KADIN. Mereka terkenal dengan sebutan “Grup Gelapnyawang”, murobinya, pasti semua kenal, Ginanjar Kartasasmita, Ketua DPD RI sekarang.

Tahu teman satu mentoring-nya Einstein ? Ya, Schrodinger! Dan tahu nama komunitas diskusinya ? Ya, The Royal Society, yang sudah ada semenjak Sir Isaac Newton hingga Stephen Hawking sekarang.
Tahu Dawam Rahardjo ? Semenjak mudanya, dia punya halaqoh sendiri, dengan teman- temannya yaitu Ahmad Wahib ( Alm) dan Mukti Ali. Ketiganya, gencar hingga sekarang mengkampanyekan “pembaharuan Islam”

Jadi Kenapa Mentoring ? Saya Butuh Jawaban Logis- Rasional- Kuantitatif !
Baik, itu pertanyaan favorit saya, saya akan berikan jawaban :
Karena dengan mentoring, maka kamu akan mengalami Akselerasi/ Percepatan Kedewasaan.

Jawaban Yang Tidak Logis, Apa Maksudnya ? Kedewasaan Apa Konkretnya ?
Konkretnya ? Baik, saya kasih contoh tersegmen :
Kedewasaan Ilmu
Jika ingin mendapatkan akselerasi kedewasaan dalam memahami dan menerapkan ilmu kamu di kampus, kamu harus ngementor dengan dosennya, di luar jam kuliah. Bikin kelompok kecil dengan 1 dosen sebagai mentor di rumahnya,jangan nunggu TA, kelamaan, keburu lulus ! Kenapa ? Karena ruangan kuliah terlalu sempit untuk mengetahui aspek teknis- taktis dari keilmuan kita. Jika memang benar- benar mau memiliki kemampuan berpikir strategis ala anak S1 dan bergerak taktis- teknis ala anak D3, maka, ajak seorang dosen untuk mentoring, curi semua ilmunya dan kamu akan mengalami akselerasi ilmu yang jauh berlipat, kamu bisa punya kemampuan setara doctor atau peneliti sebelum berusia 25 tahun! Luar biasa bukan mentoring itu ?

Kedewasaan Bisnis
Maksudnya ? Ya, biasanya, orang punya ide luar biasa untuk terjun ke sektor riil, namun bingung mulai dari mana, tidak ada modal, tidak ada jaringan, dll. Nah, dengan mentoring bisnis ini, kamu bisa mendapatkan ilmu luar biasa, bahwa ternyata, bisnis besar bisa dimulai dengan tanpa modal! Bahwa jaringan itu bukan hal yang sulit! Dan, kamu bisa mendirikan perusahaan berbasis kompetensi kuliah kamu, seperti halnya Steve Jobs, atau Michael Dell, sebelum berusia 25 tahun ! Nah, luar biasa bukan efek dari mentoring itu ?

Kedewasaan Psikologis
Maksudnya, apa lagi ? Hm, menjadi jenius bukan berarti terus jadi asosial loh. Jarang bergaul dan susah berinteraksi, seperti Steve Nash di Film A Beautifil Mind, sampai kena Skizofrenia segala ! Sudahlah, cobalah untuk bisa paham bahwa karakter manusia itu beragam, ada yang sensitive, agresif, ekspansif, bahkan arogan segala! Tahu kan, biasanya orang asosial punya kecenderungan bunuh diri tinggi, bahkan suka gagal dalam membangun karir dan relasi. So, mau cepet dewasa dalam menyikapi permasalahan hidup ? Yuk, mentoring.

Kedewasaan BerIslam
Ah, kamu pasti tidak mau disebut fanatik kan ? Fanatisme berlebihan terjadi karena dogmatis yang tanpa ada diskusi dan interpretasi. Islam tidak seperti itu, kita diberikan kesempatan untuk bertanya seluas dan sedalam mungkin, kita bahkan ditantang untuk membuktikan kebenaran Islam dalam Al Quran, dan percayakah kamu, Malaikat saja bertanya ! Mempertanyakan kepemimpinan manusia di bumi ? Dan, mereka tidak disebut Allah dengan kurang ajar loh. So, ,mau menjadikan Islam sebagai sebuah gaya hidup ? Setelah kamu jadi peneliti, pengusaha, hingga dosen, kamu akan kehilangan ruh dan karakter kuat manakala tidak punya prinsip yang kuat, dan saya yakin, Islam adalah prinsip hidup yang paling nyaman dan menyenangkan buat manusia, mau mentoring Bos ? Yuuuk……

Intinya, dengan mentoring, kamu bakalan lebih cepat mengalami kedewasaan, mengenali potensi kemanusiaan kamu, hingga menata hidup kamu lebih baik, bukan Cuma buat kamu sendiri, tapi juga buat lingkungan sekitar kamu…Asyik kan ?

Nah, contoh- contoh argumen diatas, apakah bisa dipakai ? Sekedar saran ringan saja

Advertisements

31 comments on “kenapa harus mentoring ??

  1. yudhaindrawan
    January 14, 2009

    hmm….hmmm… sangat logis. Jadi semangat LQ. Tapi mungkin keberjalanan mentoring ga semanis tulisan di atas. (mungkin para mentor belum pada baca tulisan di atas kali yah)

  2. email90
    January 14, 2009

    berkumpul dg orang-orang sholeh dan mendapatkan manfaat dr nasehat yg mereka berikan..

    jd, untuk refresh kembali dr aktifitas yg sdh berlalu..
    mungkin itu klu menurut saya.. ^^

  3. afin
    January 14, 2009

    asw,izin mengcopy tulisan boleh??sekalian izin tulisan yg lain,hehe jzk

  4. asyarief
    January 16, 2009

    awa nda setuju yg masalah beragama cup…

    dari contoh2 yg anda sebutkan aja, banyak diantara mereka yg pemahaman Islamnya gak bener…
    itu bukti efek mentor yg gak paham agama…
    klo bertanya pada orang yg tidak menguasai, apa jadinya…

    ini masalah agama cup…bukan sekedar masalah bisnis, keilmuan, dll….

    jgn sampe lah ada mentor yg ngasih pemahaman yg salah ke binaannya…
    mending ikut halaqoh asatidz yg keilmuannya bisa dipercaya secara rutin…
    awa jamin ilmunya jauh lebih banyak dari mentoring…

    • Ifan Iqbal
      December 21, 2013

      sepertinya saya setuju dengan pendapat ini 😀

    • furqon
      March 31, 2014

      ikut dua-duanya pasti lebih mantep 🙂

  5. risyaaa
    January 23, 2009

    mo minta izin copast y…, bwt mai di kampus

  6. lina
    February 8, 2009

    aslmkm… k’ucup, lina izin meng-copy artikel ini y! buat salah satu bahan “kampanye ayo mentoring” dari MUFTI ke anak2 FT…
    doain sukses jg y!!

  7. muammar
    February 18, 2009

    kang ane numpang co-past jg yak,,buat tmbh referensi jg ni.

    ttp istiqomah y & senyum dong kang,,, 🙂

  8. akhwat dMlg
    July 14, 2009

    subhanallah,,
    ini yg sy cari,,numpang ngopy, n sepertinya bakal m’publikasikan juga..
    makasiih..

  9. Ika Agustina
    January 28, 2010

    thanx…
    4 tugas…

  10. anissa
    April 27, 2010

    siiiph…izin ngo-past yach…

  11. anissa
    April 27, 2010

    Subhanallah…
    izin co-past yach…
    semoga bg yg dah liqo ttp istiqomah yach…

  12. fa
    October 29, 2010

    salam..
    artikel yg bermanfaat..
    izin copas ya mas..^_^

  13. citho
    November 24, 2010

    asm…

    ^_^ Subhanallah,, Dahsyat..!!

  14. gostminded
    March 22, 2011

    Assalamualaikum, terima kasih atas pencerahannya melalui artikel ini ^^, saya ijin mengcopy artikel anda sebagai bahan essay saya, saya akan sertakan nama anda sebagai credit. Matur Nuwun.

  15. ardian fajar
    April 8, 2011

    assalamualaikum, kang tulisannya inspiratif,..ijin share ya buat ngajakin adik2 2010 di asrama biar mau mentoring ^^

    JazakAllah

  16. tami
    June 17, 2011

    Assalamu’alaikum.izin copast boleh ka? nuhun..

  17. nandan
    August 9, 2011

    assalamualaikum kang.. izin copast materi na y.. syukron..

  18. ujang rusmana
    October 21, 2011

    Assalamu’alaiku kang.
    Izin co-past ya….

    Hatur nuhun (terima kasih)

  19. fatim
    October 29, 2011

    assalamualaykum,
    salam kenal, alamat webnya telah ana copy d group fb UKI ana, afwan g nunggu jawaban “y”
    syukron sebelumnya..

  20. Rani anggraeni
    January 8, 2012

    Izin copas kang..

  21. hasanah
    February 5, 2012

    flow… ciri khas tulisan yang membuat pembaca mudah mengerti..
    inspiratifff
    🙂

  22. dAVID
    June 24, 2012

    ijin share bwt materi kajian!
    david.08977981715

  23. wahyuvian
    March 4, 2013

    Izin copas y kang…
    buat menarik teman2 geologi mau ikut mentoring…

  24. Isci Forsia
    March 11, 2013

    izin copas ka

  25. ningsuwarsih2525
    April 9, 2013

    Reblogged this on ning suwarsih.

  26. Yayang Luthfiana
    July 4, 2013

    mantap kang izin share

  27. firizqo
    September 3, 2013

    wow..?? makasih banyak sudah memberitahu lebih dalam tentang mentoring..?
    HIDUP MAHASISWA

  28. furqon
    March 31, 2014

    ikut dua2nya pasti lebih mantap 😀

  29. firza
    September 16, 2014

    Assalamu’alaikum kang, izin copas ya. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 14, 2009 by in Islam dan Dakwah.

Twitter @udayusuf

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Inspirasi Terserak

kamu sahabat ke..

  • 1,216,507 pencari inspirasi..

Cinta dan Memimpin

Anda bisa mencintai seseorang tanpa memimpinnnya, akan tetapi anda tidak bisa memimpin seseorang tanpa mencintainya (Ridwansyah Yusuf, 2007)

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,319 other followers

Mimpi dan Asa

Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi, yang ada hanyalah usaha yang terlalu sedikit (Ridwansyah Yusuf, 2013)

Copyright

The material on this site is copyright protected by the Copyright Act 1968. Attempts to use any material contained on this site for commercial use are strictly prohibited.
%d bloggers like this: